Harga dan Khasiat Batu Akik Sungai Dareh

Jumat, Februari 20th 2015. | Batu Akik

Harga dan Khasiat Batu Akik Sungai DarehIdzsn.com | Popularitas batu Giok Sungai Dareh, yang disebut jua selaku batu akik Sumatera kini terus di buru oleh para pencinta batu akik. Selain disebabkan keindahannya, kepopuleran batu lumut Sungai Dareh dengan cara tidak langsung jua dipengaruhi. Giok Sumatera ini telah beredar di pasaran semenjak 50 tahun lalu. Dalam lima tahun terakhir, nama­nya terus naik daun sehingga harga batu yang punya asal dari Batanghari tersebut melambung. Kadangkala stok di pedagang jua kosong.

Terus meroketnya kepopuleran batu akik Sungai Dareh ini jua tidak terlepas dari gencarnya promosi yang dilakukan. Promosi tersebut dila­kukan melalui pemberian cendera mata ke-pada tamu-tamu yang datang, mulai dari tamu dari lingkungan Sumatera barat, provinsi yg lain dan juga tamu-tamu dari pemerintah pusat dan juga mem­promo­sikannya melalui beragam acara pameran terbuka.

“Harga batu akik kali ini memang jauh lebih tinggi beda dengan tahun sebelumnya, karena memang sekarang ini lagi trend batu akik. Untuk ukuran dua hingga 40 gram, berkisar dari Rp100 ribu hingga jutaan. Warna batu ada 68 warna. Jenis yang amat populer diantaranya kumbang jati dan juga pucuk pisang. Batu akik ini memiliki empat kesamaan warna, yaitu dengan kopas, jamrud, giok dan juga yakub.

Fenomenal, Namun bagaimana asal muasal dari Batu Lumut Sungai Dareh tersebut, di tahun 1970 batu tersebut telah ditemui dan juga disebut orang di Sulawesi Selatan selaku Giok Kandi, dia didapat di Sungai Kandi dan juga Bukit Puti Bungsu. Bisa jadi sebab patahan di bawa arus sungai batu tersebut didapatkan pula di Sungai Dareh Dharmasraya. Sebab kehebatan pemerintah Dharmasraya batu tersebut kini pun populer dan juga men-jadi ikon penggilan batu cincin dengan Lumut Sungai Dareh.

Batu akik Lumut Sungai Dareh, batu mulia jenis Idocrase, selain memiliki keindahan se­bagai perhiasan, jua memiliki kha­siat untuk ke­se­h­atan. Menurut Ketua Komunitas Batu Akik Mulia Sumatera Barat, Attila Majidi Datuak Rajo Sibungsu me­ngungkapkan, menurut kepercayaan manusia yang memakainya, Batu Giok Lumut Sungai Dareh yang kristal dapat mendinginkan suasana hati, sebab memancarkan sinar infra merah, yang melancarkan meta­bolisme tubuh, sehingga bermanfaat untuk kesehatan.

Keistimewaan Batu Akik Sungai Dareh

Keistimewaan Batu Lumut Sungai Dareh dibandingkan dengan batu mulia yg lain di Indonesia adalah memiliki banyak varian warna dari dua warna dasar, yaitu hijau muda dengan nama Pucuk Pisang (Natural Ido­crase) dan juga hijau tua dengan nama Kumbang Jati (Hydrogrossular Gar­net). Variasi warna tersebut seperti putih, kuning, hijau, dan juga perpaduan warna-warna tersebut.

Selain banyak variasi warna-nya, Batu Lumut Sungai Dareh jua mem­punyai banyak varian corak totol. Kumbang Jati memiliki corak totol seperti totol sayur/leak, totol se­mang­ka, totol seledri, totol gerimis, dan juga totol armi. Penamaan totol tersebut berlandaskan kesepakatan pecinta batu sesudah menatap corak totol. Sedangkan corak Pucuk Pi­sang seperti Pucuk Pisang polos, Pucuk Pisang cincau/bio solar, Pucuk Pisang dengan beragam ma­cam totol.

Kandungan Mineral Batu Akik Sungai Dareh

Menurut gemologist (pakar batu permata) Indonesia, Sujatmiko, konsentrat dulang Lumut Sungai Dareh sesudah diperiksa di labo­ratorium, mengandung 48 persen mineral magnetit dan juga 30 persen mineral hematit dan juga ilmenit, yang mengandung unsur tembaga, timah hitam, seng, perak dan juga emas, masing-masing 171 gram/ton, 124 gram/ton, 20 gram/ton, lima gram/ton, dan juga 0, 045 gram/ton.

“Lumut Sungai Dareh yang ter­masuk jenis Idocrase, memiliki kekerasan enam, lima skala Mohs, berat jenis tiga, 46 dan juga indek refraksi sekitar satu, 71 dengan pecahan konkoidal mirip pecahan gelas.

Baca Juga: Jenis Batu Cincin Permata Termahal

tags: