Bacaan Doa Bercermin Yang Benar Lengkap Dengan Artinya

Senin, Maret 21st 2016. | Berita Islam

Berita Dunia Islam _ Doa merupakan sebuah permohonan kepada Allah SWT. dengan penuh kerendahan hati dan menekan berbagai sisi ego dari dalam diri manusia itu sendiri, doa itu sendiri mengandung penyerahan diri yang penuh kepada Tuhan pencipta alam semesta ini. Doa selalu ditujukan pada hal kebaikan, keberkahan, kemudahan, kebahagiaan dan kesehatan, segala aspek kehidupan manusia yang baik selalu penuh doa. Islam sendiri mengajarkan segala hal kehidupan manusia selalu teriring dengan doa-doa, mulai bangun tidur, beraktifitas, istirahat dan hingga malam kembali ke peraduan. Seperti pada saat bercermin ada kalanya kita sering terpukau dengan penampilan kita sendiri di cermin, atau istilah terkininya adalah narsis. Terkadang kita sering terkagum-kagum apabila penampilan kita dirasa tampan/ganteng/cantik/manis yang terkadang bisa membawa kita pada perasaan jumawa. Hal tersebut adalah hal yang harus kita hindari agar kita terhindar dari bahaya-bahaya yang mengincarnya. Dan ternyata bahwa dalam bercermin itu ada doanya yaitu doa bercermin, doa ini bertujuan untuk selalu memohon perlindungan dari Allah SWT atas berkat keelokan rupa.

Doa bercermin yang juga doa dalam berhias ini baik dilakukan saat kita mematut diri di depan cermin, dalam bercermin atau berias bukan hanya sekedar untuk membuat wajah terlihat cantik atau ganteng semata, dengan mengucap doa maka kita mengucap syukur atas karunia kesehatan dan wajah yang elok rupawan seperti yang terlihat dalam cermin, doa bercermin ini dipanjatkan agar kita mendapat berkat keelokan paras yang bukan hanya fisik semata, tapi dapat membuat aura yang indah dipandang mata bagi siapapun yang melihatnya. Paras elok adalah karunia Allah SWT, sebagai makhluk yang diciptakan sempurna salah satunya dengan wujud paras yang elok maka kita wajib selalu mensyukurinya. Lafadz doa bercermin ini merupakan doa yang pendek dan gampang dihapal. Doa Ketika Bercermin, Berkaca atau Berhias dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Berikut adalah bacaan doanya

اَلْحَمْدُ ِللهِ، كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ فَحَسّنْ خُلُقِىْ

AL-HAMDULILLAAHI KAMAA HASSANTA KHOLQII FAHASSIN KHULUQII

Artinya: Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku

Berikut ini adalah bacaan doanya dalam bahasa Indonesia, “Segala puji bagi Allah, elokanlah akal budiku sebagaimana Engkau telah memberi keelokan paras wajahku. Panjatkan doa ini setiap kali bercermin atau berias diri.  Karena kecantikan dan atau paras yang elok adalah karunia Allah SWT, kita wajib mensyukurinya, doa bercermin melindungi diri kita dari berbangga diri. Karena kecantikan paras tidak ada yang abadi, suatu saat kecantikan ini akan sirna, yang abadi adalah kecantikan hati.

Kita manusia dikarunia oleh Allah SWT dengan rupa wajah yang tak sama satu dengan yang lainya, wajah merupakan cerminan kepribadian, walaupun rupa yang elok bukan berarti memiliki kerpibadian yang baik juga, tapi setidaknya rupa yang elok menyenangkan pandangan bagi yang melihatnya, oleh sebab itu doa bercermin atau berias ini merupakan doa yang dipanjatkan untuk menjaga keelokan paras kita dari hal-hal buruk yang nantinya akan digunakan setan dan jin untuk menjatuhkan kita dalam dosa. Banyak dari kita yang tidak tahan godaan dengan rupa dan paras yang elok, cantik jelita. Keelokan rupa sering membuat kita lupa diri dan egois, sikap ini yang dikehendaki oleh setan, menggoda dan menjatuhkan kita dalam lembah kenistaan dengan membuat kita melambung tinggi dengan rupa dan paras yang elok menawan.

Baca Juga: Lafadz Doa Ketika Masuk dan Keluar Masjid

Sekarang silahkan dibaca, dihafalkan dan dimaknai doa bercermin tersebut, jika bisa jangan hanya doa bercermin saja, doa masuk kamar mandi, dan doa masuk WC maupun doa-doa yang lain, tetapi di setiap langkah kita dan aktifitas kita dimanapun berada selalu mengucap syukur dan penuhi dengan doa-doa agar Allah SWT melindungi kita dari godaan setan dan jin yang terkutuk di manapun, kapanpun. Aamiin.

tags: , ,