Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Beserta Artinya

Sabtu, April 9th 2016. | Berita Islam

Doa Setelah Sholat Tahajud _ Memanjatkan doa sesudah sholat tahajud merupakan kunci dikabulkannya doa, Sholat tahajud adalah sholat yang dikerjakan setelah bangun dari tidur dan setelah menjalankan sholat isya. Sholat tahajud termasuk dalam sholat sunah muakkad atau sholat yang sangat dianjurkan oleh Rasululloh SAW setelah sholat duha.Waktu melaksanakan sholat tahajud adalah sepertiga malam dan biasanya setelah usai sholat dilanjutkan dengan membaca doa sesudah sholat tahajut. Waktu yang paling utama adalah ketika jam satu hingga menjelang subuh atau sebelum subuh. sholat tahajut sendiri merupakan sholat yang unik, karena dalam menjalankannya ada syarat khusus, yaitu harus tidur terlebih dahulu.

Waktu sepertiga malam merupakan waktu yang sangat nyenyak untuk tidur dan terlelap dalam buaian mimpi, namun orang yang akan melakukan sholat tahajud harus rela bangun menembus hawa dingin dan berwudlu neyentuh air yang dingin dan menahan kantuk yang hebat. Maka dari Alloh memberikan limpahan pahala yang setimpal yaitu didunia Alloh akan mengabulkan doa dan hajadnya karena orang yang bangun pada sepertiga malam menyadari kehadiran Tuhannya.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa perintah Alloh turun ke langit pada waktu sepertiga malam terakhir, kemudian Alloh berseru adakah orang-orang yang meminta (berdoa) akan ku kabulkan, adakah orang yang memohon akan ku kabulkan, dan adapun orang yang meminta pasti akan ku berikan, adapun orang yang meminta ampunan pasti akan ku berikan padanya sampai waktu subuh tiba.

Lafadh niat sholat tahajud adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ

Artinya: Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala.

Doa Setelah Sholat Tahajud dalam Bahasa Arab beserta Artinya

Berikut bacaan doa setelah sholat tahajud dalam Bahasa Arab:

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ.
اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ
فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ.
اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artinya:

“Wahai Allah, Milik-Mu lah segala puji.
Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah Yang Hak (benar), janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).
Wahai Allah, Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum.
Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku.
Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Waktu sepertiga malam juga merupakan waktu yang baik untuk merefleksi diri, melakukan evaluasi diri tentang kesalahan yang telah dilakukan sehingga akan mendorong kita menjadi orang yang lebih baik dan lebih dekat dengan Allah. Jika Allah dekat dengan kita, tentu apa yang hambanya minta pasti akan di kabulkan olehnya. Diterangkan pula keterangan tersebut dalam QS Al Baqoroh ayat 186 yang artinya:”Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasannya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, meka hendaklah mereka itu memahami (Perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Selain itu manfaat lain sholat tahajud diantaranya adalah memberikan ketenangan hati, kuat dalam menghadapi cobaan, ditinggikan drajadnya di dunia dan akhirat, selain itu kita juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit, karena secara logika kita mendapat kesempatan untuk menghirup udara pagi yang segar dan belum tercemar berbagai polusi yang menyesakkan. Manfaat lainnya Alloh akan memberikan teman setia dan penerang di dalam kubur, memberikan karunianya berupa cahaya yang memancar terang laksana bintang pada hari kebangkitan serta memberikan tempat terbaik disisiNya.

Setelah melakukan sholat tahajud dianjurkan untuk selalu membaca doa-doa yang baik, karena waktu sepertiga malam merupakan waktu yang mustajab (dikabulkan). Sehingga membaca Doa sesudah sholat tahajud atau membaca doa sesuai hajad keinginan kita sangat dianjurkan.
Tata cara yang baik dalam memanjatkan doa sesudah sholat tahajud yaitu dengan memanjangkan sujud pada rokaat terakhir sholat tahajud dan menyebutkan hajad kita dalam hati, kemudian setelah salam kita mengucapkan syukur kepada Alloh karena masih diberi kesempatan untuk memujaNya dengan berucap hamdalah “ Alhamdulillah” sebanyak 33x, beristighfar memohon ampun pada Alloh dengan mengucapkan “ Astaghfirulloh hal Adzim” sebanyak 33x, memuji kebesaran Alloh dengan mengucap “Allohuakbar” sebanyak 33x. Setelah itu jangan lupa untuk medoakan orang tua kita, saudara-saudara kita, dan menyebutkan hajat kita. Setelah selesai sholat tahajud usahakan jangan tidur kembali, kita bisa membaca Al-quran beberapa ayat atau berdoa menggunakan ayat-ayat dalam Al-quran.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Shalat Zhuhur Arab Latin

Dengan tata cara diatas semoga keinginan dan darajad kita dikabulkan dan diangkat oleh Alloh SWT.Sebenarnya tidak ada tuntunan khusus untuk doa sesudah sholat tahajud sehingga jika tata cara doa diatas terlalu lama kita bisa menggantinya dengan doa sesuai hajad keinginan kita, menggantinya dengan bahasa yang kita gunakan dan selalu memohon ampunan kepada Alloh dalam setiap doa, karena sejatinya manusia itu tidak memiliki daya upaya kecuali meminta (berdoa) pada sang pencipta.

tags: , ,