Bacaan Doa Masuk WC dan Doa Keluar WC dalam Islam

Jumat, Maret 25th 2016. | Berita Islam

Doa Masuk WC dan Doa Keluar WC _ Doa merupakan sebuah permohonan kepada Allah SWT. dengan penuh kerendahan hati dan menekan berbagai sisi ego dari dalam diri manusia itu sendiri, doa itu sendiri mengandung penyerahan diri yang penuh kepada Tuhan pencipta alam semesta ini. Doa selalu ditujukan pada hal kebaikan, keberkahan, kemudahan,kebahagiaan dan kesehatan, segala aspek kehidupan manusia yang baik selalu penuh doa. Islam sendiri mengajarkan segala hal kehidupan manusia teriring dengan doa-doa, mulai bangun tidur, beraktifitas, istirahat dan hingga malam kembali ke peraduan. Tulisan kali ini akan secara singkat mengupas mengapa kita harus mengucap doa masuk WC, sejauh pandangan dan juga doa sesudah masuk WC sebagai pelengkap.

Sebelum masuk WC hendaklah kita membaca doa terlebih dahulu, dalam Islam doa ini dipanjatkan bermakna untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT agar terhindar dari godaan setan yang hendak merusak tubuh kita selama membuang hajat, juga permohonan kesehatan karena kita henak membuang kotoran kita dan diberikan kelancaran dalam melakukannya. Kita tidak mengetahui berapa lama umur kita di dunia ini, bisa saja kita tiba2 dipanggil Allah SWT dalam kondisi sedang didalam WC? Tidak ada yang tahu, yang bisa kita lakukan hanya memohon dalam doa-doa kita untuk selalu diselamatkan dunia dan akhirat.  Berikut ini doa masuk WC dalam lafadz bahasa arab dan Indonesia yang berbunyi seperti berikut;

Doa Masuk Wc   

اَللّهُمَّ اِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَا إِثِ

“Alloohumma  innii a’uudzu bika minal khubutsi wal khobaaits

Artinya :  “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dan kotoran”.

Seperti yang kita ketahui, WC merupakan tempat dimana kita membuang kotoran, dengan berdoa maka diharapkan dalam berhajat tidak diganggu oleh setan yang dapat memasuki tubuh kita dan merencanakan hal yang jahat. Makna dari doa ini adalah memberikan ketenangan dalam berhajat tidak terganggu hal apapun yang disebabkan ulah setan dan jin.

Begitu pula sesudah keluar WC maka jangan lupa membaca doa keluar WC seperti ini dalam lafadz bahasa arab dan Indonesia yang berbunyi demikian;

Doa Keluar WC

اَلْحَمْدُ الِلّهِ الَّذِيْ أَذْ هَبَ عَنِّى اْلأَذَاى وَعَافَانِيْ

“alhamdu lillahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.

Artinya :  “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoranku dan membuatku sehat”.

Panjatkan doa masuk WC ini dan doa sesudahnya setiap kali memasuki WC demi kebaikan kita sendiri. Umur manusia tidak ada yang bisa menebak, bisa saja kita ttiba2 saja dipanggil Allah SWT pada saat membuang hajat di WC, doa ini memberikan ketenangan bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik dan menjawab doa-doa kita siang- malam, dan dalam segenap aktifitas kita dimanapun.

Doa masuk WC ini memberi makna mengucap syukur setelah membuang hajat karena telah terhindar dari penyakit (kotoran) yang sudah seharusnya dibuang di WC. Dengan berdoa semoga kita menjadi manusia yang selalu ingat kepada Allah dan berserah dari segala macam cobaan yang setan lakukan kepada kita.

Baca Juga: Lafadz Doa Bercermin Arab dan Latin

Begitulah hendaknya sebelum masuk dan keluar WC, kita perlu membaca doa masuk WC ini dan juga  doa keluar WC agar terhindar dari ancaman setan yang mencoba memasuki tubuh kita dan dengan demikian kita juga terhindar dari penyakit yang sudah dilepaskan pada saat berhajat. Nah sekarang silahkan dibaca, dihafalkan dan dimaknai doa masuk WC tersebut, jika bisa jangan hanya doa masuk WC saja, doa masuk kamar mandi, dan doa-doa yang lain, tetapi di setiap langkah kita dan aktifitas kita dimanapun berada selalu mengucap syukur dan penuhi dengan doa-doa agar Allah SWT melindungi kita dari godaan setan dan jin yang terkutuk di manapun, kapanpun. Aamiin.

tags: , ,