Cara Cek Tagihan PDAM Via Internet

Jumat, Desember 25th 2015. | Teknologi

Cara Cek Tagihan PDAM _ Anda yang tinggal di Jawa Timur, Bali, dan Kalimantan Timur kini telah mendapatkan kemudahan untuk melakukan pengecekan tagihan air ke PDAM. Perkembangan teknologi kini membawa PDAM di ketiga provinsi tersebut untuk memanfaatkan sarana internet sebagai media perantara pihaknya dengan pelanggan. Pelanggan kemudian dimudahkan dalam melakukan pemeriksaan jumlah tagihan air yang harus dia bayar tanpa harus menuju kantor PDAM secara langsung. Ada beberapa cara cek tagihan PDAM via internet di ketiga provinsi tersebut. Ingin tahu bagaimana caranya? Pastikan Anda menyimak ulasan berikut.

Pertama, Anda yang berada di Surabaya dan sekitarnya kini bisa mengakses laman untuk mengecek besarnya tagihan yang ia terima. Cara cek tagian PDAM yang pertama adalah mengakses alamat http://info.pdam-sby.go.id/aplikasi/rekening/ kemudian Anda bisa memasukkan nomor identitas pelanggan PDAM. Selanjtunya, isikan saja periode dengan bulan yang ingin Anda ketahui tagihannya. Formatnya adalah tahun dan bulan yang ditulis tanpa spasi. Penulisan bulan harus terdiri atas dua digit. Agar lebih tahu, misalnya Anda ingin membayar untuk April 2015, Anda bisa menuliskan 201504 pada periodenya. Masukkan kode verifikasi yang ada pada layar dan lanjutkan dengan mengklik tombol “Cek Tagih”. Masih di Jawa Timur, Anda yang berada di wilayah Malang juga bisa melihat tagihan PDAM melalui online sekarang.

Anda bisa menggunakan jaringan internet untuk membuka laman http://tagihan.pdamkotamalang.com/ ketika Anda ingin mengetahui seberapa banyak Anda harus membayar tagihan air. Kemudian Anda bisa memasukkan nomor saluran yang terdiri atas 6 digit angka. Berikutnya, Anda bisa memasukkan kode captcha yang sudah tertera lalu menekan tombol “tagihan”. Tidak hanya melalui internet, Anda sebagai pelanggan bisa juga mengirim SMS dengan format: Tagihan (spasi) Nosal. Selanjutnya kirim saja ke 08164295000.

PDAM

Agak ke timur lagi, kita beralih ke Bali. Anda yang berada di Denpasar alias ibukota provinsi Bali, dapat melihat mudahnya akses internet untuk mengetahui tagihan PDAM Anda. Seperti halnya dua tempat lain, yakni Malang dan Surabaya, PDAM Bali di wilayah kota Denpasar juga bisa dilakukan pengecekan tagihan PDAM melalui internet. Anda yang berada di wilayah ini bisa mengakses laman terkait tagihan PDAM ini, melalui alamat http://pdam.denpasarkota.go.id/info sebagai langkah pertama cara cek tagihan PDAM di wilayah ini, lalu lanjutkan dengan pengisian nomor sambungan atau identitas pelanggan pada kotak pencian yang telah tersedia. Selanjutnya, Anda tinggal menekan tombol cari dan mendapatkan informasi mengenai tagihan yang ada di rumah ini.

Bukan hanya di timur Jawa, cara cek tagihan PDAM untuk wilayah Kalimantan Timur, terutama di ibukota provinsi alias Samarinda juga kini tersedia dengan bantuan akses internet. Anda bisa melakukan pengecekan tagihan ini dengan cara melakukan login ke http://pdamkotasamarinda.co.id/tagihan. Anda bisa memasukkan nomor rekening Anda selanjutnya, kemudian jangan lupa juga isikan kode rahasia untuk keamanan. Akhiri proses ini dengan melakukan klik pada tombol Cek Rekening.

Lihat Juga: Cara Mendapatkan Koin LINE Gratis

Itulah beberapa cara melakukan cek terhadap tagihan air PDAM yang kini telah dipermudah melalui internet. Cara pengecekan ini praktis dilakukan karena Anda tidak akan direpotkan untuk menunggu datangnya tagihan rekening atau datang ke kantor PDAMnya secara langsung. Dengan memanfaatkan teknologi ini, Anda akan mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayar dan memperkirakan sendiri penghematan pemakaian air untuk bulan depan. Anda juga bisa mempersiapkan biaya pembayaran tagihan air setelah mengetahui besarnya tagihan melalui laman PDAM sesuai dengan wilayah kerja masing-masing tempat.

tags: