Bacaan Niat Sholat Subuh Beserta Artinya

Jumat, April 15th 2016. | Berita Islam

Niat Sholat Subuh _ Masih Sulit Bangun Pagi ? Yuk, pelajari Niat Shalat Subuh !! Aktivitas yang melelahkan seharian terkadang membuat kita terlampau asyik menetap di atas kasur sehingga tak jarang bangun kesiangan. Sadarkah kita bahwa jam pola tidur yang tak teratur berimplikasi pada kesehatan kita ? Banyak yang tak menyadarinya. Islam selalu mengajarkan hal yang baik pada diri kita. Segala sesuatunya dapat kita peroleh penjelasannya dalam Al-Quran, begitupun dengan niat shalat subuh. Petunjuk yang Islam ajarkan kepada umatnya melalui Rasulullah SAW mengajarkan kita bagaimana menjalani kehidupan ini. Tak hanya dari segi ilmu pengetahuan, bahkan Al – Quran pun memaparkan perihal perintah ibadah yang berimplikasi pada tubuh kita. Sudah tahukah anda ? Shalat, membawa dampak yang sangat baik pada kesehatan diri kita. Posisi dalam shalat ternyata memiliki kegunaan tersendiri bagi kesehatan tubuh kita.

Jika berbicara mengenai shalat, tentu kita sudah mengetahui kewajiban umat muslim menjalankan shalat lima waktu. Diawali dengan shalat subuh dan diakhiri dengan shalat Isya, belum lagi ditambah dengan shalat sunnah lain. Sadarkah kita dengan langkah awal mempelajari niat shalat subuh membawa suatu kebiasaan baik pada diri kita? Mungkin sebagian besar tak pernah terpikir mengenai hal ini. Shalat subuh yang diaksanakan sebelum terbitnya matahari, sekitar pukul 4-5 pagi yang berbeda pada tiap daerah membentuk suatu kebiasaan baik pada diri kita. Pola teratur yang kita laksanakan setiap paginya akan membentuk kebiasaan dalam tubuh kita untuk bangun pada jam yang sama pada setiap harinya. Begitupun dengan pola kerja dalam tubuh kita. Tubuh akan mengikuti siklus yang telah kita jalani, sehingga saat jam pagi tersebut, tubuh kita secara lagsung menyesuaikan dengan jam pagi yang kita laksanakan. Memulai shalat subuh tentu saja harus diawali dengan niat shalat subuh terlebih dahulu. Yuk pelajari niat shalat subuh berikut.

Shalat subuh yang kita jalani diawali dengan niat yang kami paparkan dalam bahasa arab, latin dan indonesia agar mudah dipelajari nih. Niatnya:

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII FARDHOSH SHUBHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA’MUUMAN LILLAAHI TA’AALA.

Artinya : Aku berniat shalat fardu Shubuh dua raka’at menghadap kiblat sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala

Dalam sekali bukan maknanya. Niatkanlah segala sesuatu halnya berdasarkan Allah SWT. Semua berawal dari niat, sering kita dengar kan ucapan yang sedemikian rupa. Betul sekali kawan, niat yang baik akan berdampak baik pula pada diri kita. Begitu pula dengan niat shalat subuh. Niat yang diutarakan dengan sungguh – sungguh tentu akan membawa kekhusyukan pada diri kita. Shalat subuh yang dilaksanakan sebanyak dua rakaat tentu menjadi suatu kebutuhan bukan lagi kewajiban bagi diri kita.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Wajib 5 Waktu

Tentu saja pembaca sudah mengerti bagaimana tata cara shalat subuh bukan? Apalagi setelah membaca pemaparan di atas. Tidak akan merasakan manfaatnya sebelum mencoba kan? Ayo segera jadikan shalat subuh sebagai kebiasaan kita. Sehingga shalat kini bukan lagi menjadi suatu kewajiban bagi kita, namun menjadi suatu kebutuhan dan keharusan yang menjadi bagian dalam diri kita. Awal yang baik tentu akan menghasilkan tahap yang baik pula selanjutnya. Begitu pula dengan shalat subuh yang dilaksanakan di awal hari, dijadikan sebagai pemicu awal dalam menjalankan keseharian kita. Setuju kan? Kalau setuju ayo jangan tinggalkan shalat subuh yang memang menjadi kewajiban kita. Jangan lupa awali dengan niat shalat subuh ya guys. Semoga niat lurus membawa kita pada jalan yang lurus pula.

tags: , ,