Bacaan Doa Sholat Dhuha Lengkap dengan Artinya

Minggu, April 3rd 2016. | Berita Islam

Doa Sholat Dhuha _ Sholat Dhuha adalah sholat sunah yang dikerjakan setelah terbit matahari hingga waktu zhuhur tiba. Untuk waktu Indonesia sekitar pukul 7.00 hingga 11.30 WIB. Sholat dhuha dapat dilakukan minimal 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat, 8 rakaat hingga 12 rakaat dengan bacaan doa sholat dhuha yang telah dianjurkan. Mengapa sholat dhuha ini sangat dianjurkan? Tidak lain karena manfaatnya yang sangat bagus untuk urusan rohani. Selain itu sholat dhuha ini adalah sholat yang dapat melapangkan rezeki bagi orang yang rajin menjalankannya setiap pagi. Sholat Dhuha juga melatih fisik kita agar lebih bugar. Gerakan-gerakan sholat di pagi hari dipercaya dapat melancarkan peredaran darah dan tanpa tidak disadari kita telah melakukan gerakan untuk menambah kesehatan tubuh kita.

Semakin banyak rakaat pada sholat Dhuha kita dan semakin sering kita mengerjakan sholat Dhuha, maka Allah sudah menjanjikan rezeki untuk kita sebagaimana ada dalam hadis dan ayat-ayat Al-Quran yang menjelaskan bab tersebut. Derajat umat yang menjalankan sholat Dhuha ini akan diangkat lebih tinggi. Dan taukah anda bahwa sholat Dhuha telah diteliti secara klinis? Hasil dari penelitian itupun sangat positif. Sholat Dhuha dengan gerakan-gerakannya yang kita lakukan pada pagi hari sama dengan kita berolah raga. Menguatkan otot kita dan memacu kerja jantung kita menjadi lebih baik lagi. Gerakan rukuk yang dilakukan berulang kali akan melancarkan peredaran darah ke otak. Sehingga otak dapat erfungsi lebih baik lagi untuk kegiatan setelah sholat Dhuha. Doa sholat dhuha yang paling penting untuk diketahui adalah doa setelah selesai membaca salam.

Makna dari doa setelah sholat Dhuha tersebut adalah permohonan untuk melapangkan rezeki dan memudahkan kita dalam mendapatkan rezeki dari Allah S.W.T. Memunculkan rezeki dari berbagai tempat dan berbagai sudut. Serta menghalalkan rezeki yang dirasa haram tanpa kita ketahui, sehingga semua rezeki sepenuhnya adalah berkah bagi umat muslim. Banyak orang yang mendapatkan rezeki yang tak terduga setelah menjalankan sholat Dhuha setiap hari. Ini berarti anjuran-anjuran dari Rasulullah memang benar adanya, dan Allah mengabulkan setiap doa yang dipanjatkan setiap hari.

  • Bacaan niat sholat dhuha

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatad dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta’aala

Artinya : “Aku niat melakukan shalat sunat dhuha 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala.

  • Doa setelah sholat dhuha

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAAHUMMA INNADH DHUHAA-A DHUHAA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ‘ISHMATA ‘ISHMATUKA. ALLAAHUMA INKAANA RIZQII FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASSARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU, BIHAQQI DUHAA-IKA WA BAHAA-IKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHAALIHIIN.

Artinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.”

Pada doa sholat Dhuha ini, sebaiknya membaca surat pendek Asy Syamsi di rakaat pertama setelah membaca Al-Fatihah. Dirakaat keduanya membaca surat Ad-Dhuha setelah bacaan Al-Fatihah. Ada juga yang berpendapat untuk membaca Al-Kafirun di rakaat pertama kemudian Al-Ikhlash di rakaat kedua. Jika menjalankan sholat Dhuha 4 rakaat maka surat asy Syamsi dan Al-kafirun di 2 rakaat pertama dan Ad Dhuha dan Al- ikhlas di 2 rakaat selanjutnya. Setelah membaca salam di rakaat terakhir, bacalah doa setelah sholat Dhuha yang telah dianjurkan.

Baca Juga: 10 Dosa yang Disegerakan Azabnya di dunia

Sholat Dhuha ini sebaiknya diiringi dengan dzikir minimal 100x sehari dan sholawat minimal 100x sehari. Akan lebih baik lagi jika diiringi dengan melaksanakan puasa sunat senin kamis atau puasa daud. Doa sholat Dhuha juga harus sesuai dengan yang sering dikerjakan Rasulullah. Dengan rajin mengerjakan shalat Dhuha ini insyaallah rezeki kita di dunia dan diakhirat akan selalu dilapangkan. Jangan lupa untuk bersedekah setelah sholat Dhuha kemudian panjatkan setiap hajat yang ingin diijabah oleh Allah S.W.T. Sholat Dhuha, dzikir, sholawat dan sedekah tersebut ada baiknya dilakukan secara rutin, biasanya sekali atau dua kali melakukan ibadah ini akan terasa perbedan pada hidup kita. Setelah 40 hari melaksanakannya, akan sangat terlihat perubahan yang positif pada kehidupan kita. Sudah banyak umat muslim yang mendapatkan pembuktian ini. Apa anda juga ingin perubahan hidup yang lebih baik ?

tags: , ,