Cara Menghilangkan Wajah Berminyak

Rabu, Juli 22nd 2015. | Kesehatan

Cara Menghilangkan Wajah Berminyak | Setiap orang memiliki tipe kulit wajah masing-masing. Kulit wajah yang berminyak merupakan ciri kulit wajah yang mudah mengalami jerawat. Bagi Anda yang mempunyai tipe wajah ini, sudah barang tentu harus merawat dengan benar agar minyak yang berlebihan dan jerawat tidak sampai mengganggu. Ada beberapa cara menghilangkan wajah berminyak sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluh tentang minyak yang berlebihan. Cara-cara yang ditempuh dapat menggunakan kosmetik, obat, atau cara alami. Nah, sebagai cara yang mudah, aman, sekaligus hemat, maka akan lebih baik menggunakan cara yang alami. Cara menghilangkan wajah berminyak dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti buah-buahan dan sayuran, diantaranya yaitu mentimun, apel, seledri, jeruk nipis dan semangka.

Tahukah Anda, bahwa wajah yang berminyak juga memicu wajah mudah keriput? Kulit yang berminyak akan memberikan akibat yang terkadang lebih banyak dibandingkan dengan kulit kering. Selain jerawat, komedo juga mudah muncul pada seseorang yang mempunyai tipe kulit wajah berminyak. Cara menghilangkan wajah berminyak dan komedo dapat menggunakan mentimun. Cukup siapkan 1 buah mentimun ukuran sedang. Setelah dikupas, lalu dicuci sampai bersih. Belah mentimun menjadi 4 bagian memanjang, lalu hancurkan mentimun, terutama untuk bagian lembut yang terdapat bijinya. Gosok-gosokkan pada wajah sampai merata. Biarkan sampai 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini juga efektif untuk mengobati jerawat secara alami. Nah, bahan-bahan alami lain yang dapat digunakan untuk cara menghilangkan wajah berminyak yaitu:

1. Seledri

Daun seledri tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan. Biasanya daun seledri digunakan untuk membuat sop agar rasa dan aromanya lebih harum. Tetapi selain itu, seledri juga dapat digunakan sebagai bahan alami cara menghilangkan wajah berminyak. Siapkan daun seledri secukupnya, lalu potong menjadi kecil-kecil. Masukkan daun seledri yang telah dipotong tadi ke dalam wadah yang sebelumnya telah dituangkan air mendidih. Biarkan direndam selama 15 menit. Kemudian ambil daun seledri tersebut dan dinginkan selama 20 menit. Tidak usah dimasukkan ke dalam lemari es, cukup didiamkan saja.

2. Masker apel

Masker untuk wajah tidak hanya yang dijual di toko-toko kecantikan atau salon, tetapi Anda dapat membuatnya sendiri dari bahan-bahan alami, salah satunya dengan buah apel sebagai cara menghilangkan wajah berminyak dengan buah. Apel mempunyai zat anti lemak yang dapat mengangkat lemak maupun kotoran di wajah secara alami. Caranya cukup siapkan 1 buah apel kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Blender apel sampai lembut dan tambahkan sedikit madu murni. Setelah kedua bahan tercampur rata, lalu simpan di dalam lemari es selama 15 menit. Cara menghilangkan wajah berminyak dengan masker ini yaitu dengan mengaplikasikannya ke seluruh permukaan wajah dengan kuas. Setelah itu bilas dengan air dingin.

3. Masker jeruk nipis

Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila jeruk nipis mengandung astringent yang dapat mengangkat minyak berlebih penyebab komedo dan jerawat. Terdapat banyak produk kosmetik yang menggunakan jeruk nipis sebagai bahan bakunya. Nah, disini kita akan menggunakan jeruk nipis secara langsung sebagai cara menghilangkan wajah berminyak, yaitu dengan membuatnya menjadi masker. Ambillah satu atau dua jeruk nipis, bersihkan lalu potong-potong dan peras airnya. Nah, kulit yang sudah diperas airnya dapat Anda oleskan dan tempelkan pada wajah yang berminyak.Lalu, untuk apa air perasan jeruk nipis tersebut? Air perasannya dapat Anda minum secara langsung ataupun menambahnya dengan madu. Anda juga dapat menyeduhnya dengan air hangat tanpa gula, sehingga cara menghilangkan wajah berminyak dan kusam tidak hanya dari luar saja tetapi juga dari dalam.

Jika musim semangka telah tiba, Anda juga dapat memanfaatkan semangka untuk menjadikan masker wajah. Nah, dalam hal ini yang diambil adalah kulitnya saja. Jemur kulit semangka sampai kering kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan mentimun dan daging lidah buaya lalu sama-sama ditumbuk. Setelah dicampur rata, oleskan pada wajah. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Semoga cara menghilangkan wajah berminyak yang sudah diuraikan dapat membantu Anda mengatasi minyak yang berlebih pada wajah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Sakit Gigi

tags: