Doa Doa Mustajab Agar Selalu ditolong Allah

Minggu, Maret 6th 2016. | Berita Islam

Cara Supaya Doa Doa Mustajab _ Jika kita ingin doa kita diijabah oleh Alloh SWT, kita arus mengetahui bagaimana doa doa mustajab, apakah itu waktunya, ataupun caranya. Yang tidak kalah pentingnya adalah kita juga harus tau apa saja yang dapat menghalangi doa kita.

Jadi intinya adalah, kita harus tau adab berdoa yang sesuai dengan syariah,waktu yang mustajab untuk berdoa, apa saja hal-hal yang mungkin bisa menghalangi doa kita untuk menjadi mustajab, dan mengiringi doa kita dengan taubat dan sedekah.

Sedikit Uraian agar doa kita mustajab

Al-Quran adalah Sumber dari ilmu pengetahuan yang sampaikapanpun tak akan habis jika kita mw terus untuk mengkajinya, salah satu isi Al-Quran yaitu kisah para Nabi dan orang-orang pilihan yang tidak lain adalah untuk kita teladani. Tidak terkecuali cara-cara dalam melaksanakan doa.

  • Pada Waktu Spertiga Malam

Kenapa di waktu sepertiga malam adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa, adalah karena pada waktu itu adalah waktu dimana Alloh sangat dekat dengan manusia, karena pada sepertiga malam itu Alloh SWT turun kelangit manusia. Maka pada saat itu jika kita berdoa dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati maka niscaya Alloh akan mengabulkan doa hambanya.

  • Waktu Hari Jumat

Ada dua pendapat tentang mustajabnya doa pada hari jumat, yaitu tentang waktunya. Pendapat yang pertama adalah waktu yang mustajab adalah pada waktu sholat jumat, tepatnya saat khotib duduk di atas mimbar hingga selesainya sholat jumat,dan pendapat yang kedua adalah  ba’da Azhar hingga mahrib. Tentu saja keduanya adalah waktu yang baik dan mustajab untuk berdoa karena keduanya memiliki landasan yang kuat.

  • Berdoa Diwaktu Lapang

Doa doa mustajab selanjutnya adalah doa diwaktu lapang.Kebanyakan dari kita akan benar benar brdoa kepada Alloh hanyalah saat kita berada di dalam kesulitan padahal lebih dari itu, doa seorang yang ingin dikabulkan saat berada dalam kesusahan hendaknya berdoa juga dalam keadaan lapang karna justru doa dalam keadaan lapang adalah lebih mustajab. Tidak ada esuatu yang paling mulia disis Alloh kecuali doa diwaktu lapang.

  • Diwaktu Sujud Terakhir Dalam Sholat

Keadaan paling dekat seorang hamba dengan Tuhannya adalah pada saat bersujud dalam Sholat, maka hendaknya berdoalah saat kita bersujud, terutaa pada sujud terahir saat Sholat.

  • Doa Yang Diawali Dengan Asmaul Khusna

Alloh memiliki banyak nama, yang dimaksud disini adalah Asmaul Khusna dan tentu saja Alloh senang kepada hamba-hamba yang menyerukan namanya, maka hendaklah bedoa dengan di awali dengan menyerukan namanya.

  • Diawali Dengan Izmul A’zham

Berdoalah dengan terlebih dahulu memuja dan memuji keagungan Alloh, maka Alloh akan mengabulkan doamu.

  • Diawali Dengan Kalimat Tauhid

Doa doa yang mustajab selanjutnya adalah barang siapa yang berdoa dengan kalimat yang lima, maka niscaya doanya akan dikabulkan, dan yang dimaksud degan kalimat lima itu adalah kalimat tauhid.

  • Diawali denagn Arrhamarr raahimiin

Sesungguhnya Alloh memiliki malaikat yang mewakili Nya, barang siapa yang berdoa diawlai denag Yaa Arrhamarraahimiin sebanyak tiga kali, maka malaikat akan menjawab, bahwa doamu telah dikabulkan oleh Alloh SWT.

  • Yakin akan Dipenuhi Tau Dikabulkan

Alloh maha mengetahui apa yang ada dalam pikiran hambanya, maka janganlah sekali-kali berdoa denagn keraguan, karna Alloh akan mengikuti segala prasngka hambanya.

  • Rendah Hati Dengan Suara Lembut

Berdoalah kepada Alloh denagn Rendah Hati dan suara Lembut, Karna Sesungguhnya Alloh tidak menyukai Orang yang berlebih-lebihan.

  • Dengan Rasa Takut dan Penuh Harap

Doa doa yang mustajab selanjutnya ,Alloh menyukai Orang-orang yang berdoa penuh denagn rasa takut dan penuh harap.

  • Mendoakan Orang Lain Tanpa Diketahuinya

Doa Seorang Muslim Untuk Saudaranya dari tempat yang jauh tanpa diketahuinya, niscaya akan dikabulkan oleh Alloh.

  • Doa Orang Yang Di Dzalimi

Takutlah kepada doa orang yang terdzalimi karena doa orang yang terdzalimi niscaya akan diijabah oleh Alloh SWT.

  • Doa Pemimpin Yang Adil Dan Orang Yang Berpuasa

Tiga golongan yang doanya tidak akan di tolak oleh Alloh adalah, doa pemimpin yang adil, orang yang berpuasa, dan doa orang yang terdzalimi.
Diulang 3 Kali

Nabi Berdoa sebanyak tiga kali, meminta juga tiga kali, maka jika kita berdoa tiga kali seperti yang di contohkan nabi, maka akan dikabulkan.

  • Doa Bukan Untuk Kecelakaan

Janganlah berdoa untuk kerusakanmu, keluargamu, dan sodara-sodaramu, karna siapa tahu sewaktu kamu meminta Alloh akan mengabukannya.
Bukan Untuk Dosa, Memutuskan Silaturahmi, dan Jangan Tergesa-gesa.

Senantiasa diterima doa hamba Allaoh asalkan tidak untuk berbuat dosa, memujtuskan silaturahmi, dan tergesa-gesa. Yang dimaksud tergesa-gesa disini adalah ingin cepat-cepat dikabulkan.

Baca Juga: Do’a Sebelum dan Sesudah Belajar

Demikian doa doa yang mustajab, tentu saja kembali kepada kita, bagaimana kesungguhan kita dalam berdoa, Alloh maha tahu apa yang diperlukan oleh hambanya. Semoga bermanfaat.

tags: , ,