Cara Mengatasi Jerawat dan Bekasnya

Senin, Juli 27th 2015. | Kesehatan

Cara Mengatasi Jerawat dan Bekasnya | Jerawat adalah salah satu dari sekian masalah wajah yang sangat di benci. Masalah ini tidak hanya di benci oleh wanita saja, tapi para pria juga membencinya. Apalagi jika jerawat sulit dihilangkan dan meninggalkan bekas tentu akan sangat mengganggu penampilan. Penggunaan obat jerawat memang dinilai cukup efektif tapi tidak semua kulit cocok dengan obat jerawat tertentu. Cara mengatasi jerawat yang membandel dan berbekas dengan cepat tidak perlu mahal karena bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita. Penggunaan bahan alami ini tidak hanya menghilangkan jerawat dan bekasnya saja tapi juga bisa membantu merawat kesehatan kulit wajah.

Cara mengatasi jerawat bisa menggunakan bahan alami seperti lemon, mentimun, daun pepaya, tomat, madu, dan lidah buaya. Perawatan dari dalam tubuh juga sangat diperlukan. Ada banyak cara mengatasi jerawat dengan menggunakan bahan alami, di antaranya yaitu:

1. Lemon atau Jeruk Nipis

Cara mengatasi jerawat di wajah yang cepat juga bisa menggunakan lemon ataupun jeruk nipis. Kedua bahan ini banyak mengandung vitamin C yang bak untuk kesehatan kulit dan bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan cepat. Oleskan saja air perasan dari lemon atau jeruk nipis pada jerawat dan bekasnya. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

2. Tomat

Buah sayur yang berwarna jingga ini ternyata juga bisa membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya. Cara mengatasi jerawat dengan tomat ini sangat mudah, oleskan irisan tomat dan pijatkan pada jerawat dan bekasnya sesering mungkin setiap hari. Setelah kering basuh dengan air bersih. Anda juga bisa menggunakan jus tomat sebagai masker wajah untuk mengatas jerawat yang membandel.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya yang menyejukkan juga bisa mengatasi jerawat yang membandel. Cara mengatasi jerawat secara alami dengan menggunakan lidah buaya ini bisa menghilangkan luka bekas jerawat dan jerawat yang masih ada di wajah. Oleskan saja gel lidah buaya pada wajah secara merata atau pada jerawat dan bekasnya saja. Setelah kering, baru dibersihkan atau biarkan saja sampai Anda mencuci wajah kembali.

4. Daun pepaya

Daun pepaya yang pahit ternyata sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Cara mengatasi jerawat dengan menggunakan daun pepaya sangat mudah, haluskan daun pepaya sampai halus kemudian letakkan pada jerawat dan bekasnya. Biarkan sampai kering atau selama kurang lebih 1 jam lalu bilas dengan air dingin. Lakukan setiap hari agar jerawat bisa di atasi dengan mudah.

5. Madu

Madu sudah sangat terkenal sangat baik untuk wajah terutama untuk wajah berjerawat. Cara mengatasi jerawat dengan madu bisa dilakukan setiap saat dan di mana saja. Oleskan madu pada jerawat yang akan dihilangkan dan biarkan saja sampai kering. Jika sudah kering, oleskan kembali agar jerawat bisa cepat hilang dan tidak ada bekasnya. Ingat gunakan madu yang asli untuk hasil yang maksimal.

6. Mentimun

Cara mengatasi jerawat juga bisa menggunakan mentimun. Mentimun bisa digunakan dengan dua cara, yaitu dengan irisan mentimun yang diletakkan di jerawat dan gunakan masker mentimun di seluruh wajah. Irisan timun ini digunakan jika jerawat masih sedikit dan tidak membandel. Jika jerawat jumlahnya banyak dan membandel sebaiknya gunakan maskernya saja.

Mengatasi masalah jerawat yang membandel tidak cukup dengan perawatan dari luar saja tapi juga perlu perawatan dari dalam untuk mencegah timbulnya jerawat. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi bisa membantu mempercepat menghilangkan jerawat dan bekasnya. Selain itu, cara mengatasi jerawat yang tepat yaitu tidak memencet jerawat, biarkan saja sampai kempis sendiri. Pemencetan pada jerawat justru akan membuat wajah menjadi luka yang akhirnya bisa merusak kecantikan wajah. Apalagi jika Anda memencetnya dengan menggunakan tangan yang kotor, risiko infeksi akan lebih besar terjadi.

Baca Juga: Cara Memutihkan Tubuh

tags: