Doa Sebelum Makan Manfaat Beserta Maknanya

Sabtu, Maret 12th 2016. | Berita Islam

Doa Sebelum Makan _ Makan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menutrisi semua organ tubuh. Kita bisa melakukan kegiatan makan dimana saja mulai dari warung tegal, dirumah, maupun di restoran. Selama ini mungkin kita hanya berfokus untuk memikirkan harga dan rasa dari setiap makanan di hadapan kita. Namun tahukah Anda satu hal yang sering dilupakan ketika kita menyantap makanan yakni mengucapkan Doa Sebelum Makan. Bagi seseorang yang sudah terburu-buru ingin segera menyantap makanan biasanya tidak melafalkan ayat atau bacaan untuk membuka santapan atau tidak benar dalam melafalkannya dan terkesan buru-buru. Kita tahu Tuhan lah yang menciptakan seluruh isi Bumi termasuk makanan yang kita makan. Setiap masakan juga memiliki resiko yang membahayakan tubuh kita setiap saat. Tanpa mengurangi rasa hormat, sebaiknya kita lebih mengutamakan berdoa sebelum makan daripada memperhatikan tekstur dan rasa dari makanan tersebut.

Tuhan telah memberikan makan dan minum kepada umatnya dan itu merupakan satu rezeki utama dari Tuhan yang memerlukan sedikit usaha dari manusia. Kenapa harus memerlukan usaha, coba Anda bayangkan Tuhan tidak akan menjatuhkan makanan dari langit. Manusia harus berusaha sendiri dalam mencari atau membuatnya. Tanaman, tanah, dan air merupakan kekayaan alam yang Tuhan ciptakan kepada manusia. Sesungguhnya makna sebuah makanan dalam pandangan Islam adalah sebuah karunia dari TUhan, karena seijin-Nya setiap rezeki akan terus menghampiri umatnya. Jadi dalam melaksanakan Doa Sebelum Makan, kita harus benar-benar mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan atas semua nikmat yang telah Ia berikan kepada manusia. Mungkin Anda pernah berpikir setiap manusia dapat makan makanan yang berbeda beda setiap hari, namun situ semua adalah bagian dari rencana Tuhan. Manusia hanya bisa berusaha, menerima, dan bersuyukur.

DOA SEBELUM MAKAN DAN SESUDAH MAKAN

Doa Sebelum Makan

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar”

Artinya : Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin”

Artinya : Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam

Ada beberapa manfaat dari melakukan Doa Sebelum Makan yang secara tidak sadar kita dapatkan. Yang pertama adalah menjadi satu rasa syukur kepada Tuhan telah memberikan makanan yang layak kepada kita, kemudian menghindarkan kita dari mara bahaya, bayangkan jika makanan yang akan kita makan terdapat kandungan racun maka itu bisa ditangkal dengan doa, namun ada yang berpendapat kenapa banyak orang yang sudah berdoa lalu menginggal dunia karena menyantap makanan yang telah diberi racun. Itu memang benar terjadi karena ijin dari Tuhan, namun setidaknya sebelum meninggal Anda sudah mengucapkan rasa syukur kepadaNya dan menyadari keagunganNya. Manfaat selanjutnya adalah terbebas dari siksa neraka, dimana setiap orang yang selalu mengucap syukur kepada Tuhan maka hidupnya akan damai. Itu adalah satu modal penting agar terhindar dari siksa neraka. Makan jadi lebih tenang, karena setiap rasa gundah, gelisah, atau marah dapat dihilangkan dengan memanjatkan doa.

Baca Juga: Do’a SebelumTidur dan Setelah Bangun Tidur

Habiskanlah setiap makanan yang Anda santap adalah satu perintah untuk kita agar selalu memanfaatkan semua rezeki yang kita terima. Doa Sebelum Makan mengandung permohonan untuk tetap hidup sejalan dengan perintah Tuhan dan terhindar dari mengkonsumsi makanan yang mengandung unsure maksiat. Tidak sedikit orang meragukan kualitas makanan yang akan Ia makan, itu sama halnya dengan meragukan rezeki dari Tuhan. Padahal Tuhan tidak pernah memberikan semuanya secara setengah-setengah. Apapun makanan yang tersedia pada saat itu hendaknya Anda santap dengan sopan dan penuh rasa syukur. Semoga dengan ulasan di atas Anda bisa lebih mengerti apa pentingnya melakukan doa sebelum menyantap makanan dan minuman.

tags: , ,