Cara Menghilangkan Sakit Kepala

Kamis, Juli 23rd 2015. | Kesehatan

Cara Menghilangkan Sakit Kepala | Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala, baik yang ringan ataupun sakit kepala yang berat. Ada banyak penyebab yang membuat seseorang mengalami sakit kepala dan ada juga cara menghilangkan sakit kepala sebagai pertolongan pertama. Secara umum, cuaca dapat menyebabkan sakit kepala. Saat cuaca berubah menjadi panas, maka tekanan udara dan kelembabannya dapat mempengaruhi otak yang kemudian menyebabkan sakit kepala. Kurang tidur juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Hal ini karena kebutuhan istirahat seseorang tidak tercukupi. Seseorang yang sering begadang juga mempunyai resiko sakit kepala. Cara menghilangkan sakit kepala sebagai cara utama tidak perlu menggunakan obat-obatan, karena dengan minum air putih yang cukup menjadi salah satu cara mengobati yang efektif.

Nah, hal yang juga sering terjadi sebagai penyebab sakit pada kepala adalah stres. Apabila penyebabnya stres, maka cara menghilangkan sakit kepala dengan relaksasi dan belajar mengendalikan emosi. Latihan berpikir positif juga sangat diperlukan agar seseorang tidak mudah stres dan depresi. Latihan pernapasan dan relaksasi dapat dilakukan dengan olahraga yoga. Ketika seseorang stres, hormon-hormon memicu saluran darah membesar, otot menegang di daerah leher, bahu, dan otot-otot sekitar kepala sehingga menimbulkan rasa sakit. Terkadang seseorang juga tidak menyadari jika ia sedang stres karena berbagai tekanan. Adapun cara hilangkan sakit kepala yang lainnya antara lain:

1. Minum air putih secukupnya

Memang terdengar sepele, tetapi meminum air putih yang cukup dapat membantu memasok oksigen ke otak dan ke seluruh tubuh. Terkadang seseorang sakit kepala karena kekurangan air atau dehidrasi. Nah, meminum air putih cukup dapat menjadi cara utama cara menghilangkan sakit kepala ringan. Untuk menghindari sakit kepala dan berbagai sakit lainnya maka minumlah air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Air putih mengandung oksigen dan antioksidan yang dapat melancarkan aliran darah serta menangkal radikal bebas.

2. Minum teh hangat

Selain mencukupi tubuh dengan air putih, salah satu cara menghilangkan sakit kepala pada saat itu juga adalah dengan minum teh hangat. Teh hangat untuk sementara waktu dapat membuat tubuh lebih nyaman dan rileks. Usahakan membuat teh hangat dengan gula sedikit saja, dan rasa manisnya ditambah dari madu murni. Campuran bahan ini dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak.

3. Konsumsi buah pisang

Cara menghilangkan sakit kepala sebelah dengan mudah dan alami adalah dengan mengkonsumsi buah pisang. Kandungan magnesium pada pisang dapat membantu mengatasi sakit kepala sebelah. Cara menghilangkan sakit kepala merupakan cara tradisional yang akan memberikan manfaat ganda, karena pisang mempunyai kandungan yang baik bagi tubuh, sebagai penghancur lemak dan untuk melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi buah pisang setidaknya satu buah setiap hari juga dapat mencukupi kebutuhan magnesium dan serat Anda.

Oksigen yang tidak diedarkan dengan normal dapat membuat seseorang mengalami sakit kepala. Hal ini dapat diatasi dengan menghirup aroma minyak kayu putih, mengoleskannya di kening, leher bagian samping dan belakang. Cara ini dapat digunakan baik oleh anak-anak maupun dewasa, karena tubuh dan pikiran dapat menjadi rileks dan peredaran darah normal kembali.

Nah, cara menghilangkan sakit kepala untuk mengembalikan tubuh agar fit kembali maka Anda harus tidur dengan teratur dengan waktu tidur untuk orang dewasa 7-8 jam per hari. Jika siang hari Anda merasa lelah, boleh tidur 30-60 menit agar badan dan pikiran kembali fresh. Sakit kepala juga dapat diobati dengan biji buah alpukat. Cara menghilangkan sakit kepala secara alami ini dengan menyiapkan 2-3 biji alpukat kemudian diparut. Campurkan parutan biji alpukat dengan air secukupnya lalu gunakan untuk mengaplikasikannya pada dahi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Panu

tags: