Jenis Batu Bacan Harga dan Bahannya

Senin, Februari 23rd 2015. | Batu Akik

Jenis Batu Bacan Harga dan BahannyaIdzsn.com | Batu bacan merupakan batu akik yang punya asal dari Indonesia. Asal dari batu bacan ini sendiri dari pulau Bacan Halmahera Maluku Utara Indonesia. Batu ini amatlah unik sebab memiliki sel seperti hidup berwarna hijau. Selain tersebut batu bacan ini jua dianggap setara dengan batu giok yang harganya amat mahal. Berkat keunikan ini-lah batu bacan banyak sekali diburu oleh para kolektor batu mulia.

Kalau misalkan bapak/ ibu berminat mau mem-beli batu bacan ini silahkan datang langsung ke kota Halmahera Maluku Utara. Akan tetapi ibu/bapak harus berhati-hati sewaktu membeli batu bacan sebab ada juga yang palsu ataupun asli sebab ngak semua pedagang memiliki prinsip ataupun target yang sama. Batu bacan yang asli dapat mencapai harga diatas sepuluh juta rupiah. Harga tersebut tergantung dari tingkat kejernihan dan juga campuran warna dari batu bacan tersebut, makin indah campuran warnanya maka makin mahal harganya.

Se-belum me-ngetahui jenis Batu Bacan, yang ter utama harus anda ketahui adalah, seluruh Batu Bacan punya asal dari pulau Bacan Halmahera Selatan, Maluku Utara. Warnanya beragam, tetapi yang ter dominan adalah hijau dan juga biru tua. Ada banyak jenis Batu Bacan, ada batu bacan doko dan juga masih banyak jenis batu bacan yang lainnya. Namun Yang Paling Dominan adalah Batu Bacan Obi, biasa disebut Carnelian. Nama Obi doambil dari nama pulau tempatnya, pulau Obi. Cirinya, ada kepada warna.

Warna Batu Bacan Obi mirip kaca, bening dan juga tembus, mirip dengan Relaxa. Ada banyak variasi warna kepada Bacan Obi, hampir seluruh warna ada, dan juga yang ter banyak adalah kuning dan juga biru dengan segala jenis blurnya. Batu Bacan Obi merah oleh beberapa bagian pecinta batu permata di luar Negeri disebut dengan Red Jade. Istilah jenis Batu Bacan Obi jua terbagi, ada yang disebut Obi biasa, Obi master dan juga Obi King. Yang membedakan ketiganya ialah kekentalan batu, dan juga serat yang kelihatan dari isi batu kalau dilihat dari kaca pembesar.

Sedangkan Yang Ke-2 adalah, Batu bacan Biasa. Istilah ini ataupun jenis ini adalah jenis Batu Bacan, tetapi bukanlah jenis Bacan Doko, ataupun Bacan Palmea, dan juga bukanlah pula Batu Bacan Obi. Warnanya tidak mengkristal, tetapi kental. Dengan cara ilmiah disebut dengan Chrysocolla in Chalcedony, dan juga Chrome Chalcedony (Mtorolite). Kelebihan Bacan biasa ialah motifnya. Ketika berwarna seperti kayu, disebut Batu Bacan Fosil, ketika Batu Bacan Fosil proses-nya selesai, disebut pancawarna.

Keunikan Dan juga Jenis Batu Bacan

1. Batu Bacan Doko

Batu bacan doko ini didapatkan di Desa Doko Kasirutan, Kecamatan Bacan Barat Halmahera Maluku, sehingga batu bacan ini dinamakan bersesuaian dengan penemuanya sendiri. Keunikan dari batu bacan doko sendiri terletak kepada warnanya. Yaitu batu bacan doko memiliki warna hijau bening bercampur hijau gelap di tepian batu tersebut, banyak pedagang menyebut batu bacan doko ini selaku batu cincau, sebab warna hijau bening kegelapan sama dengan isian kepada minuman cincau. Makin cerah warna yang dimiliki dari batu bacan doko ini maka harganya hendak makin mahal.

2. Batu Bacan Palamea

Batu bacan palamea didapatkan di Desa Palamea Kecamatan Bacan Barat Halmahera Maluku. Keunikan dari batu bacan palamea ini sendiri terletak kepada warna kristal yang hijau kebiru-biruan, batu ini mengalami prosedur kristalisasi yang lebih lamban daripada batu bacan doko. Namun ke-2 batu tersebut sama-sama men-jadi buronan para pecinta batu mulia ataupun akik.

3. Batu Bacan Obi

Berlainan dengan batu bacan doko dan juga batu bacan palamea. Batu bacan obi memiliki warna seperti bening kecoklatan hendak tetapi ada jua yang gelap kecoklatan. Batu bacan obi ini punya asal dari Pulau Obi Maluku Utara. Perbedaan ke-2 yaitu batu bacan obi ini tidak dapat berubah warna, walaupun kita simpan hingga ratusan tahun lamanya. Sebab pengkristalan yang terjadi kepada batu bacan obi ini jua berlangsung amat lama melebihi batu bacan yang lainya.

Baca Juga: Jenis Batu Giok Dan Harganya

tags: