Alutsista TNI AL Akan Diperkuat Tahun 2015

Minggu, November 23rd 2014. | Nasional

Alutsista TNI AL Akan Diperkuat Tahun 2015 – TNI AL Akan memperkuat alutsisita 2015, armada kapal perang, sistem kesenjataan, dan juga alutsista lainnya. Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, menyebutkan, sementara ini modernisasi alutsista militer dititikberatkan menuju TNI AL. “Karena Presiden Joko Widodo konsepnya menuju laut, ” kata dia, ketika mendampingi Jokowi di Indo Defence 2014.

Laut dan juga kemaritiman men-jadi satu fokus urgen pemerintahan Presiden Jokowi. Untuk menjaga beserta mengamankan lebih dari lima juta kilometer persegi perairan Indonesia, tentu diperlukan armada kapal perang dan juga pendukung yang memadai.

Potensi kehilangan pendapatan negara dari laut jua gede, puluhan triliun rupiah setahun akibat pencurian ikan dan juga harta benda kelautan yg lain Indonesia. Belum lagi dari harta benda intelektual dan juga informasi berbasis kemaritiman.

“Kapal patroli kita kurang. Yang bagus ditambah. Kalau tidak, bagaimana dapat kita kendalikan 5. 400 kapal yang lalu-lalang, ” jelas Ryacudu.

Alutsista terkini yang dibeli negara bagi TNI AL adalah tiga kapal fregat ringan dari galangan kapal Damen, Inggris. Ketiga fregat ringan ini dapat men-jadi pijakan peluncuran peluru kendali laut-ke-udara, laut-ke-laut, dan juga anti kapal selam.

Puluhan kapal patroli cepat berpeluru kendali kelas 40 dan juga 70 meter buatan dalam negeri telah dalam kontrak pembangunan di galangan-galangan kapal nasional.

Kapal-kapal perang dengan daya pukul memadai kepada masa damai ini diyakini bersesuaian dengan profil geofrafis Indonesia yang kepulauan.

TNI AL jua memproyeksikan armada kapal selamnya bertambah men-jadi 12 unit kepada rencana strategis ke-2 untuk merealisasikan konsep kekuatan esensial minimal pertahanan nasional.

Kali ini cuma ada dua unit kapal selam di tubuh TNI AL, turbin diesel kelas Type 209/1200 buatan Jerman.

Baca Juga: Pasukan Elit Dunia