Bacaan Doa Sebelum Belajar dan Artinya dalam Islam

Kamis, Maret 3rd 2016. | Berita Islam

Doa Sebelum Belajar _ Ilmu pengetahuan adalah hal yang menjembatani untuk menghubungkan kita dengan segala hal, baik itu hal yang berhubungan dengan urusan duniawi maupun urusan akhirat. Karena segala sesuatu yang ingin kita dapatkan pastinya membutuhkan ilmu pengetahuan untuk bisa mencapainya, maka dari itu menuntut ilmu hukumnya wajib untuk kita kerjalan sebagai seorang manusia, baik itu anak-anak, remaja, hingga orang tua, karena tidak ada istilah batasan umur untuk menuntut ilmu. Dikarenakan sangat pentungnya ilmu pengetahuan maka kita dituntut untuk mencari ilmu mulai dari kita lahir kedunia hingga kita mati dan masuk ke liang kubur. Namun kembali lagi kita harus menjadikan kegiatan kita dalam menuntut ilmu sebagai ibadah, seperti hal yang lain juga kita harus malakukan amalan-amalan atau dalam hal ini doa sebelum ataupun sesudah menuntut ilmu, agar ilmu yang kita peroleh berkah dan bermanfaat, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain.

Jangan biarkan syetan mempengaruhi pikiran kita, untuk membuat kita goyah dalam niat kita, yang tadinya baik menjadi buruk, dan tidak ada ridho Alloh dalam usaha yang kita lakukan.Dengan berdoa sebelum menuntut ilmu setidaknya kita sudah berniat baik sebelum melakukannya, dikarenakan Lloh maha memberi dan mengetahui, maka maksud atau makna dari kita bordoa sebelum menuntut ilmu adalah agar kita di beri ilham kepahaman saat kita menuntut ilmu, dan menjadikannya ilmu yang bermanfaat serta berkah.

Yang dimaksud bermanfaat adalah kita bisa mempergunakan ilmu itu untuk kepentingan orang banyak bukan semata untuk kepentingan pribadi. Dan berkah disini adalah ilmu yang kita dapatkan tidak lain adalah untuk bisa lebih menambah keimanan kita kepada Alloh SWT. Bukan sebaliknya untuk melakukan kemungkaran ataupun memperdaya orang. Akan lebih baik lagi jika kita bisa mewariskannya ataupun mengajarkannya kepada orang lain, agar orang lain juga bisa mendapatkan berkah dari apa yang sudah kita dapatkan, setidaknya kita sudah memberikan hal baik berupa ilmu kepada orang lain, dan itupun bisa di golongkan sedakah, karena sedekah tidak harus berupa materi. Berikut bacaannya dalam versi tulisan arab dan latin lengkap beserta terjemahannya.

Doa Sebelum Belajar I

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin Amiin Ya Robbal ‘Aalamiin

Artinya : Ya Alloh Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shoolih. Ya Alloh kabulkanlah do’aku ini.

Doa Sebelum Belajar II

اَللَّهُمَّ أَلْهِمْنىِ عِلْماَ اَعْرِفُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَاَعْرِفُ بِهِ نَوَا هِيَكَ

 وَارْزُقْنِى اَللَّهُمَّ بَلَغَةَ فَهْمِ النَبِيِّيْنَ وَفَصَاحَةِ حِفْظِ الْمُرْ سَلِيْنَ وَسُرْ

عَةِ اِلْهَامِ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ وَاَكْرِمْنِى . اَللَّهُمَّ بِنُوْرِ الْعِلْمِ وَسُرْعَةِ

الْفَهْمِ وَاَخْرِجْنِى مِنْ ظُلُمَاتِالْوَهْمِ وَافْتَحْ لِى اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَعَلْمِنِى

اَسْرَارَ حِكْمَتِكَ يَارَبَّ الْعَا لمَِيْنَ

Alloohumma alhimnii ‘ilman a’rifu bihi awaamiroka wa a’rifu bihi nawaahiyaka warzuqnii. Alloohumma balaghota fahmin nabiyyana wa fashoohati hifdlil mursaliina wa sur’ati ilhamil malaa’ikatil muqorro biina wa akrimnii. Alloohumma bi nuuril ‘ilmi wasur’atil fahmi wa akhrijnii min dlulumaatil wahmi waftah lii abwaaba rohmatika wa allminii asrooro hikmatika yaa robbal ‘aalmiina

Artinya : Wahai Allah, ilhamilah aku dengan ilmu yang dapat menjadi alat untuk mengetahui semua suruhan Mu dan berilah aku rizqi. Wahai Allah, sampainya kefahaman yang mendalam dari para nabi dan kefashihan hafalan para Rosul serta cepatnya ilham para malaikat muqorrobiin, maka karunianikanlah kepada ku. Wahai Allah, dengan chaya ilmu dan cepat tanggap dalam kefahaman serta keluarkanlah aku dari kegelapan keraguan dan dan bukakanlah untukku semua pintu rahmat  Mu dan ajarkanlah kepadaku rahasia hikmah Mu. Wahai Tuhan semesta Alam

Doa Sesudah Belajar I

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا

اجْتِنَابَهُ

Aallohumma Arinal Haqqo Haqqon Warzuqnattibaa’ahu. Wa Arinalbaathila Baa-Thilan Warzuqnajtinaabahu

Artinya : Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.

Doa Sesudah Belajar II

اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ

تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan: Allahumma innii istaudi’uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya ‘inda haajati ilaihi walaa tansaniihi yaa robbal ‘aalamiin.

Artinya : Ya Allah,sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku,maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya.Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam.

Dengan melafadskan doa sebelum belajar Allah akan meluruskan niat kita, serta kita akan di beri kepahaman, mudah untuk menyerap ilmu ilmu yang kita cari, mudah menangkap apa yang guru kita sampaikan, dan tidak menemui halangan yang berarti dalam jalan kita meuntut ilmu. Tidak jarang orang kesusahan dalam menangkap ataupu menyerap ilmu, itu dikarenakan dari awal saja sudah salah dalam niatnya, jangankan berdoa niatnya saja mungkin sudah salah, maka dari itu susah untuk bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat, waktu yang terbuang tidak sebanding dengan ilmu yang di dapatkan. Dan didalam doa sebelum belajar juga memiliki makna agar kita selalu ingatkan, tidak lupa atas ilmu yang sudah didapatkan,dengan memasrahkan semua yang sudah kita dapatka dalam hal ini ilmu, kepada Alloh SWT dan mengembalikannya saat kita membutuhkan ilmu tersebut, dan dalam doa sebelum belajar tersebut juga kita berpasrah bahwa kita melakukan hal itu semua semata-mata untuk menambah keimanan kita kepada Alloh SWT.

Baca Juga: Bacaan Doa Tidur dan Bangun Tidur

Jadi inti dari semua itu adalah kita harus ikhlas dalam menjalankan setiap hal, meniatkannya sebagai ibadah, karna Alloh maha mengetahui apa yang ada dalam setiap diri manusia.menjadikannya sebagai ibadah karna hakikatnya manusia diciptakan didunia tidak lain adalah untuk beribadah kepada Alloh SWT. Demikian sedikit rincian dari doa sebelum belajar, semoga bisa bermanfaat.

tags: , ,