Harga Mobil Honda Bekas dan Tips Membelinya

Sabtu, Oktober 10th 2015. | Otomotif

Harga Mobil Honda Bekas dan Tips Membelinya | Merasa tidak kuat untuk membeli mobil baru padahal sudah sangat butuh? Jangan risau, karena kini banyak sekali toko mobil yang tidak hanya menjual barang baru saja, namun bahkan menjual barang bekas juga. Mobil yang tetap tangguh meskipun bekas tentu saja keluaran Honda. Harga mobil Honda bekas bisa Anda dapatkan dengan harga yang bisa menyesuaikan dengan kantong Anda. Karena harga sebuah mobil juga sangat bergantung dengan merek dan tahun perakitannya. Karenanya jika Anda ingin mendapatkan mobil bekas dengan harga yang terjangkau ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Harga mobil Honda bekas memang lebih murah dari harga baru dan ini merupakan salah satu cara yang tepat untuk memiliki mobil tanpa harus mengeluarkan banyak anggaran. Nah, simak yuk apa saja tipsnya.

1.       Tentukan dana untuk membeli

Ini adalah hal yang paling utama untuk Anda pikirkan matang-matang. Karena sebuah mobil tua dan jelek sekalipun tidak bisa Anda beli dengan menggunakan daun. Dengan anggaran yang telah Anda tentukan ini, maka akan sangat membantu Anda untuk tetap fokus dalam memilih mobil dengan harga yang sesuai dengan kemampuan kantong Anda. Anda bisa melihat daftar harga mobil Honda bekas di beberapa tempat penjualan mobil atau milik perorangan.

2.       Tentukan type sesuai kebutuhan

Membeli mobil saat ini bukan lagi untuk gaya-gayaan saja, namun lebih kepada kebutuhan. Sehingga jika Anda telah menentukan Honda sebagai mobil pilihan Anda, maka kini tugas Anda adalah menentukan type. Jika Anda seorang pedagang yang memerlukan mobil untuk mengangkut barang bawaan Anda, maka memilih Jazz tentu bukan pilihan yang tepat. Ada banyak sekali type mobil keluaran Honda yang bisa Anda pilih dan dengan harga mobil Honda bekas yang tentu saja lebih murah dari harga barunya.

3.       Tentukan tempat penjualan

Agar mudah dalam mengurus surat-surat yang Anda perlukan, seperti pajak atau balik nama dan segala macamnya, maka sebaiknya Anda tentukan lokasi penjualan. Meskipun Anda mendapatkan mobil dengan harga yang murah namun dalam urusan administrasi sulit, maka ini akan menyulitkan Anda di belakang hari.

4.       Plat nomor menentukan kondisi mobil

Harga mobil Honda bekas dengan plat luar seperti Jakarta, Bandung, Bogor dan Semarang memang terkadang memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibanding dengan daerah lain. Namun jangan terlalu mudah mengambilnya jika Anda tidak mengenal daerah jelajah mobil ini sebelumnya. Karena mobil yang berada di daerah rawan banjir biasanya memiliki minus pada bagian bawah mobil, yaitu pengeroposan. Maka sebaiknya Anda kenali dahulu daerah mobil ini beroperasi dan pastikan daerahnya aman dari banjir.

5.       Cek dan test Drive

Setelah Anda yakin dengan mobil yang Anda pilih, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengecek kondisi fisik mobil. Kondisi mobil dari cat hingga bagian lantai bisa Anda cek secara detail jika Anda melakukannya pada siang hari dan dalam kondisi tidak tergesa-gesa. Karena pengecekan fisik ini memang memerlukan waktu yang cukup lama. Jika Anda sudah mantap dengan kondisi fisiknya, maka saatnya Anda melakukan test Drive. Lakukan mulai dari kecepatan rendah dan jalan berbelok, kemudian secara berangsur-angsur tambah kecepatan dan rasakan apakah ada kejanggalan dengan mobil tersebut. Dan apakah harga mobil Honda bekas yang ditawarkan pada Anda ini telah sesuai atau belum.

Lihat Juga: Motor Termahal di Dunia

Kelengkapan dokumen legalitas kendaraan merupakan poin penting. Maka pastikan BPKB dan STNK adalah merupakan dokumen asli. Jika perlu Anda bisa mencocokkan kesesuaian nomor rangka dan nomor mesin, pastikan nomor tersebut sama dan masih bisa dilihat dengan jelas. Sehingga Anda tidak akan tertipu dan rugi telah membeli harga mobil Honda bekas sesuai standar dengan kelengkapan dokumen palsu.

tags: , ,