Inilah Daftar Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016 Terbaru

Kamis, Maret 26th 2015. | Internasional

Daftar Orang Terkaya di DuniaIdzsn.com | Pendiri Microsoft, Bill Gates kembali menempati ranking kesatu selaku orang terkaya di dunia tahun 2016, berlandaskan penilaian Forbes.

Harta benda bersih Bill Gates, yang kini bergiat di lembaga amal yang didirikannya, meningkat drastis yakni US$ 3, 2 miliar dari tahun lalu. Kekayaannya tidak berkurang kendati dia menghibahkan dana sebesar US$ 1, 5 miliar dalam bentuk saham di Microsoft kepada Bill & Melinda Gates Foundation.

Larry Ellison, CEO Oracle, berada dalam urutan kelima daftar tersebut. Pendiri Amazon, Jeff Bezos dengan harta benda US$ 34, 8 miliar dolar AS berada di urutan ke-15, satu area di atas Mark Zuckerberg, pendiri Facebook yang nilai kekayaannya US$ 33, 4 miliar. Keduanya lebih kaya dari Larry Page (US$ 29, 7 miliar) dan juga Sergey Brin (US$ 29,2 miliar), dua dari pendiri Google.

Lebih mengagumkan lagi, total harta benda sepuluh pengusaha kaliber dunia tersebut mencapai US$550, 3 miliar, ataupun senilai Rp12. 850 triliun (kurs dollar BI Rp12. 920 / dolar AS).

Menariknya lagi, dari para miliarder tersebut, sebanyak tiga pengusaha berhasil menambah pundi-pundi kekayaannya sepanjang tahun ini. Sedangkan, enam pengusaha harus mengalami kemerosotan dan juga satunya lagi tidak mengalami perubahan, ataupun tetap.

Negara Amerika Serikat pun masih merajai posisi selaku pengusaha terkaya, dengan jumlah delapan manusia. Sisanya, datang dari benua biru, Eropa, masing-masing dari Meksiko dan juga Spanyol.

Berikut daftar sepuluh pengusaha terkaya di dunia tahun 2016:

1. Bill Gates

Kali ini, Bill Gates memiliki total harta benda bersih berjumlah US$81, sembilan miliar, ataupun setara Rp1. 008 triliun. Tahun ini, total kekayaannya meningkat 0, dua persen, ataupun US$189, tiga juta (setara Rp2. 331 miliar). Kekayaannya ini didapat dari perusahaan Microsoft.

Pada Bulan september kemarin, Bill Gates Foundation mendonasikan dana sebesar US$50 juta untuk melawan Ebola di Afrika Barat. Lebih-lagi, bulan lalu, dia menyampaikan telah menghabiskan US$500 juta untuk memerangi malaria.

2. Carlos Slim Helu

Kali ini, Carlos Slim memiliki total harta benda bersih berjumlah US$75, 3 miliar, ataupun setara Rp927 triliun. Tahun ini, total kekayaannya meningkat 0, 4 persen, ataupun US$333 juta (setara Rp4. 101 miliar).

Dia adalah pemimpin utama dan juga CEO perusahaan telekomunikasi Telefonos de Mexico dan juga America Movil.

Di Meksiko, perusahaannya tercatat memiliki 70 persen pangsa pasar ponsel. Lebih-lagi, Slim jua memiliki unit business lainnya, seperti sektor ritel, industri dan juga keuangan.

3. Warren Buffett

Warren Buffett memiliki total harta benda bersih berjumlah US$73, 3 miliar, ataupun setara Rp902 triliun. Tahun ini, total kekayaannya turun 0, 2 persen, ataupun US$165, 2 juta (setara Rp2. 034 miliar).

Perusahaan yang dipimpinnya, Berkshire Hathaway adalah perusahaan publik kelima yang ter bernilai di AS, dengan kapitalisasi pasar senilai US$350 miliar.

4. Amancio Ortega

Amancio Ortega memiliki total harta benda bersih berjumlah US$62 miliar, ataupun setara Rp763 triliun. Tahun ini, total kekayaannya naik 0, 8 persen, ataupun US$424 juta (setara Rp5. 222 miliar).

Pengusaha sukses di bidang fashion ini, masih memiliki 60 persen saham perusahaan (ter dikenal dengan merek dagang Zara), walaupun dirinya telah mengundurkan diri selaku Ketua Inditex pada tahun 2011 Yang lalu.

5. Larry Ellison

Larry Ellison memiliki total harta benda bersih berjumlah US$52, 5 miliar, ataupun setara Rp645 triliun. Tahun ini, total kekayaannya turun 0, 3 persen, ataupun US$128, 4 juta (setara Rp1. 580 miliar).

Dengan nama lengkap, Lawrence Joseph “Larry” Ellison, dikenal selaku Co-Founder dan juga CEO Oracle Corporation, satu buah perusahaan perangkat lunak.

6. Charles Koch

Charles Koch memiliki total harta benda bersih berjumlah US$42, 8 miliar, ataupun setara Rp527 triliun. Tahun ini, total kekayaannya tidak mengalami perubahan dibandingkan tahun lalu.

Charles de Ganahl Koch adalah satu orang pengusaha filantropis. Dia adalah Pemilik, Ketua Dewan dan juga CEO dari Koch Industries.

Adapun Koch Industries adalah perusahaan yang bergerak dalam prosedur dan juga pengendalian polusi peralatan dan juga teknologi, polimer dan juga serat, mineral, pupuk, perdagangan dan juga jasa komoditas, hasil hutan dan juga konsumen, dan juga peternakan.

Selain tersebut, perusahaannya jua memproduksi beragam merek populer, seperti Stainmaster karpet, Lycra merek Serat Spandex, Quilted Northern dan juga Dixie Cup.

7. Christy Walton

Christy Walton memiliki total harta benda bersih berjumlah US$41, 2 miliar, ataupun setara Rp506 triliun. Tahun ini, total kekayaannya turun 1, 3 persen, ataupun US$569 juta (setara Rp7. 008 miliar).

Pengusaha perempuan terkaya ini, adalah isteri dari John Walton yang adalah satu orang putera dari pendiri Wal-Mart, Sam Walton.

Semenjak suaminya meninggal di 2005, akibat kecelakaan pesawat, Christy mewarisi harta benda mendiang suaminya yang mencapai US$15, 8 miliar.

Meski serba bergelimang harta, Christy dikenal amat dermawan sebab mengamalkan harta benda yang dia miliki. Terhitung semenjak 2002 hingga 2006, dia menyumbangkan US$3, 6 juta dari nilai kekayaanya.

8. Jim Walton

Jim Walton memiliki total harta benda bersih berjumlah US$40, 1 miliar, ataupun setara Rp493 triliun. Tahun ini, total kekayaannya turun 1, 4 persen, ataupun US$601, 6 juta (setara Rp7. 392 miliar).

Anak termuda dari pendiri Wal-Mart, Sam Walton tersebut, adalah Chairman di Bank Arvest.

9. Alice Walton

Alice Walton memiliki total harta benda bersih berjumlah US$38, 7 miliar, ataupun setara Rp475 triliun. Tahun ini, total kekayaannya turun satu, lima persen ataupun US$597, 9 juta (setara Rp7. 363 miliar).

Alice adalah puteri dari pasangan pengusaha kaya, Sam Walton dan juga Helen Walton yang adalah pendiri Wal-Mart. Perusahaan tersebut, berhasil mengantarkan empat nama keturunan Walton menuju dalam jajaran miliarder terkaya di dunia ter-masuk Alice.

Selain jago berbisnis, lulusan Trinity University ini ternyata lihai melarikan diri dari jerat hukum. Dia pernah tertangkap basah menyetir dalam kondisi mabuk.

10. S. Robson Walton

Robson memiliki total harta benda bersih berjumlah US$38, 7 miliar, ataupun setara Rp475 triliun. Tahun ini, total kekayaannya turun US$590, 4 juta, setara Rp7. 271 miliar.

Baca Juga: Orang Terkaya di Indonesia

tags: