Harga Dan Khasiat Batu Akik Bacan Doko

Jumat, Januari 16th 2015. | Batu Akik

Harga Dan Khasiat Batu Akik Bacan DokoIdzsn.com | Batu Bacan atau chrysocolla ialah batu permata asli dari alam Pulau Bacan Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Selain warnanya yang hijau atau biasa disebut bacan Doko sebab asalnya dari daerah Doko, ada jua yang berwarna kebiruan dan juga biasa disebut bacan Palamea dari wilayah Palamea.

Saat ini batu bacan atau batu bacan doko lagi ngetrend di berbagai daerah, harganya yang terbilang cukup mahal, tidak masuk akal memang, demikian kata salah satu orang teman saya yang ikut bermain batu, Namun Terlepas dari itu, ngak ada salahnya kalau kita mencari tahu apa itu Batu Bacan dan berapa harga batu bacan?

Ada yang menyatakan bahwa memang perubahan batu bacan dari hijau kegelapan ataupun biru gelap men-jadi lebih terang, dapat membawa berkah ataupun hoki bagi pemiliknya. Yang jelas harganya jadi lebih mahal dan juga kini men-jadi bagian gaya hidup. Batu jenis ini ada di Taipe atau Taiwan dan juga disebut blue jade dan juga jade yang berwarna hijau. Untuk tersebut Batu bacan Doko maupun bacan Palamea sering disebut Giok Indonesia.

AKan Tetapi Akhir-akhir ini keberadaan batu akik tengah ramai di perbincangkan. Terlebih batu bacan baik itu batu bacan termahal hingga yang termurah. Memang terdapat banyak sekali jenis batu permata yang indah serta mempunya kualitas bagus di dunia ini. Lebih-lagi sulit untuk di sebutkan satu demi satu. Batu mulia memang banyak ragam jenisnya. Dan juga masing masing jensi batu permata memiliki keunikan dan juga keindahan tersendiri.

Di Indonesia sendiri, batu bacan sering di pakai untuk koleksi pribadi ada yang membuatnya sebagai kalung ada juga yang membuat cincin. Seiring berjalanya waktu batu bacan dapat berubah warna men-jadi lebih jernih ataupun lebih terang. Ini-lah salah 1 keistimewaan dari batu bacan, Menurut informasi yang beredar dimasyarakat kita, batu bacan digolongkan men-jadi beberapa jenis antara lain adalah sebagai berikut:

1. Batu Bacan Palmea

Batu Bacan Palmea

Batu Bacan Yang Pertama ialah batu Bacan Palema, hampir mirip dengan batu bacan doko, palmea ialah salah 1 desa di pulau yang sama. Akan tetapi batu bacan palmea memiliki kualitas tersendiri yaitu, Batu bacan palmea berwarna hijau muda kebiru-biruan. Di sekitar lokasi jua ada area dimana batu bacan dapat di temukan seperti di daerah Imbu Imbu dan juga Besori.

2. Batu Bacan Doko

Batu Bacan Doko

Disebut Batu bacan Doko sebab punya asal dari nama desa area pertama kali batu ini di temukan, yaitu di desa Doko di kepulauan Kasiruta. Dilihat dari warnanya Batu bacan Doko memilki warna yang khas yaitu warna hijau tua.

Khasiat Ataupun Manfaat Batu Bacan

Untuk yang percaya dengan manfaat dan khasiat batu bacan, maka mereka melihat batu bacan bukanlah batu sembarangan. Sebagian Masyarakat percaya bahwa memang batu bacan memiliki kekuatan tersendiri. Konon pemilik batu bacan hendak jauh lebih makmur hidupnya kalau mempunyai batu bacan.

Batu Bacan Jua di percaya memiliki kekuatan untuk membikin pemakainya kelihatan menarik dan juga berwibawa sehingga banyak di sukai oleh kawan ataupun membikin lawan segan ke-pada pemilik batu bacan. Begitulah mitos yang berkembang tantang manfaat dan khasiat batu bacan.

Bongkahan Batu Bacan

Untuk Masalah Harga batu bacan ini termasuk salah satu batu mulia yang terbilang cukup mahal juga, yakni 1 butir batu bacan yang siap pakai dapat mencapai harga 5 juta hingga 15 juta. Kalau beli batu bongkahan bacan doko harganya 200 – 300 juta / kilogram. Selaku gambaran informasi kepada anda, Rough atau Bongkahan Batu Bacan (Crysocolla) seperti tampak di gambar diatas dengan berat dua kg ditawarkan dengan harga Rp. 45. 000. 000, – (Nego) di Tokobagus.

Baca Juga: Jenis Batu Akik Termahal Dan Terbaik di dunia

tags: