Cara Mengajari Anak Membaca Sejak Dini

Selasa, April 26th 2016. | Nasional

Membaca merupakan salah satu hal yang harus diketahui oleh setiap manusia, tanpa membaca orang akan dianggap bodoh dan akhirnya tidak mengetahui apa-apa. Banyak media informasi yang sangat penting membutuhkan skill membaca yang baik dan benar. Tentunya, banyak hal yang akan terjadi, apalagi kita tidak dapat membaca sesuatu yang akan ada disekitar kita bukan? Maka dari itu, sekarang gencar sekali para orang tua dan tentunya guru untuk memberikan cara mengajari anak membaca yang tepat, agar anak dapat belajar membaca dengan mudah dan terampil, tanpa paksaan yang dapat mengganggu jiwa psikis anak. Cara ini dapat dilakukan dengan memasuki dunia anak tanpa menghancurkan hatinya.

Beberapa elemen seperti sekolah dasar, tk, bahkan paud. Tentunya memiliki pembelajaran tentang membaca yang ada di sekitar kita. tentunya, dengan metode dasar yang berbeda-beda. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak output yang terlihat. Sayangnya, masih memiliki beberapa output membaca anak yang kurang dimengerti oleh beberapa anak. cara mengajari anak membaca tidaklah sama satu sama lain, terdapat beberapa cara yang harus dibedakan, hal ini karena beberapa faktor yang ada, seperti :

  • Kapasitas otak anak yang berbeda, yang harus diteliti terlebih dahulu. Terdapat anak-anak yang memang dapat langsung memasukkan materi ke dalam otaknya, tetapi di lain pihak, juga ada anak yang melalui proses yang lebih panjang dibandingkan dengan temannya. Hal ini harus melakukan cara yang lebih intens lagi.
  • Psikologi anak juga mempengaruhi. Berapa banyak kita lihat anak yang memang kurang bisa untuk menjadi tenang karena berbagai faktor, tentunya lebih sulit dibandingkan anak yang bisa langsung tenang dan menerima pembelajaran dengan baik bukan? Hal ini memerlukan dua metode yang berbeda.

Akhirnya kita masuk dalam masalah metode, dimana terdapat berbagai macam metode yang dapat kita temukan untuk membuat anak mengetahui cara mengajari anak membaca yang memang disediakan untuk mereka dan dapat dipatuhi dengan baik, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah :

  • Mengenalkan huruf dengan cara kita mengetahui apa yang diinginkan oleh anak. Bisa melakukan kreatifitas yang bermacam, seperti contohnya saja menggunakan balok yang berbentuk huruf, tetapi diberikan dalam warna-warni yang menarik anak.
  • Melalui metode bergambar, dunia anak adalah dunia bergambar yang sangat menarik, jangan sampai kita tidak mengetahui apa yangdiinginkan dan disukai anak, dengan memaksakan pembelajaran kita.
  • Jangan menggunakan media pembelajaran yang kaku, seperti untuk mata kuliah untuk sekolah formal untuk anak. Hal yang membosankan, cenderung membuat anak malas untuk mendengarkan lebih lanjut dan memilih hal lain yang akan lebih menarik yang akan dia pilih. Jangan sampai kita melakukan hal tersebut, dan membuat anak makin marah.
  • Jangan pernah marahi anak dalam sebuah pembelajaran, dimanapun itu kelembagaannya. Jika kita melakukan hal tersebut, ditakutkan akan terjadi suatu trauma yang memiliki imbas negative untuk anak, yang mungkin dapat membuat anak menjadi takut untuk memulai pembelajaran.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membaca Pikiran Orang Lain

Jadi, beberapa hal yang telah disampaikan dan juga ditulis di atas, dapat menjadi referensi tentunya bagai anda yang sedang mencari cara mengajari anak membaca yang terampil dan dapat masuk ke dunia anak. Perlu diingat, bahwa anak memiliki kapasitas otak yang luas, serta daya mengingat yang hampir masuk sempurna untuk manusia. Maka dari itu, perlunya kita sebagai agen sosialisasi harus berhati-hati agar kita tidak membuat ingatan anak dimasuki hal-hal lain yang tidak seharusnya.

tags: