Jenis Batu Safir Harga dan Khasiatnya

Jumat, Februari 27th 2015. | Batu Akik

Jenis Batu Safir Harga dan KhasiatnyaIdzsn.com | Batu Safir (Sapphire) ialah salah 1 batu mulia yang bernilai tinggi saat ini, Batu Safir ialah batuan cuantik yang ter-masuk dalam varitas corundum ataupun korundum, seperti halnya Batu Permata ruby. Batu safir memiliki bahan yang sama dengan batu ruby, yaitu mineral korundum, dan juga ter-masuk dalam golongan batu mulia yang memiliki skala kekerasan ke-2 sesudah berlian. Merah corundum dikenal selaku ruby, sementara semua warna lain dari jenis batuan ini disebut selaku safir. Batu safir sebenarnya didapatkan dalam beragam warna, namun batu safir yang berwarna biru dianggap yang ter klasik dan juga mempunyai nilai jual yang tinggi.

Pada saat Sekarang Ini Batu safir yang ter populer dan juga Paling digemari ialah yang berwarna biru atau lebih dikenal dengan Blue Safir. Dan Salah 1 yang ter populer ialah batu safir jenis kashmir yang amat bernilai dan juga batu safir Burma yang memiliki warna biru tua yang pekat laksana beludru. Batu Safir jenis tersebut telah amat langka dan juga sulit didapatkan di pasaran batuan cuantik.

Umumnya untuk me-ngetahui Apakah batu safir itu asli ataupun palsu amatlah gampang, sebab batu permata jenis ini memiliki serat-serat yang khas seperti tampak pada gambar di atas. Namun demikian kadangkala ada batu safir ataupun batu ruby yang serat-seratnya tidak tampak. Nah, untuk batu permata safir ataupun ruby yang seratnya tidak tampak ada kemungkinan batu tersebut ialah sintetis, ciri safir sintetis hendak nampak gelembung udara kalau dilihat dengan loupe ataupun kaca pembesar.

Untuk menguji keaslian batu safir dapat jua menggunakan tool elektronik, Perlu diketahui bahwa memang tool elektronik bekerja berlandaskan suhu jadi bukan kekerasannya. Batu permata safir dapat di test dengan tool yang dinamakan Presidium Gem Tester.

Presidium Gem Tester

Presidium tersebut amat akurat untuk menguji keaslian batu safir dan juga Batu berlian , namun untuk batu-batu yang lainnya cuma selaku petunjuk awal, harga tool ini cuma Rp. 4. 500. 000, -. Butuh diketahui jua bahwa memang tool ini tidak dapat membedakan batu Natural (terbuat dengan cara alami) dengan batu yang dibuat di laboratorium (Sintetis).

Kejernihan Batu Safir

Batu safir cenderung memiliki kejernihan yang lebih bersih ketimbang batu ruby. Ada istilah dalam mengidentifikasi batu safir ini, yaitu “eye-clean”, hal tersebut berarti bahwa memang tidak ada inklusi yang nampak dengan mata pada satu buah batu safir.

Batu Safir Yang Terkenal di Dunia

Batu safir star Adalah sangat jarang ditemukan, Batu safir star terbesar adalah yang dikenal dengan “Star of India” dengan berat yang sangat menakjubkan yaitu 536 karat. Ditemukan sekitar tiga ratus tahun yang lalu di wilayah Srilanka. “Star of India” oleh pemodal tambang-nya, JP Morgan, disumbangkan ke American Museum of Natural History sampai kemudian pencuri terkenal Jack Murphy, yang terkenal dengan julukan “Murph the Surf” mencuri batu safir tersebut. Dua bulan kemudian batu safir tersebut dapat dikembalikan lagi ke tempatnya semula dan tentu saja kisah tersebut semakin menambah ketenaran dari batuan cantik tersebut.

Batu safir terkenal lainnya adalah “Midnight Star”, yaitu sebuah batu safir star berwarna hitam (black star sapphire) seberat 116 karat dan batu safir seberat 330ct yang berwarna sangat biru. Ada juga “Star of Asia” yang dapat dilihat di American Museum of Natural History. Demikian juga sebuah mahkota kerajaan Inggris yang berisi dua buah batu safir yang terkenal, yaitu St. Edward dan Stuart Sapphire seberat 104 karat.

Baca Juga: Jenis Batu Akik Kalimaya dan Khasiatnya

tags: