Cara Menghilangkan Komedo

Selasa, Juli 7th 2015. | Kesehatan

Cara Menghilangkan Komedo | Komedo merupakan masalah bagi wajah yang teramat buruk. Meski terbilang kecil dibanding jerawat, namun komedo ini dapat merusakkan penampilan wajah terutama ketika menggunakan make up. Oleh sebab itulah, banyak orang yang mencari bagaimana cara menghilangkan komedo baik secara alami maupun instan. Komedo timbul karena penumpukan sel-sel kulit mati dan kelebihan kelenjar minyak yang mengendap sehingga menyebabkan adanya bintik-bintik hitam di wajah. Hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan yang kurang dalam membersihkan kulit wajah. Apalagi bagi yang berkulit putih, komedo akan sangat mudah terlihat. Untuk mencegahnya adalah dengan rutin membersihkan kulit wajah setiap hari.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menghilangkan komedo, perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa ada dua jenis komedo. Komedo jenis pertama adalah blackhead (komedo terbuka) yaitu pori-pori yang membesar dan berwarna hitam disebabkan oleh penyumbatan pori-pori yang terjadi akibat teroksidasi dengan udara. Sedangkan untuk jenis kedua adalah whitehead (komedo tertutup) yaitu sel kulit mati yang tumbuh di por-pori yang mengalami penyumbatan sehingga kelihatannya seperti tonjolan putih kecil.

Cara menghilangkan komedo secara alami dapat menggunakan beberapa bahan yang mudah ditemukan antara lain uap, air garam, lidah buaya dan air perasan jeruk nipis.Baiklah, langsung saja merujuk pada pembahasan utama. Berikut ini cara menghilangkan komedo secara alami antara lain:

  • Menggunakan uap

Cara menghilangkan komedo yang pertama adalah dengan menggunakan uap. Uap ini berasal dari air panas. Caranya dengan menuangkan air panas dalam mangkok kemudian hadapkan pada wajah sehingga uap akan membuka pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan sel kulit mati. Jika perlu gunakan handuk untuk menutup kepala supaya uap terserap maksimal. Lakukan hal tersebut secara rutin sehingga komedo hilang dan wajah tampak bersih.

  • Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya ternyata tidak hanya memiliki manfaat untuk merawat kesehatan rambut. Jarang orang mengetahui bahwa lidah buaya dapat dijadikan sebagai obat untuk cara menghilangkan komedo. Tanaman yang satu ini memang serbaguna dan kaya akan khasiat. Gunakan bagian buah lidah buaya dan oleskan pada bagian wajah yang berkomedo kemudian diamkan beberapa saat. Langkah terakhir adalah dengan membilasnya sehingga wajah bersih kembali. Anda perlu melakukannya secara rutin dan teratur setiap hari, menjelang tidur. Pastikan kulit Anda dalam keadaan bersih.

  • Menggunakan air garam

Garam, kita ketahui merupakan bumbu dapur yang kaya akan yodium. Ternyata jika garam dicampur dengan air dalam membantu menghilangkan komedo. Ya, air garam dapat mengurangi kadar minyak dalam kulit sehingga ampuh juga sebagai cara menghilangkan komedo.

  • Menggunakan perasan air jeruk nipis dan kulitnya

Jeruk nipis sendiri merupakan obat alami yang ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan komedo dan jerawat. Kandungan jeruk nipis dapat secara alami mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus mengurangi kadar minyak pada kulit wajah yang menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo. Cara menggunakan kulit jeruknya ialah dengan mengoles-oleskannya ke wajah dengan lembut dan secara rutin. Kemudian untuk air jeruk nipis, cukup oleskan air jeruk pada kulit wajah (boleh hanya bagian yang berkomedo atau seluruh bagian wajah). Tunggu beberapa saat sampai menyerap kemudian bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin setiap hari.

  • Putih telur

Seperti yang sudah Anda ketahui, putih telur dikenal sebagai obat kecantikan yang dapat mengencangkan kulit. Selain manfaat tersebut, kandungan vitamin C dan E di dalamnya membantu menutup pori-pori yang menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat. Cara menghilangkan komedo di hidung cukup dengan mencampurkan putih telur dengan madu kemudian mengoleskannya ke seluruh wajah. Tunggu beberapa saat hingga mongering. Selanjutnya bilas hingga bersih dan tidak berbau.

Demikian pembahasan mengenai cara menghilangkan komedo secara alami. Semoga dapat membantu Anda yang sedang bermasalah dengan komedo di wajah. Komedo memang harus segera di basmi agar tidak merusak penampilan sehingga kita bisa tampil percaya diri.

Baca Juga: Manfaat Daun Pisang

tags: