Cara Mudah Cek Tagihan Listrik Agar Tidak Lupa Bayar

Senin, Januari 11th 2016. | Teknologi

Cara Cek Tagihan Listrik _ Listrik sekarang bisa diasumsikan sebagai kebutuhan pokok. Pasalnya, hampir semua alat yang membantu kegiatan manusia dijalankan dengan listrik. Mulai dari pembersih debu, setrika, mesin cuci, dll. Alat untuk bekerja atau akses hiburan juga bergantung dengan listrik seperti tv, hp, komputer, laptop, dll. Oleh karena itu, anda tidak boleh sampai lupa apalagi kelewatan membayar listrik. Oleh karena itu, untuk anda yang sibuk dan tidak sempat mampir ke PLN atau agennya, berikut ini akan dibahas cara mudah untuk mengetahui tagihan listrik. Dari sini anda juga harus mempersiapkan dana. Bagaimana cara mempersiapkan dana untuk bayar listrik? Tentu pertama-tama anda harus cek tagihan listrik. Informasi mengenai besarnya tagihan listrik kini bisa anda dapatkan dengan berbagai cara. Dunia sudah memasuki zaman baru dimana teknologi dan informasi bisa diakses tanpa beranjak dari tempat, begitu juga dengan informasi tagihan listrik. Berikut beberapa cara mengecek tagihan listrik.

Cara pertama mengecek tagihan listrik adalah dengan berkunjung ke web resminya. Setelah itu, anda cari kolom yang menunjukkan cek rekening. Ketika halaman selesai dibuka, masukkan nomor ID pelanggan anda, nomor ID ini sebanyak 12 digit. Bila sudah, klik kolom cek dan tunggu sebentar. Setelah halaman selesai dimuat anda bisa tahu besarnya tagihan listrik yang harus dibayar sehingga anda lebih bisa menyiapkan dana. Cara cek tagihan listrik yang satu ini dulunya cukup populer karena dinilai praktis. Anda hanya perlu terkoneksi dengan internet dan anda sudah tahu besarnya tagihan yang harus dibayar tanpa harus berkunjung ke PLN. Namun, karena sekarang hampir semua orang punya smartphone atau android, PLN melakukan inovasi baru dengan membuat aplikasi sehingga akses pelanggan seputar PLN dan tagihan listriknya bisa lebih leluasa diakses.

Ilustrasi Tiang Listrik

Cara cek tagihan listrik dengan menggunakan smartphone hampir sama dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Anda perlu mengkoneksikan device anda ke internet. Bedanya, mengecek besarnya tagihan listri via android mengharuskan anda mengunduh aplikasi buatan PLN. Jangan khawatir karena aplikasi tersebut gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Setelah aplikasi selesau diunduh, pastikan anda sudah melakukan pemasangan pada smartphone. Adapun fitur yang melengkapi aplikasi ini selain informasi tagihan anda adalah informasi mengenai tagihan listrik real time bulanan dan juga bisa dipakai untuk mengecek dari seluruh wilayah indonesia. Sangat praktis dan efisien bila dibandingkan dengan cara lama yang harus berkunjung langsung ke tempat dan menanyakan besarnya tagihan bulanan. Selain itu, dengan cara cek via android anda bisa memperkirakan besarnya tagihan listrik bulan depan.

Lihat Juga: Cara Cek Saldo Bank Mandiri dengan Mudah

Membayar tagihan listrik tidak harus langsung datang ke PLN pusat. Ada banyak sekali cara untuk membayar tagihan listrik. Memang, dulu orang lebih suka datang langsung ke PLN karena dinilai cara yang paling praktis. Tapi, dibalik cara yang disebut-sebut sebagai cara terpraktis ini ternyata ada antrian panjang menunggu. Kini anda bisa membayar tagihan listrik di kantor pos dan beberapa mini market modern. Mudahnya akses internet yang bisa dilakukan setiap orang juga bisa dilakukan untuk membayar tagihan listrik. Salah satunya adalah internet banking. Selain internet banking, sms banking juga kini bisa digunakan untuk membayar listrik. Bila anda masih bingung menggunakan internet dan sms banking, anda dipermudah dengan adanya ATM. ATM kini juga bisa digunakan untuk bayar listrik. Sudah tahu cara cek tagihan listrik dengan mudah? Sekarang jangan sampai telat bayar.

tags: ,