Guglielmo Marconi Penemu Radio Pertama di Dunia

Kamis, Juli 28th 2016. | Internasional

Guglielmo marconi merupakan orang yang pertama kali sebagai penemu radio yang lahir di Bologna, Italia 25 April 1874. Dia adalah insinyur listrik dan sudah meraih nobel. Dia terkenal sebagai seorang yang mengembangkan telegrafi tanpa kabel atau yang dikenal dengan radio. Nobel pertama kali diterima tahun 1909 bersama karl braun.

Riwayat Hidup

Guglielmo marconi mendapat pendidikan privat pada seorang guru yang usianya 20 tahunan. Tahun sebelumnya dia sudah membaca berbagai macam percobaan yang dilakukan oleh heinrich hertz. Setelah membaca percobaan yang mengenai hal gelombang elektromagnetik, dia memiliki ide yang cemerlang yaitu jenis gelombang yang bisa dimanfaatkan untuk mengirim tanpa yang dapat melintasi jarak jauh tanpa menggunakan kawat. Hal ini bisa memungkinkan untuk perkembangan alat komunikasi yang tidak bisa dilalui oleh telegram. Setahun setelahnya tepatnya pada tahun 1895 dia yakin dan berhasil untuk memprodusir jenis peralatannya.

Lalu tahun 1896 dia memperagakan alat yang ditemukan di Inggris dan mendapatkan hak paten pertama kali sebagai penemu radio. Guglielmo marconi mendirikan sebuah perusahaan yang dinamakan marconi tahun 1898. Untuk tahun berikutnya sudah sanggup mengirim berita tanpa menggunakan kawat. Dia terus berjuang untuk mempatenkan banyak penyempurnaan didasari oleh penemuannya sendiri. Lalu tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi samudera atlantik.

Guglielmo Marconi

Maka yang utama dari penemuannya dilukiskan di tahun 1909 ketika kapal S.S Republik rusak karena suatu tabrakan dan tenggalam di dasar laut. Berita radio yang ditemukan sangat membantu untuk memantau semua penumpang kecuali enam orang yang hilang. Di tahun yang sama dia berhasil mendapatkan nobel atas penemuannya itu. Lalu tahun selanjutnya dia sukses mengirimkan berita radio dengan jarak lebih dari 6000 mil. Semua jenis berita yang dikirim melalui tanda sistem berkode marconi.

Lalu ada hal baru yang dapat dilaksanakan di tahun 1915. Lalu di awal tahun 1920-an penyiaran radio bisa dilakukan dalam skala komersil. Sebuah hak paten yang mempunyai harga tinggi menimbulkan perhelatan sampai di pengadilan. Namun berbagai macam tuntutan hilang pada tahun 1914, ketika pengadilan mengakui hak paten hanya milik penemu radio pertama kali yaitu Guglielmo marconi. Lalu di tahun selanjutnya, dia terus melaksanakan penyelidikan pada bidang komunikasi microwave dan gelombang pendek.

Guglielmo marconi terkenal sebagai orang yang pertama kali menemukan radio. Paling utama adalah teorinya tentang gelombang elektromagnetik yang bisa mengirim sesuatu hal tanpa menggunakan kawat yang dikenal dengan gelombang radio. Memang dia tidak bisa menemukan televisi. Namun dari penemuannya tersebut menjadi pembuka solusi ditemukan sebuah televisi. Atas penemuannya itu yaitu radio dapat bermanfaat untuk mengirimkan berita, keperluan militer, hiburan. Tugas kepolisian, penyelidikan ilmiah. Sehingga penggunaan terus berkembang luar biasa sampai di kapal dalam lautan, mobil, pesawat yang mengudara bahkan pesawat yang ada di luar angkasa sekali pun.

Lihat Juga: Penemu TV untuk Pertama Kalinya di Dunia

Jelas salah satu jenis penemuan yang snagat penting dibandingkan telephone. Karena sesuatu yang dikirimkan lewat telephone juga bisa menggunakan gelombang radio. Sehingga pesan yang ada di telephone bisa dikirim pula lewat radio. Dengan hal inilah Guglielmo marconi sudah diakui oleh dunia sampai saat ini sebagai seorang penemu radio pertama kali yang memberikan banyak manfaat dan kegunaan bagi setiap orang yang ada di dunia. Dengan adanya gelombang radio banyak penemuan lain yang bisa diciptakan. Dalam hal ini Guglielmo marconi memiliki jasa dan penghargaan yang luar biasa.

tags: , ,