Doa Bangun Tidur dan Sebelum Tidur dalam Islam

Jumat, Februari 26th 2016. | Berita Islam

Berita Islam Masa Kini _ Sebagai seorang manusia normal seperti yang lainnya, kita pasti mempunyai rasa lelah, apalagi setelah bekerja seharian, kita pasti membutuhkan istirahat, dalam hal ini tidur. Namun, sadar atau tidak sebagai seorang muslim kita diharuskan menjadikan tidur sebagai ibadah seperti aktivitas-aktivitas yang lain, karena sejatinya manusia diciptakan untuk beribadah. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana menjadikan tidur itu sebagai ibadah. Caranya adalah mengikuti adab saat tidur dalam ajaran islam, salah satunya denagn doa. Kita sebagai manusia hendaknya selalu berdzikir dalam keadaan apapun termasuk pada saat akan tidur dan sesudahnya, atau bangun tidur.

Kenapa manusia senantiasa diharuskan berdzikir dan mengingat Alloh SWT karena pada hakikatnya Alloh lah yang maha mengetahui apa yang di butuhkan oleh setiap hambanya, sehubungan dengan amalan tentang tidur adalah kita berdoa kepada Alloh karena Alloh tau apa yang akan kita kerjakan sebagai hambanya dan maka Alloh minidurkan kita agar kita senantiasa sehat dan kembali beraktivitas dan tentunya beribadah kepada Alloh.

Dalam amalan doa saat akan dan setelah tidur kita diingatkan tentang kematian yang pastinya akan menghampiri seuluruh umat manusia, seperli layaknya tidur yang harus diawali dengan doa atau dzikir dan bangun dengan kembali mengucapkan doa, diibaratkan kita meninggal dengan terus berdzikir kepada Alloh SWT dan selalu ingat kepada Nya, seblum kkita menutup mata, karena saat tertidur kit dalam keadaan tidak sadar laayaknya mati, dan doa bangun tidur adalah perumpamaan atau gambaran kita yang akan di bangkitkan setelah kita meninggal kelak.maka dari itu tidur adalah gambaran orang meninggal kelak, maka dari itu kita diingatkan agar selalu berdzikir dan mengingat amalan-amalan yang baik.

DOA SEBELUM TIDUR DAN SESUDAH BANGUN TIDUR

Doa Sebelum Tidur  :

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

bismikallahumma ahya wa amutu

Artinya : Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

Doa ketika Bangun Tidur :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Artinya : Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit

Pada saat kita tidur sebenarnya syetan telah membuat tiga ikatan kepada manusia, dan kita hanya bisa membuka ikatan itu dengan amalan-amalan dalam hal ini doa dan Sholat. Kita sebagai umat manusia mendapatkan malam yang panjang, dan jika kita bangun dan berdzikir maka terbukalah satu ikatan, dan selanjutnya jika kita berwudhu maka terbukalah ikan kedua dan yang ketiga jika kita Sholat maka terbukalah ikatan yang ketiga. Maka pada saat kita terbangun kita akan merasa segar dan bersemangat. Sebaliknya jika kita tidak mengamalkannya maka kita akan terbangun dalam keadaan lesu dan malas untuk melanjutkan aktifitas.

  1. Untuk membuka ikatan yanag pertama adalah denan bangun dan membaca  doa bangun tidur atau dzikir
  2. Yang kedua adalah dengan mengambil wudhu
  3. Yang ketiga adalah dengan melaksanakan sholat, dalam hal ini sholat subuh.

Jika kita terbangun sebelum waktu subuh maka hendaknya kita melaksanakan sholat sunnah 2 rokaat sebelum sholat subuh, setelah itu bersiap-siap berangkat ke masajid untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah, karena sholat berjamaah pahalanya 27 kali lipat dari pada sholat dirumah, dan sholat subuh berjamaah dimasjid seoalh-olah kita beribadah sepanjang malam.

Baca Juga: Pengertian dan Perbedaan Haji dan Umroh

Jika ketiga ikatan syetan itu terbuka maka kita akan terbangun dengar segar dan bersemangat, dan sebalikya jika tidak kita akan merasa malas dan lesu tidak semangat untuk menjalani aktivitas dan rutinitas, maka dari itu perlu kita amalkan doa sebelum tidur dan doa bangun tidur seperti yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad SAW, agar kita terhindar dari sifat malas, karna sesungguhnya seorang yang memiliki sifat malas adalah teman dari syetan. Demikian sedikit uraian tentang manfaat doa setelah banagun tidur semoga bermanfaat.

tags: , ,