Inilah Daftar Orang Terkaya di Asia di Tahun 2016

Sabtu, September 5th 2015. | Internasional

Orang Terkaya di Asia | Kekayaan memang adalah satu aspek penting yang dikejar oleh banyak orang di dunia. Dengan kekayaan pintu untuk berbagai kemungkinan dan kepuasan hidup bisa terbuka, tidak lepas dari nilai positif dan negative yang dicapai. Meskipun banyak tokoh pengusaha di Indonesia yang diakui kekayaannya oleh dunia, namun orang terkaya di Asia ternyata telah dipegang oleh seorang pengusaha asal China yang bernama Wang Jian Lin.

Sebenarnya posisi orang paling kaya di Asia dari tahun-tahun kemarin dipegang oleh Li Ka-Shing, seorang pengusaha super sukses asal Hogkong. Namun ternyata di tahun 2016 ini Wang Jian lin berhasil menaikkan perangkatnya dari tiga besar menjadi jawara. Tentu saja jumlah kekayaan yang dihitung berdasarkan naik-turunnya harga dolar ini bisa saling susul-menyusul tiap harinya. Karena itu sebenarnya peringkat antara orang-orang super kaya ini adalah sama, dalam arti sama-sama kayanya.

  • Jumlah Kekayaan Ratusan Triliun

Hmmm, sebagai orang terkaya di Asia, Wang Jian Lin kini memiliki kekayaan berkisar US$ 36,2 miliar, atau bila dikonversikan dalam rupiah adalah kurang lebih Rp 470 triliun. Tentu saja ini jumlah yang tidak bisa kita bayangkan begitu saja, dengan kekayaan sebanyak ini bahkan Wang Jian Lin bisa membeli sebuah pulau dengan sekali ucap. Bikin iri saja, ya!

Dalam majalah Forbes, kekayaan Wang Jian Lin ini mampu mengungguli saingan utamanya yang tak lain adalah Li ka-Shing. Sebenarnya sejak tahun 2001 sampai 2014, Li Ka-Shing adalah orang terkaya nomor satu di Asia. Tahun ini pengusaha asal hongkong Li Ka-Shing harus puas dengan mendapat peringkat tiga besar orang terkaya di Asia. Namun kalau saja kita pikirkan sedikit lebih dalam, mungkin saja hal ini tidak begitu dipermasalahkan oleh Li Ka-Shing asalkan omset perusahaannya tetap berkisar pada angka yang menguntungkan.

  • Wan Jian Lin, sang Pengusaha Apa Saja

Ekonomi di China memang sedang meningkat pesat sekarang, banyak pengusaha sukses muncul dari negeri tirai bamboo ini dan membuat China sudah mampu menapak pasti menjadi negara maju di Asia selain Jepang. Sebagai orang terkaya di Asia, Wang Jian Lin menjalankan bisnisnya dalam nama perusahaan Dalian WAnda Grup. Perusahaan ini berbasis bisnis dan merambah dunia properti dan jualan online di China sendiri juga di negara-negara lain yang bekerja sama dengan Dalian WAnda Grup.

Dalian WAnda Grup usaha dari Wang Jian Lin ini adalah pula perusahaan real estate raksasa yang mengatur kontrol dari 200 lebih toserba, pusat perbelanjaan, serta hotel-hotel mewah di negeri China. Dengan jumlah ini tentu saja Wang Jian Lin mendapat income yang tidak sedikit tiap tahunnya. Dengan tangan ulet, Wang Jian Lin akan terus mengembangkan Dalian WAnda Grup untuk bukan saja merajai pasar real estate China namun merambah di berbagai negara seluruh dunia. Sebagai seorang pengusaha, tentulah kata mundur bahkan stagnan adalah kata yang dihindari olehnya.

Selain sukses di real estate, selaku orang terkaya di Asia, Wang mulai bekerjasama dengan Baidu -mesin pencari nomor wahid di China- dan Tencent sejak tahun 2014. Untuk apakah kerjasama ini? Wang mengembangkan perusahaan jual-beli online yang profesional dan bertaraf dunia. Seperti yang diimpikan olehnya, e-commerce mampu memikat kerjasama dengan investasi di kerajaan hotel mewah Beverly Hills, Australia, dan Chicago.

  • Dari Tentara, PNS, sampai Pengusaha Sukses

Pria usia baya ini adalah anak yang lahir di provinsi Sihuan pada tahun 1954. Dalam usia ke-24 nya Wang memutuskan untuk masuk militer untuk memenuhi keinginan kedua orang tuanya yang merupakan alumni militer China. Sekitar enam belas tahun lamanya Wang berkarir dalam dunia militer dan akhirnya keluar dan memutuskan untuk menjadi seorang pegawai pemerintahan. Sebagai PNS Wang ditempatkan di Dalian, Provinsi Liaoning. Dari nama Dalian inilah Wang mendapatkan nama kerajaan perusahaannya.

Dilihat dari latar belakangnya Wang Jian Lin memang seperti tak mungkin bila bermimpi menjadi orang terkaya di Asia. Namun ternyata bakat berwirausaha Wang justru dimulai ketika dia dinas di Dalian. Sebagai PNS, mungkin saja dia merasakan kejenuhan yang harus dia lawan setiap hari, sementara otak cerdasnya terus saja bekerja ingin mencoba banyak hal. Pada tahun 1990-an, ada sebuah perusahaan real estate yang hampir bangkrut bernama Dalian WAnda. Dengan tangan uletnya ternyata perusahaan ini berhasil bangkit dan mampu berkembang pesat.

Orang terkaya di Asia tahun 2016 dipegang oleh Wang Jian Lin, seorang pengusaha asal China.  Bisnis Wang Jian Lin melesat pesat karena pertumbuhan saham china yang terus meningkat. Sebagai negara komunis berbasis industri, China merupakan negara pencetak miliuner terbanyak di Asia setelah Amerika serikat. Tidak mengejutkan memang jika posisi orang terkaya di Asia akhirnya disAndang oleh pengusaha asal China. Latar belakang Wang Jian Lin yang memulai usahanya dari nol patut dicontoh oleh Anda para entrepreneur muda. Selain modal, kesuksesan ditentukan oleh keuletan dan pengolahan pengalaman.

Baca Juga: Jenis Tanaman Pembawa Keberuntungan di Rumah

tags: