Bacaan Doa Mau Belajar Yang Benar dalam Islam

Senin, Februari 29th 2016. | Berita Islam

Doa Mau Belajar _ Adalah hal yang senantiasa selalu harus kita lakukan, dalam keadaan apapun, dimanapiun, dan kapanpun. Karna setiap yang Alloh ciptakan pasti mengandung pelajaran yang bisa kita cari tahu lebih dan lebih lagi, dari situasi, lingkungan tumbuhan, hewan, dan semuanya yang ada di bumi maupun di langit, sedetail apapun itu dari yang sekecil bakteri sampai yang sebesar bumi. Seperti hal baik yang lain belajar juga merupakan ibadah bagi umat islam khususnya, dan di setiap ibadah pasti ada pahalanya.  Dan dalam ibadah tentu saja ada doa, entah itu dari niatnya ataupun memang yang sudah menjadi rukun, dalam hal menuntut ilmu atau belajar ada doa yang harus senantiasa kita panjatkan, ini berkaitan dengan niat baik kita agar senantiasa di ridhoi oleh sang pecipta.

Doa tersebut bisa saja di lafadzkan bisa juga dalam hati yang terpenting adalah bagaimana kita melakukannya, apakah dengan keseriusan atau hanya pelengkap saja, ingatlah Alloh maha mengetahui apa yang ada dalam hati setiap hambanya, walaupun kita tidak mengucpkannya Alloh pasti akan tahu. Berkaitan dengan doa sebelum kita belajar, ini cenderung ke arah agar kita diberi kemudahan oleh Alloh dalam menjalankan aktivitas belajar kita, karna dalam segala hal pasti ada saja kesulitan yang kita temui, tidak terkecuali belajar, dan jika kita berdoa dan berniat baik sebelumnya pasti Alloh akan memudahkan segala urusan kita.

Doa mau belajar ini juga me ngandung makna bahwa kita harus senantiasa menyerahkan diri kepada Alloh, ilmu yang kita dapatkan kita kembalikan lagi kepadaNya, agar kita selalu diingatkan atas ilmu-ilmu tersebut, tidak lupa atas ilmu tersebut, karna sesungguhnya Allah lah yang memberi kita ilmu pengetahuan, maka sudah seharusnya kita kembalikan kepadanya. Jika kita merasa kita mendapatkan ilmu karena kita pintar dan hebat itu termasuk sifat sombong, dan Allah tidak menyikai orang orang yang bersifat sombong.Doa mau belajar juga memiliki makna agar setiap ilmmu yang kita dapatkan bisa bermanfaat bagi setiap orang tidak hanya diri kita sendiri tapi juga bagi orang lain, dan tentunya untuk digunakan di jalan Alloh, bukan sebaliknya untuk hal-hal negativ. Dan Berikut adalah Do’a Sebelum dan Sesudah Belajar Arab Latin Lengkap Dengan Artinya.

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar :

Doa Sebelum Belajar I

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin Amiin Ya Robbal ‘Aalamiin

Artinya : Ya Alloh Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shoolih. Ya Alloh kabulkanlah do’aku ini.

Doa Sebelum Belajar II

اَللَّهُمَّ أَلْهِمْنىِ عِلْماَ اَعْرِفُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَاَعْرِفُ بِهِ نَوَا هِيَكَ

 وَارْزُقْنِى اَللَّهُمَّ بَلَغَةَ فَهْمِ النَبِيِّيْنَ وَفَصَاحَةِ حِفْظِ الْمُرْ سَلِيْنَ وَسُرْ

عَةِ اِلْهَامِ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ وَاَكْرِمْنِى . اَللَّهُمَّ بِنُوْرِ الْعِلْمِ وَسُرْعَةِ

الْفَهْمِ وَاَخْرِجْنِى مِنْ ظُلُمَاتِالْوَهْمِ وَافْتَحْ لِى اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَعَلْمِنِى

اَسْرَارَ حِكْمَتِكَ يَارَبَّ الْعَا لمَِيْنَ

Alloohumma alhimnii ‘ilman a’rifu bihi awaamiroka wa a’rifu bihi nawaahiyaka warzuqnii. Alloohumma balaghota fahmin nabiyyana wa fashoohati hifdlil mursaliina wa sur’ati ilhamil malaa’ikatil muqorro biina wa akrimnii. Alloohumma bi nuuril ‘ilmi wasur’atil fahmi wa akhrijnii min dlulumaatil wahmi waftah lii abwaaba rohmatika wa allminii asrooro hikmatika yaa robbal ‘aalmiina

Artinya : Wahai Allah, ilhamilah aku dengan ilmu yang dapat menjadi alat untuk mengetahui semua suruhan Mu dan berilah aku rizqi. Wahai Allah, sampainya kefahaman yang mendalam dari para nabi dan kefashihan hafalan para Rosul serta cepatnya ilham para malaikat muqorrobiin, maka karunianikanlah kepada ku. Wahai Allah, dengan chaya ilmu dan cepat tanggap dalam kefahaman serta keluarkanlah aku dari kegelapan keraguan dan dan bukakanlah untukku semua pintu rahmat  Mu dan ajarkanlah kepadaku rahasia hikmah Mu. Wahai Tuhan semesta Alam

Doa Sesudah Belajar I

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا

اجْتِنَابَهُ

Aallohumma Arinal Haqqo Haqqon Warzuqnattibaa’ahu. Wa Arinalbaathila Baa-Thilan Warzuqnajtinaabahu

Artinya : Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.

Doa Sesudah Belajar II

اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ

تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan: Allahumma innii istaudi’uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya ‘inda haajati ilaihi walaa tansaniihi yaa robbal ‘aalamiin.

Artinya : Ya Allah,sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku,maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya.Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam.

Semoga dengan membaca bacaan doa diatas, anda bisa lebih mudah dan lebih cepat dalam proses pembelajaran serta mampu menjadi penerus bangsa yang membanggakan khususnya dibidang agama. amiin.

Allah memberikan kepinteran kepada seetiap umatNya dalam bidangnya masing masing, namun jika ilmu yang kita dapatkan digunakan untuk hal atau kepentingan diri sendiri maka ilmu itu tidak ataupun kurang bermanfaat apalagi jika digunakan untuk jalan yang tidak di ridhoi oleh Alloh, maka ilmu tersebut bisa saja menjadi bumerang bagi kita, yang justru akan membawa kita ke arah yang salah, tidak sedikit yang oraang yang salah dalam menggunakan ilmu yang diberikan oleh Allah.

Baca Juga: Bacaan Doa Tidur dan Bangun Tidur Yang Benar

Itu kenapa kita harus senantiasa meminta ridho dari Alloh agaar ilmu yang kita pelajari bisa membawa kita ke hal yang jauh lebih baik, maka sebelum kita belajar kita niatkan kita berdoa untuk kelancaran, kepahaman, dan kebaikan atas apa yang kita pelajari setiap harinya. Hal seperti ini harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak, agar kelak saat mereka dewasa mereka sudah terbiasa dengan hal-hal sepeti ini, tidak hanya untuk belajar namun segala hal, awali dengan niat yang baik dan berdoa kepada Alloh SWT untuk dilancarkan setiap urusan dan mendapat ridho Nya. Itu tadi sedikit uraian tentang makna dan tujuan doa mau belajar, semoga kita selalu dalam lindungn Nya, dan semoga lebih bermanfaat lagi.

tags: , ,