Cara Ambil Uang di ATM Dengan Mudah

Jumat, April 15th 2016. | Nasional

Cara Ambil Uang di ATM, Ambil Uang dengan Mudah Kapanpun dan Dimanapun, Melakukan penarikan uang atau mengambil uang dari rekening bank milik kita kini dimudahkan dengan adanya ATM. Jika sebelum adanya ATM kita harus mengambil uang melalui teller di bank maka kini tak harus ke teller bank anda. Anda bisa mengambil uang sendiri di ATM, bahkan bukan hanya ATM bank milik anda namun juga melalui ATM bank lain. Seperti ATM Bank BRI, Mandiri, BNI, BCA dan lain-lain. Cara ambil uang di ATM pun mudah. Anda pastinya tak akan bingung untuk melakukannya karena langkah-langkah di mesin ATM jelas dan mudah dipahami.

Namun terkadang bagi anda yang belum pernah melakukannya sama sekali mungkin khawatir akan kebingungan dan akhirnya mencari caranya. Maka dalam artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara mengambil uang di ATM baik melalui ATM bank yang anda gunakan maupun melalui ATM bank lain. Baik cara mengambil uang di ATM bank sendiri dengan ATM bank lain sebenarnya tak berbeda. Perbedaan hanya terdapat pada biaya transaksinya. Jika anda melakukan transaksi melalui ATM bank anda sendiri maka tidak akan ada potongan atau biaya, sementara jika anda melakukan penarikan di ATM bank lain maka akan dikenakan potongan atau biaya sebesar Rp7.500 (bisa berubah sewaktu-waktu).

Ambil Uang di ATM

Ada beberapa langkah cara ambil uang di ATM. Langkah yang pertama adalah masukan kartu ATM. Pastikan kartu ATM pada posisi yang benar yaitu bagian logo bank menghadap ke atas. Kemudian akan muncul pilihan bahasa, namun menu ini bisa juga tidak ada pada beberapa bank. Setelah itu masukan pin ATM anda dan telah enter. Maka anda akan masuk ke pilihan menu dan pilihlah menu transaksi tunai atau bisa juga anda langsung terhubung ke layar dengan beberapa pilihan jumlah uang untuk diambil. Biasanya mulai dari 50.000 atau 100.000 dan beberapa pilihan jumlah lain.

Jika jumlah uang yang akan anda ambil sudah ada di pilihan menu maka anda bisa langsung memilihnya, namun jika tidak ada maka pilihlah menu jumlah lain. Menu jumlah lain biasanya ada di bagian kanan bawah layar. Jika sudah, masukan jumlah uang yang ingin anda ambil dan tekan “lanjutkan”. Tunggu proses transaksi, maka akan keluar uang dari mesin ATM. Setelah uan keluar maka akan muncul menu lanjutkan transaksi lain, jika anda masih ingin melakukan transaksi lain maka pilih “ya” namun jika tidak  maka pilih “tidak” dan kartu ATM akan keluar disusul dengan struk transaski. Struk transaksi bisa anda simpan maupun anda buang jika tidak diperlukan.

Cara ambil uang di ATM bank lain juga sama dengan cara diatas, namun perhatikan ATM yang anda pilih. Pastikan ATM yang anda pilih memiliki logo ATM bersama, karena jika tidak maka anda tidak bisa melakukan transaksi di ATM tersebut. logo bank bersama untuk menunjukan bahwa ATM tersebut menyediakan layanan bank bersama sehingga ATM apapun yang anda miliki bisa digunakan di ATM tersebut. Jika ada tidak menemukan ATM dengan logo tersebut maka cari ATM yang sama dengan kartu ATM milik anda atau ATM lain dengan logo ATM bersama. Namun umumnya ATM saat ini memiliki layanan ATM bersama sehingga anda tak perlu bingung.

Lihat Juga: Cara Transfer Uang Lewat Atm Mandiri, BNI, BCA, dan BRI

Kini dengan adanya ATM anda bisa melakukan penarikan tunai dimanapun dan kapanpun. Dengan ATM anda tidak akan terbatasi dengan jam kerja, dimana biasanya bank memiliki jam kerja hanya sampai jam 3 atau jam 4. Itulah ulasan tentang cara ambil uang di ATM semoga bermanfaat.

tags: , , , ,