Biografi Jokowi Presiden Indonesia

Sabtu, Mei 2nd 2015. | Nasional

Biografi Jokowi Presiden Indonesia | Ir. H. Joko Widodo ataupun yang familier disapa Jokowi (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal 21 Bulan juni tahun 1961, Ir. H. Joko Widodo adalah Presiden ke 7 Indonesia yang mulai menjabat semenjak tanggal 20 Bulan oktober tahun 2014. Jokowi terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dalam Pemilu Presiden 2014 yang lalu. Jokowi pernah menjabat selaku Gubernur DKI Jakarta semenjak tanggal 15 Bulan oktober 2012 hingga 16 Bulan oktober 2014 didampingi Basuki Tjahaja Purnama selaku wakil gubernur, dan juga Wali Kota Surakarta (Solo) semenjak 28 Bulan juli 2005 hingga 1 Bulan oktober 2012 didampingi F. X. Hadi Rudyatmo selaku wakil wali kota.

Joko Widodo punya asal dari keluarga sederhana. Rumahnya lebih-lagi pernah digusur sebanyak tiga kali, ketika masa kecil, akan tetapi Jokowi mampu menuntaskan pendidikannya di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Dan juga sesudah lulus, Jokowi menekuni profesinya selaku pengusaha mebel. Karir Pak Jokowi diawali dengan men-jadi Wali Kota Surakarta pada tahun 2005 yang lalu. Nama pak Jokowi mulai dikenal sesudah dianggap berhasil mengubah wajah kota Surakarta men-jadi kota pariwisata, budaya, dan juga batik. Pada tanggal 20 Bulan september 2012 Yang lalu, Pak Jokowi berhasil memenangi Pilkada Jakarta 2012, dan juga kemenangannya dianggap mencerminkan dukungan populer untuk satu orang pemimpin yang “baru” dan juga “bersih”, walaupun umurnya telah lebih dari lima puluh tahun.

Semenjak terpilih selaku gubernur DKI Jakarta, popularitasnya terus melambung dan juga men-jadi sorotan media. Dampaknya, muncul wacana untuk menjadikannya calon presiden untuk pemilihan umum presiden Indonesia 2014. Ditambah lagi, hasil survei memperlihatkan bahwa memang nama Jokowi terus diunggulkan. pada awalnya, Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri menyatakan bahwa memang dia tidak hendak mengumumkan calon presiden dari PDI Perjuangan hingga sesudah pemilihan umum legislatif sembilan Bulan april 2014. Namun pada tanggal 14 Bulan maret 2014, Jokowi menerima mandat dari Megawati untuk maju selaku calon presiden, tiga minggu se-belum pemilihan umum legislatif dan juga dua hari se-belum kampanye.

Joko Widodo lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan juga Sujiatmi Notomiharjo dan juga adalah anak sulung dan juga putra satu-satunya dari empat bersaudara. Dia memiliki tiga orang adik perempuan bernama Iit Sriyantini, Ida Yati dan juga Titik Relawati. Dia sebenarnya memiliki satu orang adik laki-laki bernama Joko Lukito, namun meninggal ketika persalinan. Se-belum berganti nama, Joko Widodo memiliki nama kecil Mulyono. Ayahnya punya asal dari Karanganyar, sementara kakek dan juga neneknya punya asal dari satu buah desa di Boyolali. Pendidikannya diawali dengan masuk SD Negeri 111 Tirtoyoso yang dikenal selaku sekolah untuk kalangan menengah menuju bawah.

Biodata Profil Jokowi Lengkap

Nama Terkenal: Jokowi
Nama Lengkap: Ir. Joko Widodo
Lahir: Surakarta, 21 Juni 1961
Partai politik: PDI Perjuangan
Istri: Ny. Hj. Iriana Joko Widodo
Anak: Gibran Rakabumi Raka, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangerap
Agama: Islam – Hobby: Penikmat musik rock

Riwayat Pengajaran:

– SDN 111 Tirtoyoso Solo, SMPN 1 Solo, SMAN 6 Solo
– Almamater: Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta lulusan 1985
Pekerjaan: Pengusaha, Eksportir Mebel, Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta dan Presiden Indonesia ke-7.

Baca Juga: Biografi Soekarno

tags: