Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Rabu, April 6th 2016. | Nasional

Contoh Surat Lamaran Kerja _ Sebagai awal mencari pekerjaan disuatu perusahaan yang sediakan lowongan kerja, Umumnya diawali dengan bikin surat lamaran kerja. Baik itu perusahaan umum, Bank, CPNS, bahkan juga seseorang perawat juga tetaplah juga membutuhkan sebuah cv lamaran kerja.

Memang tidaklah susah untuk membuatnya namun bakal memerlukan waktu untuk membuat rangkaian kalimat hingga membuat satu surat lamaran kerja yang baik serta benar lantaran hal semacam ini bakal memberi kesan pertama yang baik serta memberi kesempatan untuk di terima jadi satu diantara karyawan.

Kesan pertama dari satu surat lamaran kerja pasti bakal begitu memastikan langkah setelah itu dari hal melamar kerja anda, pikirkan saja bila surat lamaran yang anda bikin tidaklah baik, kalimatnya tak rapi, bertele-tele serta kurang menarik, saya sangka pihak HRD perusahaan bakal langsung melewati surat lamaran kerja anda tanpa ada membacanya terlebih memperhitungkan lamaran anda. Hal seperti inilah yang perlu kita hindari bukan?

Untuk tersebut saya bakal memberi panduan pada anda langkah membuat surat lamaran kerja serta dan dibarengi dengan contoh surat lamaran kerja agar bisa anda tiru hingga dapat anda gunakan untuk melamar kerja secepat-cepatnya.

  • Jenis-jenis Pekerjaan Yang ada di Indonesia

Pegawai Negeri Sipil, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian RI, Perdagangan, Petani / Pekebun, Peternak, Nelayan / Perikanan, Industri,, Konstruksi, Transportasi, Karyawan Swasta, Karyawan BUMN, Karyawan BUMD, Karyawan Honorer, Buruh Harian Lepas, Buruh Tani / Perkebunan, Buruh Nelayan / Perikanan, Buruh Peternakan, Pembantu Rumah Tangga, Tukang Cukur, Tukang Listrik, Tukang Batu, Tukang Kayu, Tukang Sol Sepatu, Tukang Las / Pandai Besi, Tukang Jahit, Penata Rambut, Penata Rias, Penata Busana, Mekanik, Tukang Gigi, Seniman, Tabib, Paraji, Perancang Busana, Penterjemah, Imam Masjid, Pendeta, Pastur, Wartawan, Ustadz / Mubaligh, Juru Masak, Promotor Acara, Anggota, DPR-RI, Anggota DPD, Anggota BPK, Presiden, Wakil Presiden, Anggota Mahkamah Konstitusi, Anggota Kabinet / Kementerian, Duta Besar, Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota, Wakil Walikota, Anggota DPRD Propinsi, Anggota DPRD Kabupaten / Kota, Dosen, Guru, Pilot, Pengacara, Notaris, Arsitek, Akuntan, Konsultan, Dokter, Bidan, Perawat, Apoteker, Psikiater / Psikolog, Penyiar Televisi, Penyiar Radio, Pelaut, Peneliti, Sopir, Pialang, Paranormal, Pedagang, Perangkat Desa, Kepala Desa, Biarawati, Wiraswasta dan Masih Banyak Yang Lainnya.

  • Cara Buat Surat Lamaran Kerja

Sebuah surat lamaran kerja tdk serta merta asal membuatnya namun mesti memerhatikan format, ataupun tata langkah pemakaian bhs beserta kesiapan surat pendukung yang lain supaya jadi lebih lancar, oleh karena itu saat sebelum membuat surat lamaran kerja itu perlulah menyiapkan serta memerhatikan panduan seperti berikut ini :

  • Gunakan bhs yang baik serta benar, Susun kalimat – kalimat surat lamaran kerja dengan baik serta benar janganlah memakai bhs gaul yg tidak pantas tercantum.
  • Tulislah dengan kalimat yang sopan, Jangan sampai lupa memakai kalimat yang sopan, serta janganlah memakai kalimat yang berkesan menyombongkan diri.
  • Upayakan menulis manual dengan rapi, Sampai sekarang ini ada banyak perusahaan yang lebih suka pada surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual memakai ballpoint, lantaran bakal gampang menilainya kepribadian seorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Usahakan supaya tak kotor serta corat-coret tulisan anda.
  • Sediakan dan lengkapi kriteria dari perusahaan, Janganlah lupa lengkapi surat-surat yang diperlukan maupun disyaratkan dari perusahaan
  • Lampirkan sertifikat pendukung lainnya, Bila ada sertifikat lain bisa saja turut dilampirkan untuk memberikan persyaratan kekuatan anda, hingga pihak HRD lebih memperhitungkan anda.

Sebuah surat lamaran kerja sesungguhnya tak memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya, Namun Anda perlu melakukan dengan baik serta benar ikuti aturan ataupun tata langkah penulisan yang pas seperti diterangkan diatas. Oleh karenanya supaya lebih gampang membuatnya, Anda perlu memerhatikan contoh surat lamaran kerja yang ada berikut ini serta kerjakan latihan terlebih dulu sampai sukses menulisnya dengan baik serta benar.

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA

                                                                                                                       Bandung, 12 Oktober 2012

Kepada Yth :
HRD PT. JAMSOSTEK ( Persero )
Di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                              : Nendi Sofiandy, Amd.Kep
Tempat / Tanggal Lahir  : Ciamis, 31 Mei 1986
Jenis Kelamin                 : Laki – Laki
Agama / Status                : Islam / Menikah
Pendidikan                       : D-3 Keperawatan
Alamat                             : Cibangkong Rt 003 / Rw 003, Kec. Pekuncen, Kab.
Banyumas – Jawa Tengah
No HP                             : 0813 1296 1230

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, HRD PT. JAMSOSTEK ( Persero ) sedang membutuhkan karyawan baru, dengan ini saya mengajukan surat permohonan lamaran pekerjaan untuk posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :

1.    Fotokopi  Ijazah
2.    Fotokopi Transkip Nilai
3.    Daftar Riwayat Hidup
4.    Fotokopi KTP
5.    Fotokopi Surat Tanda Pencari Kerja
6.    Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
7.    Pas Foto 4 x 6  ( 2 Lembar )
8.    Fotokopi Sertifikat Kursus Bahasa Inggris Dan Komputer
9.    Fotokopi Sertifikat Pengalaman Kerja

Demikian surat permohonan lamaran pekerjaan ini saya sampaikan, besar harapan saya untuk bisa diterima sebagai karyawan di HRD HRD PT. JAMSOSTEK ( Persero ).
Atas pertimbangannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Nendi Sofiandy, Amd.Kep

CONTOH DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Yang bertandatangan dibawah ini :

Nama                      : Nendi Sofiandy, Amd.Kep
Tempat/Tgl. Lahir   : Ciamis, 31 Mei 1986
Jenis Kelamin         : Laki – Laki
Kewarganegaraan   : Indonesia
Agama / status        : Islam / Menikah
No. Identitas           : KTP No. 3207213105860001
Alamat                    : Cibangkong Rt 003 / Rw 003, Kec. Pekuncen, Kab. Banyumas
No HP                     : 0813 1296 1230

Pendidikan :

1.    SD Negeri Tunggilis 2                                     Lulus Tahun 1999    Berijazah
2.    SMP Negeri 3 Padaherang                               Lulus Tahun 2002    Berijazah
3.    SMA Negeri 1 Banjarsari                                Lulus Tahun 2005    Berijazah
4.    Akademi Keperawatan Al – Irsyad Cilacap    Lulus Tahun 2008    Berijazah

Pengalaman Kerja:

1.    Kerja sebagai Perawat di RSI Purwokerto dari Februari 2009 – Juni 2010
2.    Kerja di Klinik Muhammadiyah Purwokerto dari Juni 2010 – Agustus 2010
3.    Kerja di PT. ASKES ( Persero ) Cabang Purwokerto dari Agustus 2010 – Desember 2012
4.    Kerja di PT. Medika Pratama Bandung dari Januari 2012 – September 2012

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Bandung, 09 Oktober 2012

Hormat saya,

Nendi Sofiandy, Amd.Kep

Sekian sebagian contoh surat lamaran kerja, saya berharap dari artikel ini bisa memberi faedah terlebih untuk anda yang tengah berusaha untuk mencari pekerjaan, Akhir kalimat saya doakan supaya Anda selekasnya memperoleh pekerjaan yang sesuai sama hasrat serta bisa memberi sumbangsih yang besar untuk Anda serta Keluarga anda.

tags: ,