Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat dan Laut

Senin, Maret 28th 2016. | Berita Islam

Doa Naik Kendaraan _ Sebagai umat muslim, kita disarankan untuk membaca doa sebelum melaksanakan suatu hal dan setelah melaksanakannya. Pada saat keluar rumah misalnya, ada bacaan doa yang sudah disarankan pada hadist dan ayat Al-Quran. Setelah doa keluar rumah, yang sering kita lewatkan adalah doa naik kendaraan. Dimana sekarang ini sudah terdapat berbagai macam kendaraan, mulai dari kendaraan darat, kendaraan laut maupun udara. Kendaraan pribadi hingga kendaraan umum. Perlu kita ingat bahwa setiap kali kita naik kendaraan, kita sebenarnya sedang dekat dengan maut, seperti kecelakaan. Walaupun kita sudah berhati-hati hingga tingkat maksimal, bisa saja kendaraan lain yang membawa maut bagi kita. Kasus seperti ini sudah sering terjadi. Agar kita selalu diberi perlindungan oleh Allah S.W.T, lebih baik kita membaca doa untuk keselamatan perjalanan kita.

Naik kendaraan darat adalah pilihan alternatif dalam mencapai tempat tujuan yang paling banyak dipilih orang, terutama jika jaraknya dekat. Traffic di darat inilah yang sering mengalami kepadatan dan rawan terhadap kecelakaan atau kejahatan lain seperti copet dan hipnotis. Untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut disarankan untuk mengantongi bacaan doa naik kendaraan dalam perjalan. Yang perlu untuk selalu diingat adalah membaca dzikir di sepanjang perjalanan. Dzikir membuat dirikita selalu dekat dengan yang Maha Kuasa. Membuat kita selalu ingat pada Tuhan dan Rasul kita. Inshaallah Allah selalu memberi perlindungan.

Selain kendaraan darat, kendaraan laut seperti kapal juga sering dipilih untuk perjalanan yang melintasi lautan. Memang perjalanan lebih lamban dari pada kendaraan udara namun keamanannya lebih baik daripada kendaraan udara. Walaupun terbukti lebih aman, tidak jarang ada berita kapal laut yang hilang, tenggelam, bahkan penumpang dan awak kapalnya ada yang disandra oleh penjarah. Untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan tersebut, akan lebih baik jika kita membaca bacaan doa naik kendaraan laut sesuai yang telah dianjurkan dalam hadist dan Al-Quran. Dan perbanyaklah berdzikir saat berada diatas kapal tersebut agar selalu diberi perlindungan oleh Allah. Berikut adalah bacaan doa naik kendaraan darat, laut dan udara lengkap dalam bahasa arab, latin serta terjemahannya.

Lafadz Doa Naik Kendaraan Darat

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

SUBHAANAL LADZII SAKHHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUUNA.

Artinya : Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Lafadz Doa Naik Kendaraan Laut

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA ROBBII LAGHOFUURUR ROHIIM

Artinya : Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.

Alternatif transportasi selain darat dan laut adalah udara. Melalui pesawat udara ini, jarak yang lebih jauh dapat ditempuh dengan waktu yang singkat dengan teknologi yang lebih canggih. Kecepatan yang tinggi dari pesawat udara ini juga memiliki resiko yang tinggi pula. Sering kita dengar pesawat yang hilang kontak, menabrak gunung, jatuh kelaut, kesalahan pilot bahkan keadaan pesawat yang tidak maksimal dapat menjadi ancaman bagi setiap penumpangnya. Untuk itu kita perlu meminta perlindungan dari Allah dengan membaca doa naik kendaraan udara. Bacaan untuk naik kendaraan udara ini sama dengan bacaan saat naik kendaraan laut. Dan akan lebih baik jika bibir ini selalu melafadzkan dzikir kepada Allah S.W.T. Dengan mendekatkan diri kita pada Allah S.W.T, inshaallah beliau akan memberikan perlindungannya dan menjauhkan kita dari maut saat bepergian dan perjalanan jauh.

Baca Juga: Lafadz Doa Masuk WC dan Doa Keluar WC

Kesimpulannya, membaca doa saat naik kendaraan ini begitu banyak manfaatnya dan begitu berguna bagi umat muslim. Berdoa sebelum menaiki kendaraan berarti kita meminta izin kepada Allah agar kendaraan yang kita tumpangi tidak menghantarkan kita pada maut atau resiko negatif lainnya. Berdoa di sepanjang jalan saat kita naik kendaraan berarti kita selalu ingat kepada Allah dan berharap akan diberi perlindungan dari maut yang tak terduga atau dari orang-orang yang berbuat dzalim. Itulah maksud mengapa doa naik kendaraan ini sangat penting bagi umat muslim. Doa ini akan lebih manjur lagi jika disertai dengan bacaan dzikir.

tags: , ,