Gambaran Surga Menurut Alquran dan Hadist

Sabtu, Mei 21st 2016. | Berita Islam

Allah telah menjanjikan kepada setip hamba-Nya yang selau rajin beramal sholeh, beriman, bertakwa kepada-Nya, berbuat baik serta selalu mengikuti dan taat kepada syariah rosul-Nya, ada surga yang indah. Sudah di nash di alquran dan hadist gambaran surga yang indah dan mempesona dan tidak ada bandingannya dengan apa yang ada di dunia ini. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang ada di alquran surat al-baqarah ayat 25 yang menjelaskan bahwa akan ada kabar gembria bagi orang beriman yang akan disediakan surga dengan keindahannya.

Untuk gambaran surga sendiri yang telah dijanjikan oleh Allah, secara umum surga itu digambarkan penuh dengan keindahan, kesenangan dan kegembiraan serta siapapun yang sudah masuk surga maka akan kekal. Di surga tidak ada orang buruk rupa dan seluruh penduduk di dalamnya usianya mudah sekitar 17 tahunan. Wanitanya cantik-cantik dan prianya tampan dan gagah. Di surga tidak ada kedinginan, kepanasan, suhunya selalu sejuk dan dikelilingi mata air yang mengaliri dengan penuh kenikmatan dan keindahan. Hal ini sesuai dengan firman Allah di surat al-insan ayat 11-15. Berikut ini beberapa gambaran surga menurut alquran dan hadist, diantaranya:

  • Surga merupakan kehidupan yang nyaman, aman serta kekal dan tidak pernah mati jika sudah di dalamnya.
    Sesuai dengan firman Allah dalam surat ad-dukhan ayat 51-57 yang intinya bagi orang bertakwa pasti akan mendapatkan tempat yang aman dalam mata air dan taman-taman yaitu surga. Pakaiannya sutera tebal dan akan diberikan bidadari, tinggal meminta apapun yang diinginkan dan tidak akan pernah merasakan mati dan Allah akan memelihara penghuni surga dari siksaan neraka.
  • Jika hidup di surga pasti damai tanpa adanya perselisihan. Semua penghuninya bersaudara dan hidup rukun selamanya.
    Hal ini sesuai dengan surat al-hijr ayat 45-48 yang intinya adalah sesuungguhnya penghuni surga ketika sudah masuk di dalamnya akan sejahtera dan aman. Tidak ada sedikit pun rasa dendam atau hati yang memiliki sifat buruk, bersaudara satu sama lain dan tidak akan merasa lelah dengan apapun yang dilakukannya.
  • Penghuni surga hidup bersama keindahan dengan semua kemewahan.
    Hal ini sesuai dengan surat al-kahfi ayat 30-31 yang intinya adalah bagi orang beriman dan beramal sholeh serta tidak menyiakan hidup untuk mengerjakan amal baik pasti akan mendapatkan surga. Di dalamnya ada sungai yang mengalir di bagian bawah dan di surga diberikan emas permata yang tidak bandingannya, sutera hijau yang tebal dan halus.
  • Surga itu selalu bersih, tidak ada yang buang air besar pipis bahkan meludah. Semuanya nampak cantik dan tampan, selalu mudah dan memiliki kulit yang mulus dengan pakaian yang tidak akan kumal, tidak ada mati atau sakit.
    Para penghuni surga tampan, mulus dan bercelak, selalu suka dan pakaian yang digunakan tidak pernah kusut. Untuk golongan pertama masyk surga seperti bulan purnama. Tidak pernah buang air kecil atau pun air besar. Tidak pernah beringus bahkan mudah. Sisir yang digunakan terbuat dari emas dan bejana yang digunakan terbuat dari misk. Kebanyakan para penghuni surga adalah orang lemah dan miskin. Rosullullah merupakan orang yang kali pertama mengetuk pintu surga. Sesuai dengan hadist riwayat muslim.

Baca Juga: Bacaan Lafadz Takbir Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha

Itulah beberapa gambaran surga yang sesuai dengan alquran dan hadist yang perlu untuk diketahui. Betapa indah dan nikmatnya jika sudah masuk surga semua dan apapun yang diinginkan akan terjadi. Surga adalah tempat yang paling indah dan tidak ada bandingannya. Hanya orang beramal sholeh dan bertakwa yang masuk surga.

tags: ,