Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua Beserta Artinya

Jumat, April 1st 2016. | Berita Islam

Doa Untuk Kedua Orang Tua _ Sebagai umat muslim yang baik, kita tidak diperbolehkan menjadi anak durhaka. Cara memuliakan orang tua kita adalah dengan memanjatkan doa untuk kedua orang tua. Rasulullah menomor satukan ibu, ibu, ibu dan ibu hingga prioritas ke 4, disusul oleh ayah pada prioritas ke 5. Beliau bermaksud untuk menuntun umatnya agar selalu menghormati orang tua yang telah merawat kita sejak dalam keadaan tidak berdaya. Peran orang tua sangat tinggi pada kehidupan kita di dunia maupun di akhirat. Setiap doa mereka akan menghantarkan kita pada kemudahan di dunia dan keselamatan di akhirat. Cara untuk membahagiakan kedua orang tua tidaklah cukup hanya dengan harta dan kesuksesan. Panjatkan doa-doa yang akan mengurangi dosa mereka dan memudahkan mereka saat diakhirat kelak. Doa anak untuk almarhum orang tuanya juga sangat berguna untuk kehidupan mereka di alam sana. Walau bagaimanapun orang tua sangat berjasa bagi kita. Nasihat mereka yang sering kali kita abaikan justru membawa dampak baik bagi kita. Bimbinga mereka yang seringkali kita acuhkan justru bermanfaat bagi kehidupan kita.

Ada riwayat dari Abu Daud yang berisi sebagai berikut. Ada seorang lelaki yang menghampiri Rasulullah untuk bertanya bagaimana caranya berbuat baik kepada kedua orang tua, sedangkan orang tuanya sudah meningga dunia. Rasulullah menyarankan agar kita yang ditinggalkan melaksanakan segala wasiatnya dan tetap menyambungkan tali silaturahmi mereka serta memuliakan kerabat-kerabat orang tua kita. Dan sang lelaki itu pun pergi ntuk melaksakan apa yang telah Rasulullah katakan. Selain itu, lelaki ini juga semakin rajin membacakan doa utuk kedua orang tua setiap hari dengan harapan bahwa kebaktian seorang anak akan selalu ada meskipun sudah berbeda alam dengan almarhum orang tua. Berikut adalah bacaan doa untuk ibu dan bapak (kedua orang tua) lengkap bahasa arab, latin dan artinya.

 اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

ALLOHUMMAGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WAR HAMHUMAA KAMA RABBAYAANII SHAGIIRAA

Artinya: Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil.

Doa Mohon Ampunan Dosa untuk Kedua Orang Tua

 اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

ALLAAHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIRON. WALIJAMII’IL MUSLIMIINA WALMUSLIMAATI, WALMU’MINIINA WAL MU’MINAATI AL AHYAA’I MINHUM WAL AMWAATI, WATAABI’ BAINANAA WA BAINAHUM BIL KHOIRAATI, ROBBIGHFIR WARHAM WA ANNTA KHOIRUR RAAHIMIINA, WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL ‘ALIYYIL ADHIIMI.

Artinya :
Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

Bagi yang orang tuanya sudah meninggal, akan lebih baik jika anak yang mendoakan keselamatannya sebagai pengganti doanya kepada kita saat di dunia. Doa dari sang anak akan memudahkan jalan orang tua kita, bahkan ada yang mengatakan bahwa mereka akan merindukan doa-doa kita. Oleh karena itu panjatkan doa setiap hari khusus untuk mereka. Doa untuk kedua orang tua yang telah almarhum ini dapat diamalkan setiap habis sholat. Akan lebih baik lagi bila berdzikir untuk almarhum orang tua kita. Doa ini bertujuan agar amal dan ibadah mereka di alam sana diterima di sisi Tuhan dan dosa-dosanya di ampuni oleh Sang Pencipta kita. Jika orang tua kita masuk surga, kita pasti akan dipertemukan kembali dengan mereka di tempat yang indah tersebut. Seorang anak yang mendoakan orang tanya jug akan mendapatkan pahala yang melimpah dan kelak masuk surga dengan orang tua mereka.

Baca Juga: Doa Naik Kendaraan Sepeda Motor dan Mobil

Salah satu cara untuk berbakti kepada orang tua adalah mendoakan dan melaksanakan wasiat mereka. Mematuhi perintah mereka dan senantiasa meraih kebanggan untuk mereka. Di jaman sekarang ini banyak anak yang acuh dan tidak perduli dengan orang tuanya. Banyak anak yang mempercayakan orang tuanya dirawat di panti jompo, padahal sejak kecil kita selalu dirawat oleh orang tua kita. Doa untu kedua orang tua dapat menjadi cerminan bagi kita bahwa kita akan selalu mengenang jasa-jasa orang tua kita hingga kapanpun. Walau bagaimanapun cara yang kita lakukan tidak akan setimpal dengan kasih sayang mereka kepada kita dan bimbingan mereka yang sangat bermanfaat untuk kita. Cara terbaik adalah mendoakan mereka di setiap kesempatan.

tags: , ,