Bacaan Doa Masuk Masjid Yang Benar Menurut Islam

Sabtu, Maret 19th 2016. | Berita Islam

Doa Masuk Masjid _ Tempat ibadah tentu kita sudah tahu arti dan fungsinya yang berguna sebagai tempat ibadah. Bagi umat Muslim menjalankan ibadah di sebuah Masjid. Melakukan Sholat menjadi kewajiban bagi umat Muslim dan alangkah baiknya dilakukan di Masjid. Melakukan ibadah Sholat berjamaah di Masjid menjadi hal utama dan lebih baik daripada menunaikan Sholat sendiri di rumah. Bayangkan saja jika melakukan Sholat di dalam 1 rumah hanya ada 1 hingga 2 orang saja, namun ketika di Masjid jumlah orang bisa mencapi 30 orang dan berapa banyak pahala yang akan dibagikan dari Tuhan. Setiap umat Muslim tentu saja harus melafalkan Doa Masuk Masjid sebelum melakukan Sholat. Kenapa bisa begitu? Hal itu dikarenakan, Masjid merupakan tempat suci dimana seseorang mengharapkan ridha Allah SWT.

Memasuki Masjid harus melalui tata cara yang baik dan benar, mengingat Masjid adalah satu sarana bagi umat Muslim dalam menunaikan ibadah dan untuk kegiatan agama lainnya seperti pengajian. Selain melafalkan Doa Masuk Masjid, sebagai seorang umat Muslim tentu harus mengerti tata cara ketika ingin masuk ke Masjid. Memakai pakaian yang bersih menjadi satu kewajiban ketika ingin masuk ke Masjid. Tidak perlu pakaian yang mahal atau elegan, namun yang terpenting adalah tidak najis dan menutup aurat. Nantinya kebersihan pakaian akan berdampak pada kesempurnaan beribadah. Pada saat masuk ke Masjid, diwajibkan untuk melangkah dari kaki kanan dahulu, dan pada saat berwudhu lakukanlah dengan benar. Banyak orang yang mengabaikan peraturan ini, padahal ini adalah peraturan yang mudah dilakukan. Untuk memeberikan efek baik pada saat masuk Masjid pada siswa Sekolah Dasar atau bila perlu Taman Kanak-Kanak harus diberi materi tentang bagaimana cara masuk Masjid yang benar dan mengucapkan doa pada saat sebelum masuk Masjid untuk beribadah. Terlihat simple, namun jika tidak diperhatikan secara detail siapa saja bisa melakukan hal yang salah.

DOA MASUK MASJID DAN KELUAR MASJID

DOA MASUK KE MASJID

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ.

“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.

Artinya : “Wahai Tuhanku, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

DOA KELUAR DARI MASJID

اَللّهُمَّ اِنِّيْ أسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ.

“A‌llahumma innii as-aluka min fadhlika”.

Artinya :  “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu”.

Makna dari Doa Masuk Masjid ditujukan kepada umat Muslim yang hedak melakukan Sholat atau kegiatan agama lainnya adalah untuk mensucikan diri untuk masuk ke rumah Tuhan tersebut. Selain itu, melafalkan doa sebelum masuk Masjid bisa menghindarkan kita dari godaan setan dan mencegah siksa neraka. Seperti yang kita tahu, bahwa berdoa adalah satu kegiatan beribadah yang bisa dilakukan dengan mudah dan dimana saja. Jadi dengan melakukan tahapan tadi, diharapkan manusia yang berada di dalam Masjid sudah bersih dari kotoran dan debu dari luar. Faktor kesucian dan kebersihan menjadi sangat penting untuk menjaga kelancaran dalam beribadah. Dalam kitab suci Islam telah tercatat doa sebelum masuk Masjid dan keluarnya, Anda bisa membaca dan memahami lagi agar cepat hafal dan memahami maksud dari doa tersebut.

Baca Juga: Bacaan Doa Ketika Masuk dan Keluar Rumah

Beribadah di tempat yang semestinya memang memiliki dampak berbeda daripada beribadah di rumah. Ancaman godaan setan bisa datang dimana saja dan kapan saja, bahkan saat Anda beribadah sekalipun. Untuk mengatasi godaan tersebut Anda harus mensucikan diri dengan berwudhu dan rajin berdoda. Pahala yang Anda dapatkan jika sudah melakukan semua peraturan tersebut akan bertambah. Jadi tidak ada salahnya jika Anda selalu melafalkan Doa Masuk Masjid dimana saja dan pada saat ada kegiatan apa saja. Mulai dari sekarang ubah kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik dan jangan lupa untuk selalu beramal dimana saja. Itulah tadi ulasan seputar doa sebelum masuk Masjid yang bisa Anda dapatkan. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

tags: , ,