Cara Menghilangkan Sakit Gigi

Rabu, Juli 22nd 2015. | Kesehatan

Cara Menghilangkan Sakit Gigi | Setiap bagian tubuh manusia dapat mengalami sakit, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Sakit gigi merupakan salah satu dari rasa sakit tersebut, biasanya karena gigi berlubang. Ada yang mengatakan sakit gigi lebih sakit dibandingkan sakit hari. Analogi ini muncul karena ketika seseorang mengalami sakit gigi, maka segala aktivitasnya dapat terganggu, mau makan sakit gigi, melakukan apapun sakit gigi, bahkan sampai tidak bisa tidur.

Cara menghilangkan sakit gigi ternyata tidak harus mendapatkan penanganan dokter. Anda dapat mengobatinya sendiri dengan cara-cara alami diantaranya dengan bahan-bahan dapur. Terdapat cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat tanpa harus memeriksakan diri ke dokter dan menggunakan obat-obatan. Cara-cara tersebut diantaranya yaitu dengan bahan-bahan berikut ini:

1. Bawang Merah

Bawang merah mengandung zat antiseptik sehingga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi. Bawang merah juga mengandung zat antimikroba yang sangat baik untuk menjadi obat alami mengusir sakit gigi. Cara yang paling ampuhnya adalah dengan mengunyah satu butir bawang merah. Bersihkan terlebih dahulu bawang putih lalu kunyahlah secara perlahan-lahan dan setelah itu buang bawang merah tersebut yang ada di mulut. Kunyahlah sampai rasa sakit tersebut menghilang. Sebagai cara menghilangkan rasa sakit gigi, bawang merah akan membunuh bakteri-bakteri penyebabnya.

2. Bawang Putih

Selain bawang merah, ternyata pasangannya juga dapat menjadi cara menghilangkan sakit gigi yang ampuh. Kedua bahan dapur ini tidak hanya sebagai penambah citarasa masakan, ternyata dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya menghilangkan sakit gigi. Siapkan satu siung bawang putih atau secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam secukupnya, kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit. Anda mungkin tidak akan mendapatkan manfaatnya secara langsung, karena kesembuhan juga membutuhkan proses. Ulangi cara ini beberapa kali sehari sampai rasa sakit hilang.

3. Menggunakan cengkih dan asam jawa

Bahan-bahan cara menghilangkan sakit gigi berlubang ternyata tidak terlepas dari bahan dapur lainnya, karena cengkih ternyata juga dapat digunakan. Cengkih mengandung zat anti inflamasi, anestesi, dan antioksidan sehingga sangat baik sebagai cara menghilangkan sakit gigi. Semprotkan minyak cengkih pada bagian gigi yang sakit dan gunakan air putih yang dicampur minyak cengkih untuk berkumur-kumur. Jika Anda tidak mempunyai minyak cengkih, dapat menggunakan cengkih yang ditumbuk, lalu beri sedikit air dan peras. Begitu juga dengan asam jawa yang efektif menghilangkan sakit gigi. Sangrai biji asam jawa, kemudian haluskan dan oleskan pada bagian gigi yang sakit.

4. Daun jambu biji dan getah jarak

Pada dasarnya semua cara menghilangkan sakit gigi harus diimbangi engan perawatan yang benar dan teratur, yaitu rutin menggosok gigi terutama sebelum tidur. Terdapat begitu banyak bakteri yang ada di mulut yang sewaktu-waktu dapat menyebabkan masalah-masalah mulut apabila tidak dilakukan perawatan yang benar. Sakit gigi terkadang juga disertai dengan bengkak. Cara menghilangkan bengkak sakit gigi dapat dilakukan dengan daun jambu biji. Kunyah beberapa lembar daun jambu biji yang masih segar, lalu hasil kunyahan tersebut gosokkan pada bagian gigi yang sakit. Jika di daerah anda masih terdapat pohon jarak, getahnya dapat digunakan sebagai obat sakit gigi yang berlubang. Anda dapat melakukan dengan cara meneteskan getah jarak pada gigi berlubang atau entah jarak tersebut diteteskan dahulu pada kapas kemudian disumpalkan pada gigi yang berlubang.

Setelah Anda mengetahui beberapa cara menghilangkan sakit gigi, akan lebih baik apabila Anda juga mengetahui penyebab-penyebab sakit gigi. Menggosok gigi dengan cara yang salah dapat menjadi penyebab utama terjadinya sakit gigi. Setelah makan jangan langsung menggosok gigi karena akan merusak enzim di mulut. Menggosok gigi memerlukan waktu 1-2 menit agar gigi dapat bersih maksimal, caranya menggosok harus rata bahkan sampai dengan gerakan memutar. Rutinlah menggosok gigi 15 menit setelah makan dan sebelum tidur. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati pada makanan yang manis, jika memungkinkan konsumsi sedikit saja makanan manis agar tidak menimbulkan masalah gigi atau kesehatan lainnya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi

tags: