Cara Menghilangkan Bau Mulut

Rabu, Juli 15th 2015. | Kesehatan

Cara Menghilangkan Bau Mulut | Bau mulut mungkin menjadi masalah bagi Anda yang memiliki jam terbang tinggi. Terutama, apabila Anda bekerja pada bidang yang membutuhkan banyak bicara, seperti pengacara, penceramah, atau penasihat. Masalah bau mulut juga bagai bencana apabila datang ketika Anda sedang akan menghadapi presentasi atau wawancara yang mendadak. Sebenarnya, banyak cara menghilangkan bau mulut secara mendadak, misalnya dengan memakan beras seperti kebiasaan orang Jawa dahulu, atau dengan mengunyah permen karet. Namun cara-cara tersebut tidak akan bertahan lama. Cara menghilangkan bau mulut yang paling baik adalah dengan cara pencegahan adanya bau mulut. Dengan menghindarinya, kita dapat bebas beraktivitas tanpa takut memiliki bau mulut yang tidak sedap.

Cara menghilangkan bau mulut yang paling baik adalah dari tindakan pencegahan. Cara-cara tersebut yaitu dengan menjaga kebersihan mulut, dan asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Berikut adalah cara menghilangkan bau mulut secara alami.

1. Jagalah kebersihan mulut

Cara menghilangkan bau mulut yang pertama adalah menjaga kebersihan mulut. Mulut yang sering dibersihkan tentu akan mengurangi jumlah kuman yang menyebabkan bau mulut. Anda harus rajin menggosok gigi Anda minimal 2x sehari, yaitu saat setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Untuk hasil yang maksimal, Anda juga dianjurkan untuk menggosok gigi Anda setiap kali habis makan. Sempatkan juga untuk membersihkan lidah Anda. Gigi yang sehat dan lidah yang bersih akan membuat mulut Anda segar dan terbebas dari bau mulut.

2. Minimalkan makan-makanan yang berbau tidak sedap

Bagi Anda yang menyukai makan-makanan berbau khas seperti pete atau jengkol, Anda mungkin akan merasa berat untuk melakukan cara menghilangkan bau mulut yang satu ini. Namun, jika Anda benar-benar ingin mengurangi bau yang tidak sedap dari mulut, Anda mungkin dapat mengolah jengkol dan pete supaya hidangan yang dihasilkan tidak terlalu berbau. Anda bisa mencarinya dengan browsing di internet bagaimana cara mengolah pete dan jengkol yang baik. Jika Anda ingin menggunakan cara menghilangkan bau mulut yang tidak sedap ala orang Jawa dahulu, Anda dapat membersihkan mulut Anda dengan memakan beras (mentah) untuk mengurangi dampak memakan pete dan jengkol.

3. Jangan merokok

Merokok adalah salah satu sebab penghasil bau di dalam mulut. Jadi, bagi Anda seorang perokok mungkin bisa memulai untuk berhenti dari kebiasaan buruk Anda dan melakukan cara menghilangkan bau mulut yang satu ini. Cara menghilangkan bau mulut yang tidak sedap ini memang butuh keseriusan dari Anda. Lagipula, dampak merokok tidak hanya pada bau mulut Anda, namun juga pada kesehatan gigi dan lidah Anda. Gigi seorang perokok lama-kelamaan bisa menjadi kuning bahkan menghitam. Sungguh bukan hal yang baik dilakukan.

4. Makanlah banyak buah

Cara menghilangkan bau mulut sebagai tindakan pencegahan yang lain adalah dengan memakan banyak buah-buahan. Buah-buahan yang banyak mengandung air akan membantu Anda dalam membersihkan mulut Anda. Buah-buahan yang mengandung vitamin C juga baik untuk kesehatan mulut, terutama untuk mencegah datangnya sariawan. Salah satu penyebab datangnya sariawan adalah karena mulut yang tidak bersih.

5. Jangan lupa sarapan pagi

Bagi Anda yang sering melewatkan sarapan pagi, Anda patut memperhatikan cara menghilangkan bau mulut yang satu ini. Selain sebagai sumber energi di siang hari saat bekerja, sarapan pagi dapat menghindarkan Anda dari bau mulut di siang hari. Hal ini karena dengan sarapan, Anda bisa membunuh kuman-kuman penyebab bau mulut di dalam mulut Anda dengan produksi air liur yang ada ketika sedang makan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

tags: