Cara Transfer Uang Lewat Atm Ke Bank Yang Sama

Senin, April 11th 2016. | Nasional

Cara Transfer Uang Lewat Atm _ Semakin banyak orang yang menggunakan bank sebagai tempat menyimpan uang. Selain itu ATM juga banyak digunakan oleh orang-orang untuk mempermudah pengambilan uang. Namun bukan hanya pengambilan uang saja yang bisa dilakukan menggunakan ATM. ATM juga memudahkan anda untuk melakukan transfer uang. Hanya saja terkadang ada orang yang masih kurang paham bagaimana cara transfer uang lewat ATM. Untuk itu dalam artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara mentransfer uang lewat ATM baik antara bank yang sama maupun bank yang berbeda.

Jika dulu transfer uang biasanya dilakukan melalui wesel atau pos, kemudian melalui bank langsung melalui teller, maka kini ada cara yang lebih praktis lagi yaitu menggunakan ATM. Jika transfer uang melalui teller bank dibatasi dengan jam kerja bank yang biasanya hanya sampai jam 3 atau 4 sore saja, maka dengan ATM anda bisa melakukan transfer uang kapanpun dan dimanapun. Uang yang anda kirim pun akan langsung masuk ke rekening penerima. Berikut ini adalah cara mentransfer uang lewat ATM.

Pertama adalah cara transfer uang lewat ATM kepada rekening bank yang sama, misalnya dari Mandiri ke Mandiri, dari BNI ke BNI, dan sebagainya. Langkah pertama tentunya anda harus pergi ke ATM bank milik anda atau ATM lain yang memiliki logo ATM bersama. Kemudian masukan kartu ATM anda seperti biasa. Bagi anda yang baru pertama kali menggunakan ATM maka caranya adalah masukan kartu dengan posisi logo bank diatas. Kemudian setelah kartu dimasukan maka akan muncul menu masukan pin. Pada langkah ini anda perlu teliti jangan sampai salah memasukan pin apalagi sampai 3 kali. Karena jika anda salah memasukan pin 3 kali maka kartu ATM anda akan terblokir. Selanjutnya mungkin akan ada menu bahasa (bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) maka pilihlah bahasa Indonesia atau apapun yang anda inginkan. Namun menu ini mungkin tidak ada untuk beberapa ATM.

Selanjutnya akan muncul berbagai menu, pilihlah menu transaksi lain, biasanya terletak di pojok kanan bawah. Selanjutnya pilih menu transfer dan anda akan masuk ke menu masukan nomor rekening tujuan anda. Masukanlah nomor rekening tujuan anda dan jika sudah pilih tombol “benar” atau “lanjutkan”. Selanjutnya masukan jumlah uang yang akan anda kirim. Setelah memastikan digit jumlah uang yang anda kirimkan maka pilih lagi tombol “benar” atau “lanjutkan”. Masukan nomor referensi jika diperlukan, namun anda juga bisa melewati langkah ini.  Pilih lagi tombol “benar” atau “lanjutkan” lagi dan layar akan menunjukan data transaksi anda. Cek lagi dan pilih tombol “benar” atau “lanjutkan”. Transaksi akan diproses dan akan keluar struk bukti transaksi, simpanlah struk jika diperlukan. Selanjutnya adalah cara transfer uang lewat ATM ke bank yang sama.

Baca Juga: Cara Cek No Resi Pengiriman JNE Online

Untuk transfer ke bank lain sebenarnya hampir sama dengan cara diatas. Perbedaan hanya ada pada langkah memasukan nomor rekening tujuan. Untuk transfer ke bank lain maka saat memasukan nomor rekening tujuan anda tambahkan 3 digit angka kode bank tujuan anda. Maka jika anda ingin transfer uang ke rekening bank lain pastikan anda mengetahui kode bank tersebut. Jika anda belum mengetahuinya anda bisa mencari berbagai kode bank di Internet. Anda akan dengan mudah menemukannya disana. Itulah cara transfer uang lewat ATM baik ke bank yang sama maupun bank berbeda. Semoga bermanfaat.

tags: , ,