Inilah Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar

Senin, September 19th 2016. | Berita Islam

Bagi seluruh umat muslim di dunia pasti mengetahui apa itu mandi wajib, sebagai muslim yang baik anda harus mengetahui tata cara mandi wajib, tata cara mandi ini harus benar-benar anda pahami dengan baik, karena sah atau tidaknya mandi wajib anda ditentukan oleh tata cara dalam melaksanakannya. Salah satu syarat dalam mandi wajib ialah haus tartib atau berurutan. Ada beberapa hal yang menyebabkan seorang muslim harus melakukan mandi wajib baik itu untuk perempuan maupun untuk laki-laki. Beberapa penyebab seseorang harus mandi wajib ialah dikarenakan beberapa hal seperti junub, mandi besar, keluar sperma baik disengaja atau tidak disengaja, haid, senggama, nifas. Perlu anda ketahui ada beberapa penyebab mandi wajib memiliki niat yang berbeda. Misalnya niat mandi wajib karena nifas tentu berbeda dengan niat mandi wajib karena haid. Hal yang paling penting harus anda lakukan atau harus anda perhatikan jika hendak mandi wajib ialah niat, semua kegiatan harus didasari oleh niat karena Allah ta’ala, bukan karena maksud lain atau ada kepentingan yang lainnya.

Ada beberapa tata cara mandi wajib yang harus anda lakukan, jangan sampai terlewat, hal ini sangat penting karena ikut menentukan apakah mandi wajib anda sah atau tidak. Pertama, niat. Sebelum melaksanakan mandi wajib pastikan niat anda hanya karena Allah, tidak ada maksud lain dan tujuan lain, semuanya hanya untuk mencari ridho-Nya. Semua kegiatan yang anda lakukan haruslah berdasarkan niat karena Allah SWT agar mendapatkan ridho-Nya. Kedua,  saat mandi besar, pastikan air yang anda guyurkan ke tubuh harus mengenai seluruh bagian kulit di tubuh anda, dari  mulai ujung kepala sampai ujung kaki, sela-sela lipatan, jari-jari daun telinga dan semua bagian tubuh lainnya, anda juga bisa menggunakan tangan anda untuk membantu meratakan air ke seluruh tubuh. Ketiga, pada saat mandi besar atau mandi wajib anda harus mengguyur kedua telapak tangan anda sampai pergelangan tangan dengan air bersih, jangan mencelupkan air ke dalam bak, melainkan harus diguyurkan oleh air. Lakukan kegiatan mengguyur tangan diatas tersebut dilakukan sebanyak tiga kali.

Keempat, tata cara mandi wajib yang selanjutnya dengan menggunakan telapak tangan anda mencucui kemaluan anda dengan menggunakan tangan kiri sampai bersih. Kelima, tangan kiri yang tadi anda gunakan untuk mencuci kelamin digosokan ke tembok atau lantai sebanyak tiga kali, lalu dicuci dengan air bersih. Keenam, setelah itu anda harus berwudlu sebagaimana kegiatan berwudlu pada biasanya, dengan tartib. Ketujuh, mengguyurkan air dari pundak sebelah kanan ke kepala lalu keseluruh tubuh. Jangan lupa juga untuk menyiramkan air ke bagian tubuh yang mengandung rambut.  Menggunakan tangan anda meratakan air ke rambut kepala, kumis, jenggot, dan bagian tubuh lainnya yang memiliki rambut, sampai air merata keseluruh tubuh.

Baca Juga: Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Kedelapan, setelah dipastikan semua air telah mengenai seluruh tabuh, anda bisa mencuci kedua kaki sampai mata kaki. Kesembilan, disunahkan untuk tidak membasuh badan anda dengan kain atau biarkan saja sampai mengering sendiri. Kesembilan, disunahkan untuk melakukan semua rangkaian mandi besar atau mandi junub secara tartib atau berurutan sesuai dengan sunnah Rosul. Itulah tata cara mandi wajib menurut sunnah Rosul. Ingat, anda wajib mandi besar untuk mengsucikan diri anda setelah anda melakukan perbuatan yang dapat menyebabkan seseorang harus mandi besar baik disengaja atau tidak disengaja.