Cara Menghemat Kuota Internet yang Efektif

Jumat, Desember 18th 2015. | Teknologi

Cara Hemat Kuota Internet _ Kuota internet merupakan paket data yang tersedia pada layanan internet. Kuota internet ini dapat dikatakan sebagai sumber kehidupan untuk tiap smartphone. Tentunya tanpa ada kuota internet maka kita tidak akan bisa melakukan chatting, BBM, facebook, browsing, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, tanpa keberadaan kuota internet maka smartphone yang dimiliki akan terasa hambar. Kuota internet ini disediakan oleh para provider telepon seluler di mana Indonesia sendiri memiliki beberapa provider dengan kelebihannya masing-masing. Tarif yang ditawarkan pun berbeda-beda ada yang murah dan ada pula yang harganya lumayan tinggi. Selain itu, ada yang dibayarkan di akhir dan diawal pemakaian. Semua itu, tergantung dari selera dan kebutuhan para pengguna jaringan internet. Hal penting yang perlu diketahui oleh setiap orang yang menggunakan internet pada smartphone yang dimiliki ini adalah cara menghemat kuota internet agar tak boros. Menghemat kuota internet memang harus dilakukan mengingat kini harga-harga kuota internet oleh beberapa provider mengalami peningkatan.

Cara menghemat kuota internet ini memang perlu diketahui. Tentu saja semua pengguna smartphone dapat melakukannya supaya tak terlalu banyak mengeluarkan internet dalam membeli kuota internet. Beberapa operator yang tersedia di Indonesia ini adalah tree (3), Indosat Ooredoo, XL Axiata, Telkomsel Simpati, As, dan masih banyak lainnya. Berikut ini beberapa cara untuk menghemat kuota internet seperti mematikan fitur automatic download supaya tak boros kuota, mematikan fitur auto download di aplikasi Whatsapp bagi yang memilikinya, mematikan auto update apss di google play agar hemat kuota data internet, gunakan lah paket data seperlunya, menggunakan jaringan Wifi untuk mendownload aplikasi yang besar, matikan koneksi internet jika tida digunakan, atur lah batas penggunaan paket data internet supaya tak berlebihan dan juga gunakanlah aplikasi pendukung untuk menghemat paket internet di Android.

Kuota Internet

Kini tak perlu takut lagi kuota data internet yang Anda miliki akan tiba-tiba habis dalam waktu yang singkat. Dengan adanya tips cara menghemat kuota internet di atas tentu saja kita akan bisa lebih berhemat dalam menggunakan kuota. Selain beberapa cara di atas, sebenarnya masih ada cara lainnya untuk menghemat kuota internet yang dimiliki seperti:

  • Menggunakan fitur chrome “data saver” saat browsing
  • Menonaktifkan opsi sinkronisasi yang tak diinginkan
  • Membatasi penggunaan mobile data dan jangan lupa untuk mengaktifkan peringatannya
  • Batasi pula penggunaan data pada background atau restrict backgroud data
  • Mengidentifikasi aplikasi yang paling banyak menyedot kuota data
  • Membatasi update aplikasi dan pilih yang hanya terhubung dnegan WiFi saja

Lihat Juga: Cara Beli Paket Isi Ulang Bolt Lewat ATM BCA dan Aktivasi

Bagi yang menggunakan hp Android sebaiknya batasi penggunaan mobile data yang caranya cukup mudah dilakukan yakni dengan masuk ke settings, data usage, celular data, dan set celular data limit. Dengan begitu, Anda akan memperoleh peringatan jika penggunaan kuota data internet telah melewati batas. Bagaimana sangat mudah bukan? Cara menghemat kuota internet ini memang cukup mudah dilakukan. Apa bila kita tidak menghemat kuota internet maka sudah dipastikan kita akan boros karena semua aplikasi media sosial semuanya harus terhubung dengan internet. Satu tips lagi untuk menghemat kuota internet adalah jika sedang berada di suatu tempat yang menyediakan WiFi gunakan saja karena akan menghemat kuota yang dimiliki. Dengan WiFi tersebut tentu kita akan leluasa untuk mendownload apa saja yang kita inginkan tanpa harus khawatir tentang kuota internet yang dimiliki.

tags: , , ,