Desain Kapal Induk Buatan Indonesia

Selasa, Januari 13th 2015. | Nasional

Desain Kapal Induk Buatan IndonesiaIdzsn.comPT. PAL  Berencana Membangun Kapal Induk Helikopter Terbesar di Asia Tenggara. Kapal Induk Star-50 rancangan PT. PAL. BUMN produsen kapal, PT PAL Surabaya (Persero) berencana mengembangkan kapal induk versi militer. Kapal ini nantinya mampu didarati hingga 8-14 unit helikopter. Kapal induk versi Indonesia ini, merupakan pengembangan dari kapal tipe Double Skin Bulk Carrier, Star-50 dengan berat 50.000 ton bobot mati (DWT). “Star 50 dirancang untuk kapal induk. Kita siapkan rancangan. Dirancang untuk 8 helikopter. Belum termasuk yang disimpan di hanggar, kemungkinan bisa sampai menyimpan 14 helikopter” ucap Petugas Penjaga Stand PAL Utario EP kepada detikFinance di acara Kongres Diaspora, JCC Senayan Jakarta.

Kapal induk versi Indonesia

Kapal Induk ini Juga Akan memuat Pesawat Tempur Su 33 dan juga Mig 29 Fullcrum, yang adalah satu paket sehingga tidak seperti Kapal Induk Liaoning yang masih mencari pesawat tempur yang bersesuaian. Nanti-nya kapal induk ini akan beroperasi di Samudra Hindia dan juga pada tahun-tahun yang akan datang juga akan di beli Kapal Induk dari Spanyol, Rusia dan juga Inggris tergantung pada kesepakatan yang akan dicapai dengan tim-tim yang dikirim oleh Pemerintah RI di akhir tahun 2014 dan juga awal tahun 2015.

Adapun Nama Kapal Induk yang diusulkan diantaranya adalah Suharto, Sukarno, dan juga sejumlah nama-nama Raja-raja kerajaan di Nusantara ini. Apapun namanya, kita patut berbangga ke-pada Tentara negara indonesia, bahwasanya ditengah himpitan ekonomi dan juga minimnya anggaran, Tentara negara indonesia mampu merespon tantangan-tantangan dari luar dengan menghadirkan deretan alutsista gahar sehingga mendesakkan musuh untuk tidak gegabah menghadapi Indonesia.

Kapal induk versi Indonesia

Sekarang Ini Memang PT. PAL tengah mengembangkan Kapal Induk untuk Helikopter, PT. PAL percaya diri mampu membangun kapal sebesar itu. Kemampuan itu terbangun oleh keberhasilan PT PAL dalam me-menuhi permintaan pembangunan kapal yang paling besar yakni 50. 000 ton yang dipesan oleh berbagai perusahaan pelayaran internasional. Kapal induk helikopter buatan PT. PAL memiliki kapasitas helipad sebanyak enam helikopter.

Apabila TNI AL memiliki kapal perang jenis ini maka bakal men-jadi pendukung utama dalam sistem pertahanan maritim Indonesia. Kapal ini akan diproyeksikan selaku kapal induk helikopter. Sebab Indonesia tidak mempunyai musuh, dan juga cuma dikhususkan bagi pertahanan ataupun defensif, maka kapal ini cuma layak dinamakan LPD ataupun “Amphibious transport dock”. TNI AL memesan beberapa jenis kapal ini dari PT PAL yang dikerjakan bersama dengan Daewoo korea.

Baca Juga: Kapal Induk Terbesar dan Tercanggih di Dunia