Cara Cek Pengiriman JNE

Sabtu, April 9th 2016. | Nasional

Cara Cek Pengiriman JNE _ Kini ada banyak jasa pengiriman barang yang bisa anda gunakan. Anda bisa mengirim barang dalam satu daerah, antarkota, antarprovinsi, dan sebagainya dengan mudah dan cepat. Salah satu jasa pengiriman yang sering digunakan saat ini adalah JNE. Berbagai layanan yang memudahkan proses pengiriman tersedia disana, salah satunya layanan cek pengiriman JNE. Dengan layanan ini anda bisa mengetahui barang yang anda kirim maupun barang yang anda pesan telah sampai mana atau berapa hari lagi sampai. Kini jual beli online merupakan hal yang biasa, maka menggunakan jasa pengiriman barang pun mungkin akan sering anda lakukan. Jika anda adalah pengirim barang maka pastikan anda menerima kuitansi dari JNE, maka disana akan ada nomor resi. Umumnya nomor resi berjumlah 13 digit hingga 20 digit. Jika anda adalah penerima barang, maka pastikan anda mendapatkan informasi nomor resi dari pengirim barang. Nomor resi inilah yang akan anda gunakan untuk mengecek proses pengiriman JNE.

Selanjutnya apabila anda telah memiliki nomor resi, anda bisa melakukan cek pengiriman JNE melalui website JNE maupun website lainnya yang menyediakan layanan pengecekan pengiriman barang JNE. Tinggal pilig website mana yang akan anda gunakan. Berikut ini akan diulas tentang bagaimana cara mengecek pengiriman barang melalui website sesungguhnya yaitu www.jne.co.id. Tentunya lebih mantap jika langsung melakukan pengecekan di website tersebut, namun tak ada salahnya jika anda ingin menggunakan website lainnya.

Setelah masuk ke website JNE, maka akan ada dua kolom yaitu “trace & tracking” dan “check our tarif now”. Untuk melakukan cek pengiriman JNE gunakan kolom “trace & tracking”. Caranya mudah, anda tinggal mengisikan nomor resi yang sudah anda miliki atau sudah anda dapatkan dari pengirim, kemudian klik search. Setelah itu akan muncul hasil dari proses pengiriman barang milik anda. Perhatikan baik-baik keterangan tracking dari barang yang anda kirim maupun barang yang anda pesan. Keterangannya antara lain waktu atau tanggal konfirmasi pengiriman barang dari pihak JNE, kemudian sesuaikan dengan waktu pengiriman barang yang anda minta atau yang telah ditetapkan. Perhatikan estimasi waktunya apakah sesuai atau tidak. Disana juga tertera barang yang anda kirim atau pesan telah sampai mana. Terus pantau pengiriman apakah semakin hari semakin dekat atau tidak. Jika semakin dekat maka pengiriman berjalan. Maka anda bisa memperkirakan ketepatan waktu pengiriman dengan waktu yang telah anda minta atau telah anda minta, berapa hari lagi barang akan sampai.

Baca Juga: Apa Itu JNE Tracking

Jasa pengiriman JNE menawarkan beberapa waktu pengiriman antara lain YES (Yakin Besok Sampai), REG (Reguler), OKE (Ekonomi). Dan CTC (City to City). Masing-masing layanan tersebut tentunya memiliki waktu pengiriman yang berbeda. Untuk YES adalah jasa pengiriman yang menjamin bahwa barang akan sampai keesokan harinya (maksimal 24 jam). Kemudian REG  adalah jasa pengiriman dengan waktu pengiriman antara 2 sampai 3 hari kerja (tergantung alamat tujuan). OKE adalah jasa pengiriman barang dengan waktu pengiriman 4 sampai 7 hari kerja. Juga tergantung tujuan pengiriman anda. sedangkan CTC yaitu pengiriman dalam satu kawasan atau dalam kota biasanyanpengiriman barang dalam 1 hari kerja. Anda juga perlu untuk memperhatikan jasa mana yang anda gunakan sehingga bisa untuk memperkirakan kapan barang yang anda kirim atau anda pesan sampai. Umumnya jasa yang digunakan dalam transaksi online shop adalah jasa reguler. Itulah beberapa informasi tentang cara cek pengiriman JNE, semoga bermanfaat.

tags: ,