Cara Menghilangkan Panu

Rabu, Juli 22nd 2015. | Kesehatan

Cara Menghilangkan Panu | Mempunyai wajah yang mulus bebas dari bekas jerawat dan panu merupakan suatu anugerah yang patut disyukuri. Tetapi tidak semua orang mempunyai wajah mulus seperti yang didambakan. Selain bekas jerawat, masalah paling sering yang dialami di kulit wajah adalah panu. Anda tidak usah khawatir, karena terdapat metode-metode alami sebagai cara menghilangkan panu di wajah. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa sebenarnya panu itu dan apa sebabnya terkena panu?Panu merupakan infeksi yang ditimbulkan oleh pityrosporum ovale. Panu akan terasa sangat gatal apabila bercampur dengan keringat. Oleh sebab itu, terkadang panu yang digaruk akan bertambah parah dan meleber ke daerah sekitarnya.

Cara menghilangkan panu di wajah ternyata tidaklah sulit dan mahal. Dibandingkan Anda membeli bahan kimia yang belum tentu aman, akan lebih baik membuat obat sendiri secara alami. Virus pityrosporum ovale yang menjadi penyebab panu dapat timbul ketika seseorang menginjak usia pubertas atau setelah masa pubertas. Nah, cara- cara menghilangkan panu di wajah secara alami diantaranya dapat dilakukan dengan beberapa bahan sebagai berikut:

1. Bawang Putih

Bawang putih sudah dikenal sejak dahulu mengenai khasiatnya dalam mengobati panu. Bumbu dapur yang satu ini selain dapat digunakan untuk membuat masakan menjadi sedap, ternyata juga dapat dijadikan sebagai contoh menghilangkan panu di wajah sehingga nantinya wajah juga menjadi sedap, tentunya sedap dipandang ketika panu sudah sembuh. Timbulnya panu sebenarnya sangat menyiksa penampilan, apalagi jika bertenggernya di wajah. Nah, cara menghilangkannya dengan bawang putih yaitu dengan mengiris satu siung bawang putih, lalu cukup dioleskan saja pada bagian wajah yang terkena panu. Diamkan dahulu beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat membunuh jamur penyebab panu.

2. Lengkuas

Bumbu dapur berikutnya yang dapat menjadi cara menghilangkan panu di wajah adalah lengkuas. Nah, ternyata ada banyak bumbu dapur yang mempunyai peran ganda. Selain berperan untuk masakan, juga berperan untuk mengatasi hal-hal yang berkaitan dengan kulit wajah. Ambillah air lengkuas, lalu oleskan pada wajah yang terkena panu secara perlahan-lahan. Diamkan selama 10 menit baru Anda membilasnya dengan air. Seperti halnya bawang putih, air lengkuas mampu membunuh jamur penyebab jamur. Lakukan cara menghilangkan panu di kulit wajah alami ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Belimbing

Buah belimbing sangat cocok dimakan secara langsung atau dibuat jus. Tetapi di sisi lain juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan panu di wajah. Mengapa demikian? Karena buah belimbing mengandung vitamin C yang berfungsi untuk menggantikan sel-sel kulit mati dan membunuh bakteri penyebab panu. Siapkan buah belimbing 1 saja ukuran sedang, lalu blender dengan sedikit kapur sirih. Setelah halus dan tercampur rata, oleskan pada wajah. Seperti halnya bahan-bahan lain, maka setelah dioleskan, diamkan selama 5-10 menit kemudian dibilas dengan air bersih.

4. Belerang dan jeruk nipis

Nah, untuk bahan yang satu ini sangat baik untuk kulit, yaitu belerang. Belerang yang dikombinasikan dengan jeruk nipis akan menjadi bahan ampuh untuk mengobati panu dan cara memutihkan wajah. Menggunakan belerang hanya bagi Anda yang tahan terhadap baunya yang tidak sedap. Oleh sebab itu, jeruk nipis selain memperkuat khasiat dari belerang ini sebagai cara menghilangkan panu di wajah juga untuk menetralisir bau tidak sedap dari belerang tersebut. Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu taburi dengan belerang. Gosok-gosokkan pada wajah yang terkena panu perlahan-lahan.

Nah, mudah sekali bukan mengobati panu di wajah dengan bahan-bahan alami tersebut? Bahan-bahan alami lebih aman dan tentunya lebih hemat dibandingkan dengan Anda membeli obat yang mengandung bahan kimia. Jika di rumah Anda terdapat madu, kabar baik lagi, karena ternyata madu juga dapat membantu menghilangkan panu di wajah. Caranya setelah wajah dibersihkan dan dikeringkan, oleskan madu secara merata pada wajah. Hal ini selain digunakan untuk cara menghilangkan panu di wajah juga dapat membuat kulit wajah lebih halus dan lembut. Selamat mencoba.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Sakit Gigi

tags: