Ini Dia 4 Pesawat Siluman Canggih Buatan Indonesia

Minggu, April 5th 2015. | Nasional

Ini Dia 4 Pesawat Siluman Canggih Buatan IndonesiaIdzsn.com | Di era teknologi yang semakin canggih dan modern ini banyak negara memanfaatkan teknologi dalam beragam bidang. Seperti halnya dalam bidang militer dimana banyak negara mengembangkan teknologi pesawat tanpa awak atau pesawat siluman. Pesawat tanpa awak memang tengah ramai diperbincangkan saat sekarang ini dan juga dikembangkan oleh banyak negara di dunia. Pesawat tanpa awak ataupun di sebut selaku Drone ini mempunyai fungsi selaku kendali jarak jauh dengan mampu mengendalikan dirinya sendiri.

Umumnya Drone atau pesawat siluman memang berlainan dengan rudal walaupun mempunyai kemiripan, namun rudal tidak dapat di pakai kembali dan juga men-jadi senjata itu sendiri. Sedangkan Drone ini dapat di pakai untuk memantau kembali dan juga dengan menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya sendiri beserta mampu membawa kamera pengintai dan juga senjata.

Drone ataupun pesawat tanpa awak ini memang telah tidak asing lagi bagi para ilmuwan di Indonesia. Lembaga riset seperti Badan Pengkajian dan juga Penerapan Teknologi (BPPT) dan juga Lembaga Penerbangan dan juga Antariksa Nasional (LAPAN) dan juga sejumlah Universitas telah melaksanakan riset mengenai prototype yang telah layak dipakai dan juga telah layak terbang. Nah untuk kamu yang mau melihat drone atau pesawat tanpa awak ataupun drone buatan indonesia, berikut adalah gambar beserta ulasan-nya.

1. Puna Pelatuk

Puna Pelatuk

Puna Pelatuk

Drone Puna Pelatuk mempunyai ciri khas dengan motif loreng dengan warna abu-abu, putih, beserta krem. Drone Puna pelatuk mempunyai kecepatan terbang mencapai 127, 8 km/jam. pesawat tanpa awak Puna Pelatuk sendiri ialah drone dengan menggunakan konfigurasi desain V-tail inverted high wing yang menggunakan landasan selaku lepas landas dan juga mendarat. Pesawat ini mampu terbang di ketinggian 8. 000 kaki, bertahan selama empat jam di udara, beserta mampu membawa beban seberat 120 kg.

2. Lapan Surveillance Unmanned (LSU)

Lapan Surveillance Unmanned

Lapan Surveillance Unmanned

Lembaga antariksa dan juga Penerbangan Nasional (LAPAN) beberapa tahun yang lalu sudah mengerjakan dan juga mengembangkan teknologi pesawat tanpa awak atau drone. Lembaga tersebut telah membikin pesawat tanpa awak salah 1nya adalah Lapan Surveillance Unmanned (LSU). Adapun jenis LSU yang telah dibuat oleh LAPAN diantaranya seperti Lapan Surveillance UAV-01X(X-periment), Lapan Surveillance LSU 02, Lapan Surveillance lsu 03. Sesudah memproduksi Surveillance UAV-01X dan juga Surveillance UAV 02, Lapan jua mempunyai Surveillance UAV 03 yang adalah pesawat tanpa awak reakhir versi tersebut dengan memiliki ukuran lebih gede dibandingkan sebelumnya.

3. UAV Autopilot SuperDrone

UAV Autopilot SuperDrone

UAV Autopilot SuperDrone

Pesawat tanpa awak atau Drone yang satu ini mempunyai nama yang bagus yaitu UAV Autopilot SuperDrone yang diproduksi dan juga di kembangkan oleh TNI AD dan juga Universitas Surya yang didirikan oleh Prof. Yohanes Surya. Bahan pesawat ini punya asal dari fiber yang memiliki ukuran 6 x 4 meter. Jam terbangnya telah mencapai 6-8 jam dan juga mampu terbang tengah petang dan juga di lengkapi dengan kamera pemantau panas. Selain tersebut terdapat jua tangki cadangan yang dapat di pakai untuk benda yg lain. UAV Autopilot SuperDrone menggunakan teknologi Autonomus Return to Base. Kabarnya pengerjaan baru hendak di laksanakan lagi pada Bulan november 2014 dengan jumlah tim yang terdiri dari 15 manusia untuk prosedur penyempurnaan.

4. Puna Wulung

Puna Wulung

Puna Wulung

Drone selanjutnya ialah Puna Wulung yang mempunyai motif berwarna loreng hijau, putih beserta abu-abu. drone Puna Wulung dapat dikatakan selaku kelas menengah ataupun medium. Drone besutan BPPT ini memang di namakan Puna dengan beragam jenis. Puna Wulung dapat terbang dengan kecepatan mencapai 111 km/jam dan juga mempunyai ketahanan terbang di udara selama empat jam. Selain tersebut pesawat ini mampu membikin rekayasa hujan buatan maupun penyebaran benih dengan mampu membawa beban sebanyak 120 kg. untuk jarak dan juga ketinggian masing-masing mampu mencapai jarak 120 km beserta mampu di ketinggian sekitar 8. 000 kaki. Untuk kedepannya pesawat ini hendak terus di kembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan juga kepentingan yg lain.

Lihat Juga: Kapal Selam Tercanggih di Dunia

tags: