Cara Mudah Mengetahui Batu Akik Bacan Asli

Rabu, Maret 18th 2015. | Batu Akik

Cara Mudah Mengetahui Batu Akik Bacan AsliIdzsn.com | Batu akik kini makin digemari masyakarat Indonesia, Baik itu orang dewasa maupun orang tua. Demi mendapat batu akik, mereka rela merogoh kocek dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah, tergantung jenis batu yang diingini-nya.

Butuh kejelian Memang dan juga sikap hati-hati untuk dapat mem-beli batu akik sebab harganya yang tergolong mahal. Perihal ini mesti dilakukan agar pembeli tidak keliru mem-beli atu akik yang imitasi. Salah seorang pedagang batu akik di Pasar Dargo, Semarang, Jawa Tengah, mengungkap perbedaan batu akik imitasi dan juga batu akik asli.

“Yang membedakan Batu akik asli tersebut dapat dilihat dari urat, berat, dan juga tingkat kekerasannya. Akik imitasi kebanyakan tidak memiliki serat, berat dan juga tingkat kekerasannya lebih rendah dari yang asli, ” kata orang itu seperti yang kami dengar.

Di Semarang, Pasar Dargo adalah sentra pedagang dan juga pengrajin batu akik. Menurut orang itu, perihal ter utama yang membedakan batu asli ataupun palsu dilihat dari tingkat kekerasannya.

“Berlian tersebut tingkat kekerasannya sepuluh, rubi dan juga safir tersebut tingkat kekerasannya sembilan, bacan tersebut tingkat kekerasannya enam hingga tujuh, ” terang orang itu yang telah berkecimpung di business batu akik semenjak setahun belakangan tersebut.

Namun, orang itu mengakui tingkat keaslian batu akik sulit dimengerti masyarakat awam. Dia mengibaratkan memahami keaslian batu akik butuh waktu seperti anak yang baru pertama kali belajar mem-baca.

Sebab begitulah, kata orang itu kepada kami, mem-beli batu akik jua berbicara soal rasa saling percaya yang dipertaruhkan antara pembeli dan juga penjual. “Kuncinya di kepercayaan. Caranya bagaimana? minta garansi, kalau palsu dapat dikembalikan, ” beber orang itu.

Menurut orang itu, menjaga kepercayaan konsumen men-jadi perihal utama bagi pedagang dan juga pengrajin batu akik. “Kalau ketahuan jual akik palsu, tersebut dapat mengurangi kepercayaan pembeli. Kita jua malu dengan pedagang yang lainnya, ” sebut orang itu.

Khusus untuk batu akik bacan, kata Wawan, ada cara yang sederhana mengenai asli ataupun palsu batu mulia dari Maluku tersebut. Batu akik bacan ditempelkan ke layar sentuh tablet smartphone Samsung dan juga dipakai untuk menjalankan aplikasi.

“Kalau dapat bergerak berarti asli. Batu Bacan dan juga batu akik Garut Hijau tersebut dapat menggerakkan layar tablet Samsung. Di luar Bacan dan juga Garut Hijau, Samsung tidak dapat bergerak, ” kata orang itu.

Baca Juga: Batu Akik Pacitan

tags: