Cara Menghilangkan Karang Gigi

Selasa, Juli 21st 2015. | Kesehatan

Cara Menghilangkan Karang Gigi | Masalah yang sering dialami oleh sebagian orang mengenai gigi adalah masalah karang gigi. Karang gigi terbuat dari plak dan zat kapur yang ada di air liur. Plak merupakan lapisan bening pada gigi dan kuman. Pada dasarnya di dalam mulut terdapat berbagai jenis kuman yang dapat menyebabkan karies gigi. Karang gigi melekat pada gigi yang pada awalnya berwarna kekuningan yang dapat berubah warna menjadi kecokelatan dan kehitaman. Cara menghilangkan karang gigi dapat dilakukan secara manual sendiri ataupun dengan bantuan dokter gigi. Jika dilakukan sendiri maka membutuhkan waktu sehingga hasilnya optimal.

Karang gigi ternyata dapat memicu terjadinya penyakit-penyakit gigi yang lainnya, seperti gigi berlubang, sariawan, dan infeksi gusi. Pada dasarnya, setiap orang dianjurkan untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, selain untuk mengecek kesehatan gigi juga dapat sekaligus sebagai cara menghilangkan karang gigi apabila pada saat itu seseorang mempunyai karang gigi. Tetapi dikarenakan biaya perawatan gigi sangat mahal, maka Anda dapat menyiasatinya dengan cara menghilangkan karang gigi secara tradisional. Penjelasan lebih lengkapnya adalah berikut ini:

1. Rajin menggosok gigi

Usahakanlah untuk rajin menggosok gigi sebelum beraktivitas dan sebelum tidur. Karena dengan rutin menggosok gig maka kemungkinan terjadinya masalah-masalah pada gigi dan mulut dapat dikurangi. Ketika Anda setelah makan, maka beri jeda terlebih dahulu sebelum Anda menggosok gigi baik untuk perawatan ataupun untuk cara menghilangkan karang gigi. Karena tepat setelah makan dan langsung menggosok gigi akan merusak enzim-enzim di mulut yang justru dapat menyebabkan bau mulut.

2. Menggunakan daun sirih

Selain merawat gigi dengan benar dengan rutin menggosok gigi setiap hari, cara menghilangkan karang gigi yang lebih spesifik adalah menggunakan daun sirih, pinang dan kapur. Campurkan satu helai daun sirih dengan kapur, tambahkan juga pinang secukupnya, lalu kunyahlah selama beberapa menit. Pada produk pasta gigi juga ada yang menggunakan daun sirih sebagai bahan bakunya, oleh sebab itu akan lebih baik apabila Anda menggunakan langsung daun sirih dari alam. Hal ini merupakan cara cepat menghilangkan karang gigi.

3. Dengan biji cengkih

Kemudian cara menghilangkan karang gigi adalah dengan biji cengkih. Keringkan beberapa biji cengkih kurang lebih satu genggam. Lalu tumbuk biji cengkih yang sudah kering tersebut sampai benar-benar halus seperti abu, ambil secukupnya untuk digosok-gosokkan pada gigi secara perlahan-lahan. Gosokkanlah pada bagian gigi yang terdapat karang giginya dan tidak perlu digosokkan pada seluruh gigi karena gigi yang sehat tidak membutuhkan pengobatan cara ini. Selain mengobati karang gigi, menggosokkan abu cengkih juga dapat menjadikan nafas menjadi segar.

Cara menghilangkan karang gigi selain dilakukan oleh dokter, juga dapat dilakukan sendiri dengan cara-cara tradisional. Rutin menggosok gigi merupakan perawatan dasar dalam hal ini. Nah, selain cara-cara di atas, cara mudah menghilangkan karang gigi yang dapat Anda lakukan sendiri adalah dengan rutin mengkonsumsi buah melon dan buah apel. Mengapa demikian? Melon mengandung serat yang alami yang akan baik untuk memproduksi air liur. Air liur akan menjaga kesehatan dan kebersihan mulut tetap terjaga.

Nah, sedangkan makan apel yang mengandung vitamin C juga dapat menjadi cara menghilangkan karang gigi secara alami. Ketika Anda mengkonsumsi buah-buahan ini maka selain mengatasi karang gigi juga akan menjadikan tubuh semakin sehat. Jangan lupa untuk minum air putih dengan cukup. Air putih mampu menangkal berbagai penyakit dan masalah-masalah kecil, termasuk mengenai karang gigi ini. Air dapat membantu melancarkan pencernaan dan membersihkan plak. Sering-seringlah berkumur-kumur dengan air putih untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bulu Kaki

tags: