Ini Dia Kapal Selam Terbesar dan Tercanggih Dunia

Minggu, April 5th 2015. | Internasional

Ini Dia Kapal Selam Terbesar dan Tercanggih DuniaIdzsn.com | Kapal selam ialah kapal yang bergerak di bawah permukaan air laut, pada umumnya dipakai untuk target dan juga kepentingan militer di suatu negara. Beberapa bagian besar Angkatan Laut memiliki dan juga mengoperasikan kapal selam sekalipun jumlah dan juga populasinya masing-masing negara berlainan. Selain dipakai untuk kepentingan militer, kapal selam jua dipakai untuk ilmu pengetahuan laut dan juga air tawar dan juga untuk bertugas di kedalaman yang tidak bersesuaian untuk penyelam manusia.

Negara Jerman memiliki kapal selam yang populer dengan sebutan U-Boat yang adalah ringkasan bagi Unterseeboot, mulai ditugaskan dalam Perang Dunia I selaku sistem senjata yang mematikan bagi Angkatan Laut lawan terlebih-lebih pada Perang Dunia II. Sehingga populer dengan sebutan U-Class. Selain Jerman, negara yang populer menggunakan kapal selam selaku kekuatan utama Angkatan Laut ialah Uni Soviet.

Kapal selam militer dipakai untuk kepentingan perang ataupun patroli laut suatu negara, berlandaskan jenisnya tiap kapal selam militer senantiasa dilengkapi dengan senjata seperti meriam kanon, torpedo, rudal penjelajah / anti pesawat dan juga anti kapal permukaan, beserta rudal balistik antar benua.

Jenis Jenis Kapal Selam

A. Berlandaskan Tenaga Penggerak (propulsi)

Kapal Selam Diesel Elektrik

Kapal selam diesel elektrik ialah sistem penggerak kapal selam tertua yang masih dipakai hingga saat ini. Sistem propulsi ini begitu handal sehingga negara pemilik kapal selam nuklir pun masih merasa butuh memiliki kapal selam diesel elektrik. Dari lima negara pemilik kapal selam nuklir cuma Amerika Serikat yang tidak menggunakan sistem propulsi ini. Dalam keadaan tertentu, kapal selam jenis ini lebih mematikan ketimbang kapal selam nuklir.

Munculnya Kapal Selam Nuklir

Sekitar enam bulan se-belum pecahnya Perang dunia ke II, pada Bulan maret 1939 Dr George Pegram dari Columbia University, New York, mengusulkan pada Angkatan Laut Amerika serikat untuk mengembangkan pemakaian uranium selaku sumber daya, ter-masuk untuk menggerakkan turbin kapal selam. Angkatan Laut tertarik dan juga memulai riset. Namun sesudah pengboman Pearl Harbour dan juga AS terlibat dalam perang, seluruh material yang berkaitan dengan tenaga atom ditarik, dipusatkan untuk “Proyek Manhattan” guna pembuatan bom atom kesatu (Little Boy dan juga Fat Man).

Kapal selam adalah salah 1 unit untuk melengkapi kekuatan militer pada suatu negara. Dengan beragam teknologi canggih, negara maju berlomba untuk menciptakan kapal selam yang handal dan canggih. Kapal selam selain di pakai untuk kekuatan militer jua di pakai untuk penelitian di dalam laut. Dengan keseimbangan kepada kapal selam beserta peralatan yang canggih membikin kapal selam dapat beroprasi dengan baik.

Di Indonesia jua memiliki kapal selam dengan teknologi canggih, perihal ini bertujuan untuk memperkuat kekuatan militer Tanah Air. Mengingat makin hari maka teknologi makin canggih, dan juga tidak bingung kalau ada kapal selam yang menggunakan bahan bakar nuklir selaku kekuatannya. Dengan berbahan nuklir maka kapal selam tersebut dapat bertahan dan juga menyelam dalam jangka waktu yang amat lama.

Kali ini memang kita mau membahas mengenai jenis kapal selam canggih yang ada di berbagai negara. Penasaran kapal selam milik angkatan laut siapa saja? Untuk tersebut simak informasi berikut mengenai kapal selam tercanggih di dunia Saat Ini.

1. Virginia Class – Amerika Serikat

Virginia Class

Virginia Class

Kapal selam ini mempunyai teknologi tinggi dan juga canggih. Kapal selam dengan nama Virginia Class milik angkatan laut Amerika ini di lengkapi dengan senjata canggih seperti senjata tempur 12 x vertical launch system tubes, Rudal Tomahawk andalan Amerika, Beserta torpedo untuk menghancurkan kapal perang. Selain tersebut kapal selam ini mempunyai kecepatan 25 knot. Kapal selam ini men-jadi kapal selam angkatan laut Amerika dan juga di pakai untuk serangkaian latihan perang dan juga mengamankan wilayah teritori laut.

2. Astute Class – Inggris

Astute Class

Astute Class

Kapal selam tercanggih dunia selanjutnya adalah Astute Class milik angkatan laut kerajaan Inggris. Kecepatan kapal selam milik Inggris ini dapat mencapai 29 knot dengan di lengkapi beragam teknologi canggih seperti peralatan tempur. Senjata tempur seperti rudal tomahawk cruise misil, torpedo anti kapal, beserta torpedo jarak jauh terdapat kepada kapal selam canggih ini. Astute Class di pakai kerjaan Inggris untuk mengamankan kedaulatan wilayahnya.

3. Type 093 Shang Class – China

093 Shang Class

093 Shang Class

Kapal selam tercanggih dunia selanjutnya adalah Type 093 Shang Class milik angkatan laut China. China memang men-jadi negara maju yang mempunyai kekuatan militer amat kuat. Lebih-lagi Amerika pun berpikir ke-2 kalinya kalau terjadi konflik. Dengan jumlah rakyat yang ter banyak di dunia, jua mempengaruhi kekuatan militer yang ada. Kapal selam dengan jenis Type 093 Shang Class adalah kapal selam andalan China, kapal selam ini mempunyai kecepatan 35 knot dengan spesifikasi senjata rudal anti pesawat dan juga torpedo yang dapat menghancurkan kapal tempur.

4. Arihant – India

Arihant

Arihant

Kapal selam milik angkatan laut India ini men-jadi andalan para komandan tempur India. Kapal selam canggih ini di luncurkan pada tanggal 26 Bulan juli 2009 yang lalu. Kapal selam canggih ini di kembangkan oleh Pengembangan Pertahanan India dengan bantuan negara Rusia selaku desainnya. Kapal selam ini memiliki persenjataan lumayan canggih seperti torpedo, rudal dan juga dapat menampung kru sebanyak 100 manusia.

5. Borey – Rusia

Borey

Borey

Kapal selam Borei generasi terbaru kapal selam dari negara terbesar Rusia. Kapal selam kelas Borei ini resmi di luncurkan dan juga beroprasi penuh kepada tanggal sepuluh Bulan januari 2013 lalu. Kapal selam ini adalah kapal selam generasi keempat semenjak tahun 1996. Kapal selam ini mampu membawa enam tabung torpedo, rudal jelajah dan juga peralatan tempur canggih lainnya. Selain tersebut kecepatan kapal selam ini mencapai 29 knot.

Lihat Juga: Tank Tempur Tercanggih

tags: