Inilah 5 Tank Tempur Tercanggih di dunia Saat Ini

Rabu, April 1st 2015. | Internasional

Inilah 5 Tank Tempur Tercanggih di dunia Saat IniIdzsn.com | Seperti Yang telah kita ketahui Tank adalah kendaraan tempur lapis baja yang bergerak menggunakan roda berbentuk rantai. Ciri utama tank adalah pelindungnya yang biasanya adalah lapisan baja yang berat, senjatanya yang merupakan meriam besar, serta mobilitas yang tinggi untuk bergerak dengan lancar di segala medan pertempuran. Walaupun tank adalah kendaraan tempur yang lumayan mahal dan membutuhkan persediaan logistik yang banyak, tank adalah senjata darat paling tangguh dan serba-bisa pada medan perang modern di saat sekarang ini, dikarenakan kemampuannya untuk menghancurkan target darat dimanapun letaknya berada, dan juga efek mentalnya terhadap infanteri.

Di Perang Dunia II, selain serangan udara serangan darat menggunakan tank men-jadi amat urgen. Seperti Nazi Jerman amat mengandalkan serangan darat menggunakan tank tempur untuk memperkuat infanteri di barisan depan, terbukti pasukan SS menguasai sejumlah wilayah di Eropa.

Kini sejumlah negara terus mengeluarkan dana yang gede untuk membiayai produksi dan juga pengembangannya agar men-jadi tool tempur yang canggih, kuat, dan juga dapat diandalkan. Dewasa ini, Tekhnology Tank sudah sangat berkembang. Berbagai Negara Produsen berlomba2 mengUpgrade Fitur dan kelebihan kendaraan tempur lapis baja ini. Dan berikut adalah gambar beserta ulasan lengkap mengenai Tank tercanggih dan terkuat di dunia.

1. Tank Leopard 2 | Jerman

Tank Leopard 2

Tank Leopard 2

Tank tempur Leopard 2 adalah tank utama negara Jerman yang dikembangkan oleh Krauss-Maffei pada awal tahun 1970-an dan mulai digunakan pada 1979 yang lalu. Tank jenis Leopard 2 menggantikan Leopard 1 sebagai tank tempur utama Angkatan Darat Jerman Barat. Beragam versi telah digunakan oleh Angkatan Darat Jerman dan di 12 negara Eropa lainnya, beberapa dari luar Eropa. Lebih dari 3,480 Tank berjenis Leopard 2 telah diproduksi. Tank tempur Leopard 2 pertama kali digunakan oleh Angkatan Darat Jerman pada Perang Kosovo serta pasukan Kanada dan Denmark yang tergabung dalam ISAF di medan tempur Afghanistan.

2. Tank T90 | Rusia

Tank T90

Tank T90

Tank Jenis T-90 adalah sebuah Tank tempur utama rancangan Russia yang dikembangkan dari T-72, dan sampai saat ini menjadi tank paling modern serta tercanggih di angkatan darat dan marinir Rusia. Saat ini tank tipe ini juga dioperasikan diĀ  beberapa negara lain, terutama di kawasan India. Sebagai penerus dari T-72BM, T-90 menggunakan senjata dan 1G46 gunner sight dari T-80U, sebuah mesin baru, dan pengindera panas . Peralatan pelindung termasuk pelindung ledak reaktif Kontakt-5, laser warning receiver, pembangkit gelombang elektromagnetik EMT-7 untuk menghancurkan ranjau elektromagnetik dan Shtorasistem pengacau rudal anti tank kendali infra merah.

3. Tank TYPE 99 | Cina

Tank TYPE 99

Tank TYPE 99

Tank Type 99, merupakan tank generasi ke-3 yang dioperasikan oleh Tentara Pembebasan Republik Rakyat Cina ( RRC ). Dan Tank Jenis ini Tercatat sebagai salah satu tank tercepat di dunia. Nama lengkapnya adalah MBT ZTZ99, dianggap sebagai salah satu dari dua belas tank terbaik di dunia. harga per unitnya sekitar 2,5 juta US dolar. Juga dikenal sebagai ZTZ-99 dan WZ-123. Varian terbarunya adalah jenis 99KM. Saat ini merupakan MBT paling canggih yang digunakan oleh Tentara Pembebasan Rakyat Cina. Mulai beroperasi pada tahun 2001 Yang lalu.

4. Tank Challenger II | Inggris

Tank Challenger II

Tank Challenger II

Tank tipe Challenger 2 adalah tank utama yang diproduksi oleh Inggris, Rancangan dan produksi dilaksanakan oleh perusahaan sistem pertahanan Inggris Vickers Defence Systems, sekarang dikenal dengan nama BAE Systems Land and Armaments. Perusahaan tersebut mengiklankan tank baja ini sebagai, “Tank tempur utama paling handal di dunia”. Ironisnya pada bulan Januari 2008 yang lalu, 2 buah tank tempur ini rusak parah dalam sebuah pertempuran, dan sebuah lagi hancur pada sebuah insiden tembakan persahabatan dari tank tempur yang sejenis.
Tank tempur Challenger 2 adalah didesain ulang perluasan dari tipe pertamanya, yaitu tank Challenger 1.

5. Tank M1A2 Abrams | Amerika Serikat

Tank M1A2 Abrams

Tank M1A2 Abrams

Tank Jenis M1 Abrams adalah generasi ketiga dari tank tempur utama yang diproduksi oleh Amerika Serikat ( AS ). Namanya diambil dari Jenderal Creighton Abrams, pala Staf dan Komandan Angkatan Perang Amerika Serikat di Vietnam pada Tahun 1968 hingga 1972. Tank jenis M1A2 memiliki persenjataan hebat, berlapis baja tebal, dan tank dengan mobilitas tinggi yang didesain untuk kendaraan tempur lapis baja. Keistimewaan yang dimiliki tank ini adalah mesin turbin gas dengan bahan bakar JP8 jet fuel, mengadopsi lapisan baja komposit canggih, dan penyimpanan amunisi terpisah dalam kompartemen terpisah untuk keselamatan kru. Dengan berat mendekati 62 ton, M1A2 menjadi salah satu tank terberat yang masih digunakan.

Baca Juga: Senjata Tercanggih di Dunia