Bumbu Kuah Bakso Sebagai Penambah Cita Rasa

Minggu, November 22nd 2015. | Kuliner

Resep Bumbu Kuah Bakso | Untuk membuat bakso yang enak dan bercita rasa tinggi, diperlukan pengetahuan yang cukup tentang semua elemen yang menjadi bagian tak terpisahkan dari bakso tersebut. Selain adonan bakso yang baik, kuah juga sangat penting dalam sebuah bakso. Karena itulah di dalam artikel ini akan membahas mengenai apa saja yang harus Anda lakukan untuk menciptakan suatu bumbu kuah bakso yang bisa meningkatkan rasa dari adonan bakso. Agar informasi ini bisa Anda mengerti dengan baik dan mendalam, simaklah dengan cermat dan yang paling penting adalah praktek. Karena seperti kata pepatah, praktek bisa membuat segalanya menjadi sempurna.

Bakso belum dikatakan lengkap jika tidak dilengkapi dengan kuah yang lezat. Biasanya bakso dihidangkan bersama dengan kuah dalam kondisi yang masih hangat. Makanan yang satu ini mudah untuk ditemukan di berbagai tempat, termasuk di sekitar tempat Anda tinggal. Sebagai salah satu makanan yang populer dan mudah ditemukan di Indonesia, banyak orang yang ingin tahu cara membuat bumbu kuah bakso yang enak dan gurih. Sehingga Anda bisa membuat sendiri hidangan yang enak ini di rumah tanpa perlu mengunjungi para penjual bakso atau rumah makan yang menjual makanan tersebut.

Bumbu kuah bakso merupakan hal yang paling mendasar dan sangat diperlukan bagi Anda apabila ingin membuat kuah bakso yang bisa membuat orang yang merasakannya ketagihan. Tentunya apabila ingin melakukan sesuatu ada saja hal harus dilakukan. Berikut ini adalah bahan utama yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat bumbu kuah bakso.

Bahan untuk membuat kuah bakso:

  • Daging sapi sebanyak 250 gram tanpa tulang
  • Daging sapi yang masih memiliki tulang sebanyak 750 gram
  • Bawang merah sebanyak 15 siung yang sebelumnya sudah dihaluskan
  • Bawang putih sebanyak 7 siung yang dihaluskan
  • Kemiri yang telah ditumbuk sampai halus sebanyak 4 sendok makan
  • Garam secukupnya atau 1 sendok makan
  • Lada hitam bubuk sesuai selera
  • Air putih sebanyak 1 liter

Selain dari bahan utama yang sudah tersebut diatas, ada juga bahan lain yang gunanya adalah sebagai pelengkap yang melengkapi bahan sebelumnya. Sehingga rasa dari kuah ini menjadi lebih enak dan aromanya juga lebih harum. Bahan yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut.

  • Pertama adalah bawang goreng yang merupakan bahan yang selalu hadir dalam banyak masakan nusantara, termasuk makanan berkuah.
  • Selanjutnya adalah daun bawang yang kesegarannya masih terjaga dan diiris menjadi potongan kecil sebelum digunakan.
  • Yang tak kalah penting siapkan juga bakso dengan campuran daging sapi yang sudah dimasak hingga matang.

Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah Anda siapkan, maka ikuti langkah pembuatan bumbu kuah bakso berikut.

  1. Panaskan air di dalam panci dengan memakai api sedang.  Masukkan daging yang ada tulang sapinya ke dalam air hingga mendidih.
  2. Setelah air tersebut mendidih, kecilkan api pada kompor.
  3. Masukkan bawang putih ke dalam air rebusan dan biarkan dalam waktu sekitar 20 menit.
  4. Selanjutnya tambahkan ke dalam panci bahan seperti kaldu instan, garam, gula pasir dan lada bubuk.
  5. Campurkan dengan cara mengaduknya perlahan sampai benar-benar merata.
  6. Jika ternyata kurang gurih, tambahkan garam ke dalamnya.
  7. Setelah semuanya selesai, matikan apinya

Lihat Juga: Resep Martabak Telur

Anda bisa memadukan bumbu kuah bakso ini dengan bakso yang Anda beli. Namun akan lebih baik lagi jika bakso tersebut Anda buat sendiri. Sehingga Anda memiliki kontrol penuh terhadap cita rasa dari bakso yang akan Anda buat. Semoga apa yang tertulis di dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan meningkatkan kemampuan Anda memasak makanan berkuah seperti bakso.

tags: ,