Harga Jual Kelinci Anggora dan Cara Perawatannya

Minggu, April 12th 2015. | Nasional

Harga Jual Kelinci Anggora dan Cara PerawatannyaIdzsn.com | Kelinci Angora atau anggora rabbit ialah beragam kelinci domestik dibiakkan untuk panjang wol yang halus. Kelici anngora Memang Beda Sama Kucing Anggora, Kelinci Angora adalah salah 1 jenis kelinci tertua dari kelinci yang ada di dunia ini, yang punya asal di Ankara Turki, bersama dengan kucing Angora dan juga kambing Angora. Kelinci ialah binatang peliharaan yang populer dengan royalti Perancis pada pertengahan abad ke-18, dan juga menyebar hingga ke benua Eropa pada akhir abad ini. Mereka kesatu kali muncul di Amerika Serikat pada awal abad 20. Kelinci Anggora dibesarkan beberapa bagian gede untuk wol Angora, yang dapat dihilangkan dengan geser, menyisir, ataupun mencabut. Ada banyak individu keturunan kelinci anggora, empat di antaranya diakui oleh Arab, Inggris, Perancis, Giant, dan juga Satin. Breeds lainnya ter-masuk Jerman, Cina, Swiss, dan juga Finlandia.

Ciri-ciri fisik Kelinci anggora dan juga penampilan

Kelinci Angora yang dibesarkan terutama untuk wol mereka sebab halus dan juga halus. Cuma 11 mikron dalam diameter yang lebih halus dan juga halus dibandingkan kasmir. Kelinci Anggora memiliki penampilan yang lucu, sebab Kelinci Anggora mirip bulu dengan wajah. Kebanyakan tenang dan juga jinak, namun harus ditangani dengan hati-hati. Grooming diperlukan untuk mencegah rambut gimbal. Satu buah kondisi, blok wol, ialah umum pada kelinci Angora, dan juga harus ditangani dengan cepat.

Cara Merawat Kelinci Angora Agar Tidak Cepat Mati

Banyak manusia tertarik untuk memelihara dan juga merawat kelinci anggora sebab bulunya yang panjang beserta lucu dan juga menggemaskan. Namun, kelinci anggora ter-masuk binatang yang ringkih. Banyak pemilik kelinci yang merasa sedih ataupun kecewa sebab binatang peliharaannya tidak berumur panjang ataupun gampang mati sebab cuma keliru perawatan saja. Dibawah ini kami akan memberikan petunjuk mengenai cara merawat kelinci anggora dengan baik dan juga betul.

  1. Kandang untuk sang kelinci mesti dijaga agar tidak lembab beserta dijaga dari cuaca yang tidak bersahabat seperti hujan, panas matahari dan juga hembusan angin dengan cara langsung. Sebab kondisi kering kepada kandang amatlah baik.
  2. Usahakan lantai kandang diberi penampung, sehingga kotoran dan juga sejenisnya dapat jatuh kedalam penampungnya. Dengan begitu, kandang kelinci tetap bersih.
  3. Berikan ruangan gerak di dalam kandang kelinci anggoranya. Kepada dasarnya, kelinci ialah binatang yang lincah. Kalau kelinci kekurangan area untuk bergerak, mereka cenderung stress dan juga cepat mati.
  4. Kelinci ter-masuk binatang yang memerlukan amat sedikit air. Tidak boleh terlampau sering memberikannya minum. Lumayan dua kali sehari saja dengan porsi mini. Kalau makanannya telah lumayan mengandung air, maka pemberian minum jua butuh dikurangi.
  5. Cara merawat kelinci anggora yang ter krusial ialah memperhatikan pola makannya. Beri makanan dengan cara teratur kelinci peliharaan kamu kepada pagi dan juga sore ataupun sore dan juga petang. Pasti-kan makannya tidak mengandung banyak air. Tidak boleh memberikan sayuran kepada jenis kelinci anggora/ hias lainnya dalam bentuk segar. Pasti-kan sayuran tersebut dalam keadaan telah layu sehingga kadar airnya telah berkurang. Prosedur pelayuan jua amat bermanfaat untuk mempertinggi kadar serat kasar, jua dapat menghilangkan getah ataupun racun yang dapat menimbulkan kejang-kejang dan juga mencret. Kelinci jua suka wortel, karna wortel adalah buah yang berkadar air sedikit.
  6. Berilah sedikit waktu untuk kelinci tersebut untuk bermain bebas di page rumah, sebab kelinci sama seperti manusia yang butuh waktu untuk bergerak bebas dan juga bermain. Ini urgen untuk menjaga agar kelinci tidak stress dan juga cepat mati.

Memperhatikan tingkah lakunya jua adalah salah 1 cara merawat kelinci anggora dengan baik. Kalau kelinci anggora Kamu sehat, maka dia hendak lincah dan juga suka bergerak kesana kemari. Kalau kelinci anggora Kamu tampak lesu dan juga pendiam, bisa jadi dia tengah sakit ataupun lebih-lagi kurang gizi. Lekas periksakan kelinci anggora kesayangan Kamu tersebut menuju dokter binatang untuk perawatan selanjutnya.

Mengenal Kelinci Anggora

Sepertinya telah banyak yang tau dengan jenis kelinci yang satu ini, walaupun belum benar-benar mengenal dengan cara baik. Kelinci anggora memang banyak sekali diperjual-belikan di pasar-pasar binatang, kepada ketika pameran, ataupun lebih-lagi di pinggir-pinggir jalan kepada tempat-tempat keramaian. Bulu kelinci anggora yang panjang memang membikin banyak manusia tertarik untuk memilikinya, sebab nampak menggemaskan seperti boneka. Namun sayangnya, 80% kelinci-kelinci anggora yang dijual di tempat-tempat keramaian tersebut adalah silangan. Cuma nampak lucu dan juga menggemaskan ketika masih kecil, dan juga ketika makin gede keindahan bulunya jauh berkurang.

Sejarah Kelinci Anggora

Sejarah kelinci anggora sebenarnya tidak terlampau jelas, ada banyak teori dan juga catatan dokumen yang diperdebatkan selama ini. Teori yang ter banyak diakui adalah berlandaskan salah 1 dokumen di Perancis. Sejarah kelinci anggora bermula dari satu buah daerah pelabuhan di Turki kepada abad ke-18 (1723). Ketika tersebut pelaut-pelaut dari Perancis yang singgah disana menemukan kelinci-kelinci yang mempunyai bulu woll panjang, amat berlainan dengan kelinci-kelinci yang mereka kenal sebelumnya. Sebab tertarik, akhirnya mereka membawa kelinci-kelinci tersebut pulang menuju Perancis dengan harapan untuk dapat dikembangbiakkan. Dan juga dari Perancis ini-lah akhirnya kelinci anggora men-jadi populer, lalu mulai menyebar menuju sejumlah negara di Eropa, Amerika, dan juga akhirnya menuju seluruh dunia (ter-masuk Indonesia). Nama kelinci Anggora sendiri diambil dari nama pelabuhan di Turki tersebut (dulu bernama Angora se-belum dirubah men-jadi Ankara).

Teori yang agak kuat lainnya berlandaskan klaim dari Inggris. Bahwa memang sejarah kelinci anggora diawali jauh se-belum abad ke-18. Kelinci Anggora telah dikenal semenjak jaman pasukan Romawi kuno. Prajurit-prajurit romawi ini-lah yang kesatu kali membawa kelinci anggora menuju Inggris, dan juga akhirnya dikembangbiakkan di Inggris. Perancis sendiri memperoleh kelinci anggora dari orang-orang Inggris sekitar 200 tahun se-belum th. 1723 (dokumentasi kesatu di Perancis).

Jenis-Jenis Kelinci Anggora

Sesudah melewati seleksi yang amat selektif dalam waktu yang amat lama pada masing2 peternakan, kali ini kelinci anggora terbagi men-jadi delapan jenis yang berlainan. Menuju delapan jenis kelinci anggora ini dikembangkan dengan amat hati-hati, ini untuk menjaga standard perbedaan dari masing-masing jenis tersebut.

1. Anggora Inggris

Ciri khasnya adalah pada bulu wol yang amat penuh di seluruh tubuhnya, ter-masuk kepada bagian wajah, telinga, dan juga kaki. Kelinci anggora inggris adalah jenis keturunan anggora terkecil yang diakui oleh ARBA, yaitu dengan bobot antara dua, 3kg – tiga, 4kg. Warna kelinci anggora inggris yang diakui ada banyak, ter-masuk warna-warna pelangi dan juga broken.

2. Anggora Perancis

Perbedaan antara kelinci anggora inggris dan juga anggora perancis cuma kepada bagian wajah, telinga, dan juga kaki yang tidak terlampau lebat ditumbuhi bulu wol, sehingga nampak seperti kelinci yang tengah mengenakan jaket bulu. Bobot kelinci anggora perancis jua lebih gede, dengan bobot rata-rata tiga, 6kg.

3. Anggora Cina

Cina mengembangkan kelinci anggora yang populer dengan sebutan anggora berserat kasar kepada awal tahun 1980-an. Kelinci anggora cina adalah hasil persilangan dari anggora perancis-anggora jerman-dan new zealand white. Kalau kepada jenis anggora yang lainnya perbandingan serat kasarnya cuma satu, 8%, maka kepada kelinci anggora cina perbandingan serat kasarnya mencapai 15%. Warna yang dihasilkan cuma warna putih, dengan bobot antara empat, 1kg – empat, 4kg.

4. Dwarf Anggora

Adalah hasil persilangan dari anggora inggris-nederland dwarf-dan polish. Diciptakan oleh peternak Belgia, dan juga berkembang biak cuma di Belgia dan juga Perancis. Berat standard antara satu, 1kg – satu, 7kg.

5. Anggora Jerman

Anggora jerman adalah hasil seleksi ketat selama 80 tahun dari kelinci anggora inggris. Diseleksi berlandaskan kualitas dan juga kuantitas wol yang dihasilkan. Dengan cara fisik tidak jauh berlainan dengan kelinci anggora inggris, cuma saja pertumbuhan bulu kelinci anggora jerman amat cepat dan juga tidak gampang rontok seperti anggora inggris. Bobot yang diakui antara 2kg – 5, 5kg dengan preferensi kepada bobot lebih berat.

6. Mini Anggora Inggris

Kelinci ini adalah versi mini dari anggora inggris yang dikembangkan dan juga mendapat pengakuan dari badan perkelincian di Selandia Baru. Perbedaan mini anggora inggris dan juga dwarf anggora adalah kepada prosedur persilangannya. Mini anggora inggris adalah hasil persilangan antara anggora inggris dan juga nederland dwarf saja.

7. Anggora Satin

Awalnya kelinci anggora satin dikembangkan oleh Mr. John Fehr kepada awal 1930-an. Ketika tersebut kelinci anggora satin yang dihasilkan belum memperlihatkan kualitas seperti yang diingini. Penyempurnaan selanjutnya dilakukan oleh peternak perempuan di Kanada kepada tahun 1980-an. Dengan cara fisik kelinci anggora satin nampak sama dengan kelinci anggora perancis. Perbedaan cuma kepada warna dan juga tampilan fisik wol yang dihasilkan. Anggora satin mempunyai bulu yang terang dan juga mengkilat. Bobot standard kelinci anggora satin adalah tiga, 6kg.

8. Anggora Giant

Anggora giant adalah hasil persilangan antara anggora jerman-lop perancis-dan flemish giant. Keunggulan dari anggora giant adalah kepada kualitas dan juga kuantitas wol yang dihasilkan, sama seperti anggora jerman. Bobot minimal yang diakui untuk anggora giant adalah empat, 5kg, sedangkan bobot maksimalnya tidak dibatasi.

 Daftar Harga Kelinci Hias Anggora

Untuk memperoleh jenis kelinci hias seperti anggora ini tidaklah sulit, sebab kini telah banyak manusia yang mulai membuka usaha sampingan memelihara dan juga membudidaya kelinci hias ini, sehingga kamu hendak amat gampang mencari kelinci hias, baik tersebut jenis anggora maupun jenis kelinci hias yg lain nya.

Selain dapat mendatangi area budidaya nya, kelinci hias jua dapat kamu dapatkan di toko-toko burung ataupun toko binatang peliharaan yang ada di sekitar rumah kamu.

Daftar harga kelinci hias (anggora)

  • Harga kelinci hias usia satu, lima hingga dua bulan: Rp. 45. 000, –
  • Harga kelinci hias usia dua hingga tiga bulan: Rp. 70. 000, –
  • Harga kelinci hias usia tiga hingga empat bulan: Rp. 100. 000, –
  • Harga kelinci hias usia empat hingga lima bulan: Rp. 150. 000, –
  • Harga kelinci hias usia lima hingga satu tahun: Rp. 200. 000, –

Daftar harga kelinci Lokal (Pedaging dan juga hias)

  • Harga kelinci lokal usia satu, lima hingga dua bulan: Rp. 40. 000, –
  • Harga kelinci lokal usia dua hingga tiga bulan: Rp. 60. 000, –
  • Harga kelinci lokal usia tiga hingga empat bulan: Rp. 90. 000, –
  • Harga kelinci lokal usia empat hingga lima bulan: Rp. 130. 000, –
  • Harga kelinci lokal usia lima hingga satu tahun: Rp. 200. 000, –

Nah daftar harga kelinci hias dan juga lokal di atas tersebut ialah jenis harga pasaran nya saja, jadi bukanlah perihal yang mustahil kalau harga di atas tersebut berlainan dengan daftar harga di daerah kamu, sebab seluruh daerah ataupun seluruh wilayah di tanah air pasti mempunyai patokan harga yang berbeda-beda.

Lihat Juga: Gambar Kelinci Imut

tags: