Bacaan Doa Makan Makna Beserta Manfaatnya Untuk Kita

Senin, Maret 14th 2016. | Berita Islam

Makna dan Manfaat Doa Makan _ Setiap manusia pasti melakukan kegiatan yang bernama makan dan minum. Setiap makanan tentu memiliki porsi dan rasa yang berbeda, namun ada yang selalu sama dari setiap makanan yakni berasal dari Tuhan. Pengertian atau pemahaman manusia terhadap makanan memang berbeda-beda namun tetap saja Tuhan memberikan kita makanan karena kita butuh. Rezeki adalah sebuah makna dibalik sebuah makanan, kita mungkin pernah menyia-nyiakan makanan atau tidak menghabiskan makanan maka itu melakukan Doa Makan adalah cara kita mensyukuri rahmat dan karunia dari Tuhan. Pada setiap agama apapun termasuk Islam, mengajarkan setiap manusia harus senantiasa berdoa dimanapun mereka berada dan pada saat melakukan semua aktivitas. Makan adalah satu bentuk aktivitas dan kita harus berdoa pada sebelum dan sesudah makan. Banyak orang menanyakan apakah penting melakukan doa pada saat makan?

Setiap makanan baik itu bertarif mahal dan murah haruslah didoakan agar manfaat baik dari makanan dapat berguna untuk tubuh. Tidak hanya mengucapkan Doa Makan saja, sebagai umat Islam yang beriman melakukan doa sebelum dan sesuah makan merupakan kewajiban. Rezeki yang baik ditentukan dari cara kita menyikapinya, bahkan setiap musibah sekalipun bisa menjadi satu rezeki. Sesuai dengan kisah hidup dan cerminan para Nabi, setiap sejeki harus diterima apapun bentuknya. Makanlah pada saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Pernyataan tersebut memberikan petunjuk kepada kita bahwa setiap kali menyantap makanan tidak boleh berlebihan. Tuhan tidak suka yang berlebihan, maka dari itu jika menyantap makanan dengan berlebihan bisa menyebabkan efek buruk terhadap kesehatan. Setiap orang beriman harus mengerti apa dan manfaat makanan yang akan disantap, banyak orang yang mengatakan makananan yang Anda makan mencerminkan diri Anda sebenarnya.

DOA SEBELUM MAKAN DAN SESUDAH MAKAN

Doa Sebelum Makan

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar”

Artinya : Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin”

Artinya : Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam

Manfaat melafalkan doa sebelum dan setelah makan sangatlah besar salah satunya adalah terhindar dari siksa neraka. Umat Tuhan yang rajin bersyukur dengan cara berdoa di setiap kegiatan apapun. Tidak hanya itu semua nutrisi syang ada di setiap masakan akan berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Untuk mendapatkan sebuah makanan rata-rata memerlukan sebuah proses, dalam proses tersebut juga harus dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan aturan agama, maka dari itu muncul kata Halal dalam setiap produk. Doa Makan memang sangat penting namun Anda harus memperhatikan cara makan yang benar. Makanan yang enak dan mahal sekalipun akan terasa kurang menarik jika cara makan tidak diindahkan. Anda bisa mencari referensi tentang cara makan yang benar di berbagai media seperti majalah atau internet. Makan sangatlah penting dalam setiap hidup manusia, jadi makanlah seusai kebutuhan Anda dan jangan berlebihan.

Baca Juga: Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Mengucapkan rasa terima kasih kepada Tuhan atas segala pemberian Tuhan dari semua aspek. Tidak sedikit orang melupakan rasa bersyukur dengan bersifat arogan, dan tidak ingant bahwa semua aspek dalam hidupnya sudah diatur oleh Tuhan. Mungkin Anda sering mendengar orang akan ingat kepada Tuhan pada saat mereka mengalami masalah, dan lupa pada saat senang. Tuhan Maha Tahu, setiap gerak gerik kita setiap hari tetap terlihat oleh Sang Pencipta. Pembahasan mengenai makna dari Doa Makan sebenarnya meliputi berbagai aspek mulai dari jenis makanan yang akan dimakan, cara makan, dan cara membuatnya. Maka dari itu kita sebagai manusia yang diberi akal dan pikiran harus bisa bersyukur dan menerima setiap rezeki yang ada.

tags: , ,