Cara Menumbuhkan Rambut Botak

Selasa, Juli 28th 2015. | Kesehatan

Cara Menumbuhkan Rambut Botak | Rambut botak, masalah rambut yang satu ini tidak hanya dialami oleh wanita, begitu juga pria. Rambut botak memang sangat mengganggu penampilan. Selain itu, hati-hati juga bila kebotakan terjadi secara terus menerus dan berlebihan, bisa jadi indikasi penyakit. Kebotakan kebanyakan terjadi karena faktor usia. Seiring lanjut usia, maka Anda membutuhkan cara menumbuhkan rambut botak. Terutama bagi kalangan pria, faktor usia sangat berpengaruh besar. Faktor lain yang mempengaruhi kebotakan adalah beban pikiran yang membuat Anda stres sehingga banyak sekali rambut rontok. Kebiasaan dalam merawat rambut yang buruk juga menjadi faktor penting kebotakan.

Cara menumbuhkan rambut botak ada beragam cara. Dimulai dari diri sendiri memperlakukan rambut sampai penggunaan bahan-bahan alami ataupun obat penumbuh rambut. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menumbuhkan rambut botak, sebaiknya Anda mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya, antara lain:

  • Faktor internal

Faktor internal terjadi karena pengaruh hormone dalam tubuh. Tubuh kita memproduksi hormon yang berfungsi untuk menjaga metabolism tubuh dan daya tahan seluruh bagian tubuh, termasuk rambut. Selain itu, faktor keturunan juga ikut andil.

  • Faktor eksternal

Faktor eksternal atau faktor dari luar banyak disebabkan oleh perawatan yang tidak tepat. Baik dari segi pemilihan produk perawatan rambut ataupun kebiasaan menyisir dan mencuci rambut. Hal pertama yang akan kita bahas adalah cara menumbuhkan rambut botak karena keturunan. Gen memang memegang peranan penting terhadap segala hal terutama apa saja yang bisa berlanjut pada keturunan berikutnya. Jika kebotakan yang terjadi akibat faktor keturunan maka cara menumbuhkan rambut botak ialah dengan menggunakan obat penumbuh rambut yang sudah teruji. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di apotik-apotik terdekat. Adapun cara lainya ialah dengan menggunakan bumbu dapur seperti kemiri, bawang merah dan putih, minyak kelapa sawit. Kemiri berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut.

Sedangkan bawang merah dan bawang putih berguna untuk mencegah kerontokan pada rambut dan minyak kelapa sawit berguna sebagai penumbuh rambut rontok. Selain bawang bahan-bahan yang telah disebutkan diatas, cara menumbuhkan rambut botak dengan lidah buaya pun sangat efektif. Cairan putih yang terdapat dalam daging lidah buaya mengandung zat-zat yang berfungsi menumbuhkan serta mencegah kerontokan rambut sehingga masalah rambut botak Anda bisa teratasi. Anda cukup mengoleskannya pada seluruh bagian kepala sambil dipijat secara lembut. Lakukan secara rutin, minimal 1 minggu 3 kali. Cara menumbuhkan rambut botak di atas memang sangat mudah.

Masih dalam pembahasan mengenai cara menumbuhkan rambut botak secara permanen karena faktor eksternal adalah dengan merubah kebiasaan buruk Anda terhadap rambut. Pertama hindari menyisir rambut ketika masih basah, habis keramas. Sisirlah ketika sudah setengah kering. Ketika berkeramas, jangan menggosok kulit kepala menggunakan kuku. Pijatlah dengan lembut sehingga aliran darah ke kepala lebih lancar. Pijatan harus teratur dan mengenai titik-titik pusat saraf yang berhubungan dengan aliran darah ke kepala. Anda bisa memperhatikan, perlakuan tukang salon ketika melakukan creambath, hati-hati, bertenaga dan berorientasi pada titik-titik tertentu. Ketika menyisir, gunakan sisir yang rapat dan hati-hatilah dalam menyisir, harus lembut serta sabar. Cara menumbuhkan rambut botak yang satu ini membutuhkan komitmen dari diri Anda sendiri.

Sekarang Anda sudah paham bukan apa saja yang menjadi penyebab kerontokan ataupun kebotakan. Hal kecil dan sering kali disepelekan adalah perlakuan Anda terhadap rambut. Ya, rambut juga bagian tubuh yang perlu perawatan dan perlakuan lembut. Maka perlakukanlah rambut dan kulit kepala Anda dengan baik. Gunakan bahan-bahan alami untuk menunjang karena lebih aman, tanpa menimbulkan efek samping. Demikian ulasan mengenai cara menumbuhkan rambut botak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga: Cara Meluruskan Rambut

tags: